oleh

Jenis-Jenis Belibis Atau Itik Petelur

Bebek atau Itik yaitu nama umum untuk beberapa spesies burung dalam famili Anatidae. Bebek umumnya yaitu burung akuatik yang sebagian besar berukuran lebih kecil dibandingkan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek, dan sanggup ditemukan pada perairan air tawar maupun air laut.



Bebek adakala disamakan dengan beberapa burung air yang berafiliasi jauh namun menyerupai dalam penampilan, contohnya loon, grebe, gallinule, dan coot.

Beberapa jenis angsa juga sanggup melaksanakan kawin silang, namun menghasilkan keturunan yang steril dan tidak sanggup mempunyai keturunan. Seperti persilangan antara serati dan angsa pelari sanggup menghasilkan keturunan steril, brati dan tiktok.

Bebek mempunyai banyak kegunaan ekonomis, untuk diternakkan demi daging, bulu, telur, dan juga kotoran mereka. Bebek yang diternakkan merupakan keturunan dari angsa liar Mallard (Anas Platyrhyncos), menyerupai angsa pelari, kecuali angsa serati yang merupakan keturunan dari Cairina. Bebek yang diternakkan mempunyai ukuran yang lebih besar dari nenek moyang mereka.

Secara keseluruhan badan angsa berlekuk dan lebar, dan mempunyai leher yang relatif panjang, meski tidak sepanjang angsa dan angsa berleher pendek. Bentuk badan angsa bervariasi dan umumnya membulat. Paruhnya berbentuk lebar dan mengandung lamellae yang mempunyai kegunaan sebagai penyaring makanan

Itik petelur intinya dibedakan menjadi dua jenis yaitu itik petelur dari luar yang didatangkan di Indonesia dan itk petelur lokal. Sebagian besar jenis itik lokal merupakan tipe petelur, dan kalaupun dipelihara sebagai tujuan untuk memproduksi dagingnya, biasanya yaitu itik petelur afkir, itik pejantan petelur . Beberapa jenis itip petelur diantaranya :

a) Itik petelur lokal
 Itik tegal
 Itik Alabio
 Itik Mojosari
 Itik Bali
 Itik Magelang
 Itik dari hasil persilangan-persilangan menyerupai itik BPT AK, itik BPT KAT dan itik BPT KA.

b) Itik petelur dari luar negeri, seperti
 Itik Khaki Cambell
 Itik

Demikian artikel Jenis-Jenis Bebek atau Itik Petelursemoga sanggup bermanfaat.

INFO UPDATE