oleh

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan – Brokoli merupakan jenis sayuran atau tanaman yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Sedang dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan sekarang cukup terkenal sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga itu dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, tetapi brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.Manfaat brokoli merupakan salah satu sayuran yang sering dibuatkan untuk anak-anak. Brokoli memang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan pada anak-anak. Tetapi ternyata banyak yang gak suka, jika harus makan dengan sayuran ini. Brokoli memang gak memiliki rasa seenak sayuran lain, tapi kandungan gizi memang sangat melimpih dan sangat baik bagi tubuh.

Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau bisa pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli merupakan secara dikukus. Hal ini bertujuan supaya segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya gak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli secara direbus, lebih baik brokoli gak direbus terlalu lama, kira-kira gak lebih dari 5 menit. Brokoli berisi vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga berisi senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli berisi senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

Kandungan Brokoli gizi sangat tinggi kandungan vitaminnya, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K kemudian terkandung pula antioksidan membuat lengkap sudah sayuran hijau nan unik ini. Beberapa mineral penting juga mampu dihasilkan oleh brokoli. Berikut merupakan daftar lengkapnya.

  1. Vitamin A, C, B, C, danK
  2. Kalsium
  3. Zat Besi
  4. Kalori.

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

  • Rendah Kalori : Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kalori yang sangat rendah, yakni hanya 34 kalori per 100 g. Tetapi demikian, brokoli kaya serat, mineral, vitamin, dan anti-oksidan, yang terbukti banyak berguna untuk kesehatan. Kekuatan total antioksidan diukur dari segi kapasitas penyerapan okseigen radikal oksigen (ORAC), dan pada brokoli perbandingannya merupakan 1632 umol TE/100 g.
  • Brokoli memiliki sifat antikanker : Brokoli yang masih segar merupakan gudang nutrisi nabati seperti tiosianat, indoles, sulforaphane, isothiocyanate dan flavonoid seperti beta-karoten cryptoxanthin, lutein, dan zea-xanthin. Penelitian sudah menunjukkan bahwa, senyawa ini memberikan sinyal positif dengan memodifikasi pada tingkat reseptor molekul membantu melindungi kami dari berbagai jenis kanker, seperti prostat, usus besar, kandung kemih, pankreas, dan kanker pay*d ara.
  • Brokoli kaya zat sebagai antioksidan alami yang kuat : Brokoli sangat terkenal akan sumber yang kaya vitamin C. Brokoli berisi 89, 2 mg atau sekitar 150% per 100 g (RDA). Vitamin-C merupakan anti-oksidan dan modulatorkekebalan tubuh alami yang kuat, berfungsi membantu untuk versus virus penyebab flu.
  • Berisi vitamin A untuk kesehatan mata : Selain berisi antioksidan alami dari vitamin C, sumber antioksidan lain dari kepala brokoli merupakan vitamin-A. 100 g Brokoli segar berisi Vitamin A 623 IU, atau 21% dari tingkat kebutuhan harian yang direkomendasikan. Pro-vitamin lainnya pada brokoli seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan zea-xanthin, berfungsi untuk membantu menjaga integritas kulit dan selaput lendir. Vitamin A penting untuk kesehatan mata, dan akan membantu mencegah degenerasi makula pada retina pada lanjut usia.
  • Brokoli Sumber folat yang baik : Brokoli segar merupakan sumber folat yang sangat baik, berisi sekitar 63 μg/100 g (sebesar 16% dari RDA). Dari penelitian sudah menunjukkan bahwa mengkonsumsi sayuran segar dan buah-buahan yang kaya folat selama sebalum, dan kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Brokoli kaya vitamin K : Bunga brokoli merupakan sumber yang kaya vitamin-K, dan kelompok vitamin B-kompleks, seperti niacin (vit B-3), asam pantotenat (vit. B-5), piridoksin (vit. B-6), vitamin B-12, dan riboflavin. Bunga brokoli juga berisi asam lemak omega-3 selain ikan.

Kandungan gizi ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, ibu hamil, dan orang pada biasanya. baca juga Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil.

1. Mengontrol kolesterol

Serat pada manfaat brokoli mengendalikan penumpukan kolesterol dalam tubuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung dan menghindarkan pula dari gejala penyakit jantung. Jadi masak brokoli secara direbus untuk menghindari pemakaian minyak goreng.

2. Penting untuk kesehatan mata

Brokoli juga sangat kaya akan kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan pengelihatan yang lebih baik. Mata merupakan aset penting untuk kami, jadi jagalah asupan dengan asupan makanan kami dengan yang berisi vitamin A seperti brokoli, pada wortel atau kacang panjang. Lutein pada brokoli juga mampu menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari atau penuaan.

3. Sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan

Kandungan sulforaphane mampu menekan resiko pada gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung. Sulforaphane mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan mengeluarkannya dari sel. Dalam dunia kedokteran, kuman adalah penyebab utama luka dan kanker lambung atau pun kanker usus besar.

4. Sumber antioksidan

Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Masih terkait dengan vitamin C, brokoli juga sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh supaya gak mudah terserang penyakit berbahaya.

6. Efektif Mencegah Kanker

Brokoli memiliki kandungan indole dan isothiocyanate serta fitokimia yang dalam beberapa studi sudah mengungkapkan bahwa zat ini sangat efektif dalam mencegah kanker tertentu, terutama kanker prostat dan payu*ara.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium yang terdapat dalam brokoli sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, ia juga baik untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

8. Menjaga kesehatan jantung

Institute for Food Research di Norwich, Inggris melalui para penelitinya sudah mengembangkan 2 jenis brokoli untuk mengembangkan brokoli jenis ungulan yang berisi glucoraphanin 2-3 kali lebih banyak dari jenis normal. Kandungan zat ini sangat baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan jantung.

Brokoli merupakan makanan super yang sangat baik, selain manfaat di atas, ia juga merupakan sumber serat sayuran hijau yang sangat tinggi. Tetapi tentu anda wajib memasaknya secara yang baik dan benar. Untuk memperoleh khasiat maksimal dalam brokoli lebih baik anda mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mendapatkan manfaat maksimalnya:

  • Jangan menggoreng dengan minyak
  • Jangan memasaknya terlalu lama
  • Usahakan langsung di masak, jangan di simpan di kulkas dalam jangka waktu yang lama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed