by

Fakta-Fakta Menarik Bulan Purnama 9 September 2014

 Bulan Purnama muncul sepanjang malam ini Fakta-fakta Menarik Bulan Purnama 9 September 2014
Bulan Purnama. Kredit: Jennifer A.

- Bulan Purnama bakal muncul malam ini, sudah siapkah Anda untuk mengamatinya? Tenang, Bulan Purnama muncul sepanjang malam ini.

Ada fakta-fakta menarik terkait Bulan Purnama malam ini. Mungkin salah satu atau seluruh fakta-fakta ini tidak Anda ketahui sebelumnya.

Catatan: bedakan kata "Bulan" dengan "bulan". Bulan (dengan B kapital) yaitu satelit alami Bumi, sedangkan bulan yaitu month atau sebutan dalam kalender.

1. Supermoon hanya terjadi sekali 13 bulan sekali
Tidak kah Anda sadar? Jika Anda mengikuti perkembangan info astronomi, Anda akan menyadari bahwa info Supermoon muncul tiap tahun. Namun, faktanya Supermoon hanya terjadi tiap 13 bulan sekali!

Setiap 13 bulan sekali, Bulan akan berada di titik terdekatnya dengan Bumi atau yang disebut perigee. Dan di tahun 2014 ini, Supermoon bergotong-royong sudah terjadi pada 11 Agustus 2014.

2. Supermoon bukan istilah astronomi!
Supermoon, nampak tak abnormal di pendengaran kita. Namun faktanya, Supermoon bukan istilah dalam astronomi, melainkan astrologi. [Baca: Astronomi dan Astrologi Tidak Saling Berhubungan!]

Dalam astronomi lebih dikenal dengan istilah Lunar Perigee untuk menyebut Bulan Purnama yang berada di titik terdekat dengan Bumi. Jadi, mulai kini jangan sebut Supermoon lagi ya!

3. Bulan Purnama 9 September 2014 disebut "Harvest Moon"
Harvest Moon yaitu julukan untuk Bulan Purnama yang muncul pada 9 September 2014. Penduduk orisinil Amerika lah yang menamainya.

Penduduk orisinil Amerika mulai hari ini sudah bercocok tanam untuk menyambut ekspresi dominan dingin. Hal lain yang menciptakan Bulan Purnama disebut Harvest Moon yaitu alasannya yaitu akrab dengan ekuinoks September.

4. Bulan Purnama menciptakan air bahari pasang.... namun cuma sedikit
Bulan Purnama dapat menciptakan perubahan sedikit pada pasang-surut air laut, tapi tidak akan mengakibatkan musibah yang lebay.

Fase Bulan Purnama mengakibatkan pasang tinggi. Apakah beda dengan ketika Supermoon? Ternyata tidak. Supermoon tidak menciptakan perbedaan yang signifikan. Bulan Purnama malam ini hanya menaikan air bahari setinggi 1 inch saja. 

5. Penampakan Bulan Purnama semakin kecil!
Bulan Purnama akan terlihat kecil di masa depan alasannya yaitu Bulan secara perlahan mendorong diri keluar dari orbit Bumi, beliau bergerak 3,8 cm lebih jauh dari Bumi setiap tahunnya.

Para ilmuwan menduga bahwa pada deretan awal, Bulan berada pada jarak sekitar 22.530 kilometer dari Bumi, tapi kini Bulan berada pada jarak 384.402 kilometer jauhnya.

Mungkin saja suatu ketika nanti, anak cucu kita tidak akan melihat keindahan Bulan di langit malam.

Itulah, fakta-fakta Bulan Purnama malam ini. Selamat mengamati!

News Feed