oleh

Manfaat Buah Kurma

Manfaat Buah Kurma – Buah kurma merupakan buah yang berasal dari pohon palem yang merupakan keluarga Arecaceae dari genus phoenix. Nama ilmiah dari buah ini merupakan dactylifera phoenix. Kurma sudah menjadi makanan pokok di Timur Sedang selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan sudah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno memakai buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Sedangkan untuk saat ini, buah kurma dibudidayakan di daerah-daerah yang punya iklim hangat, seperti di benua Afrika, Australia dan benua Amerika. Manfaat buah kurma ini sangat banyak sekali.Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada beberapa batang dari 1 buah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan punya sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Adapun Manfaat buah kurma untuk kesehatan adalah:

  1. Menguatkan fungsi lambung
  2. Menguatkan fungsi hati
  3. Mengobati diare
  4. Memperlancar buang air kecil
  5. Mengencangkan otot-otot yang kendor
  6. Menguatkan rahim sehingga bisa membantu memudahkan dalam proses persalinan
  7. Mencegah penglihatan yang kabur
  8. Meningkatkan tekanan darah yang mengalami penurunan dengn cara merendam buah kurma ke dalam susu murni yang kemudian ditambahkan dengan sedikit cengkeh.
  9. Menambahkan energi sehingga bisa menghilangkan rasa letih setelah melakukan banyak aktifitas
  10. Berisi vitamin A yang kaya dengan antioksidan sehingga bisa menjaga kesehatan mata, menjaga supaya kulit tetap sehat dan melindungi kami dari kanker paru-paru serta rongga mulut.
  11. Memberikan perlindungan terhadap terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner karena dalam buah kurma ini ada kandungan kalium yang merupakan bagian penting dari cairan tubuh dan sel sehingga mampu untuk mengendalikan tekanan darah serta denyut jantung.

Manfaat buah kurma juga bisa mengatasi berbagai hal penyakit dan juga manfaat kurma untuk kesehatan anda sebagai berikut di bawah ini:

  1. Nutrisi Lengkap Untuk Tulang. Seiring bertambahnya usia, kepadatan dan kekuatan tulang seseoran juga akan menurun. Kurma berisi sumber mineral serta selenium, magnesium, mangan serta tembaga, ke-5 zat itu merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang serta mampu versus pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  2. Penambah Energi Yang Cepat. Di Akhir Aktivitas pekerjaan yang dilakukan seseorang, rasa letih, lesu, capek tentu menjadi masalah yang sering dialami semua orang. Kurma berisi kadar gula alami yang cukup tinggi (glukosa, sukrosa dan fruktosa) yang berguna untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras saat beraktivitas padat.
  3. Penangkal Anemia Yang Efektif. Buah Kurma berisi beberapa besar zat besi didalam buahnya. Jadi, sangat baik bagi mereka yang sering terkena gejala anemia atau kurang darah dalam kehidupannya.
  4. Menyehatkan Sistem Pencernaan. Kurma berisi beberapa serat larut dan asam amino yang berguna membantu proses pencernaan makanan berlangsung lebih baik dan efisien. Sehingga mampu meringankan kerja sistem pencernaan seseorang.
  5. Mengatasi Sembelit Dengan Mudah. Selama ini gejala susah buang air besar atau sembelit menjadi masalah serius bagi sebagian orang. Kurma berisi beberapa besar serat yang bisa meringankan dan mengatasi sembelit yang anda secara alami.
  6. Mengoptimalkan Kerja Otak Anda. Kurma menjadi salah satu makanan terbaik untuk organ otak anda. Ini dikareakan, kurma berisi kalium yang berfungsi meningkatkan kesehatan dan kecepatan berpikir otak anda.
  7. Jantung Yang Lebih Terjaga Kesehatannya. Kurma berisi beberapa besar potasium yang berfungsi membantu menghindarkan seseorang dari resiko serangan stroke serta berbagai penyakit jantung lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed