oleh

Manfaat Buah Nanas

Buah Nanas merupakan jenis buah dan tanaman tropis, sehingga gak heran jika kitabisa dengan mudah menemukan tanaman dan buah nanas di negara kami. Buah nanas pada awalnya didatangkan dari daerah Brazil. Mengingat negara kami merupakan negara iklim tropis, maka buah nanas cocok dibudidayakan di Indonesia. Buah nanas ini memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, buah nanas juga punya khasiat untuk kesehatan kami.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Dilihat dari kandungan vitamin C, vitamin C dan mineral yang tinggi pada buah nanas, tentu membawa manfaat buah nanas bagi kesehatan kami sangat banyak. Kedua jenis vitamin itu sangat dibutuhkan oleh tubuh kami, salah satunya adalah berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Belum lagi kandungan zat aktif seperti besi, fosfor, kalsium natrium dan masih banyak lagi.

Zat aktif itu sangat dibutuhkan oleh tubuh kami, mulai dari menjaga ketahanan tubuh, memenuhi kadar gula, tekanan darah, kesehatan tulang dan sebagainya. Tentu ini menjadi buah yang kaya manfaat untuk tubuh kami. Kemudian, manfaat apa yang bisa kami rasakan dengan mengkonsumsi buah nanas? Mari kami simak informasinya di bawah ini:

  • Buah nanas bisa mencegah penyakit kanker. Ini karena, dalam buah nanas terdapat Vitamin A dan vitamin C yang punya fungsi sebagai antioksidan. Maka sel kanker yang biasanya timbul dari radikal bebas bisa dilawan.
  • Buah nanas membantu proses pencernaan dalam usus atau lambung. Hal itu ditemukan dari enzim bromelain pada buah nanas.
  • Bagi Anda yang punya kadar gula darah yang rendah, mengkonsumsi buah nanas bisa membantu menstabilkan kadar gula darah. Tetapi bagi Anda yang punya penyakit diabetes, Anda lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter apakah aman atau gak mengkonsumsi buah nanas.
  • Manfaat Buah nanas untuk diet, kandungan vitamin C dan protein tinggi membantu menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi buah nanas menjadi jus atau dimakan segar.
  • Membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Kandungan enzim bromelain pada buah nanas bisa berguna untuk membantu melunakkan makanan di dalam lambung. Selain itu, enzim bromelain juga berfungsi sebagai antiradang dan penghambat pertumbuhan sel kanker.
  • Menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas terbukti membatu program diet untuk menurunkan berat badan secara alamiah.
  • Menjaga kesehatan gigi.Buah nanas berisi vitamin C yang bisa membantu mencegah terjadinya plak pada gigi dan penyakit gusi.
  • Meningkatkan gula darahKarena punya kadar gula yang cukup tinggi, buah nanas baik untuk penderita kadar gula rendah. Mengonsumsi nanas bisa membantu meningkatkan kadar gula darah.
  • Mengatasi sembelit. Kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi bisa membuat sembelit. Mengonsumsi buah yang yang banyak berisi serat bisa mengatasi masalah sembelit. Makanan yang berisi serat bisa berupa buah-buahan, salah satunya adalah nanas. Caranya, minum jus buah nanas. Pilih buah nanas yang gak terlalu masak. Pilih buah nanas yang masih asam.
  • Mengatasi kembung. Untuk mengobati gangguan kembung di dalam perut memakai buah nanas cukup mudah. Caranya, minum jus nanas murni paling gak 30 menit sebelum Anda memakan makanan. Lakukan 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.
  • Mengatasi peradangan kulit . Buah nanas juga bisa untuk mengatasi masalah peradangan kulit, yakni untuk mengatasi kulit mengelupas dan bersisik. Caranya, ambil setengah bagian buah nanas yang sudah masak. Kupas kulitnya kemudian parut. Gunakan hasil parutan nanas untuk menggosok bagian kulit yang mengelupas dan bersisik. Lakukan kegiatan ini pada malam hari sebelum tidur. Esok harinya, baru dicuci.
  • Menguatkan kekebalan tubuh. Kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang terdapat di dalam buah nanas berguna menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kedua senyawa itu memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.

Tapi dibalik dari manfaat itu, Anda juga harus memperhatikan kapan Anda boleh mengkonsumsi buah nanas. Terutama pada saat awal kehamilan, karena kandungan glukosa tinggi dan kadar alkohol pada nanas bisa beresiko mengganggu pertumbuhan janin. Sedangkan manfaat lain yang bisa menjadi informasi yang baik adalah untuk mengatasi asam urat.

Kandungan vitamin C pada buah nanas bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol penyebab asam urat berlebihan. Sekiranya hanya itu yang bisa kami sampaikan tentang manfaat buah nanas. Semoga menjadi bahan informasi yang baik untuk kesehatan Anda sehari-hari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE