oleh

Manfaat Buah Manggis

Bauh Manggis merupakan sejenis pohon hijau dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh sampai mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan saat matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian. Buah ini berisi punya aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Manfaat buah manggis sangat fenomenal dan sampai saat ini ia di sebut ratu buah karena khasiatnya yang memang sangat baik sekali. Manggis bisa mengobati dan mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, ini lah yang menjadikannya buah ini sangat luar biasa.

Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat berguna di dunia. Manfaat manggis gak hanya memiliki zat super ‘xanthones’, dalam buahnya terkandung juga polikasanida, cathechins, dan polyphenols yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Perlu diketahui Xanthones adalah salah satu komponen aktif yang utama dari buah manggis.

Kandungan Buah Manggis, selain zat super yang kami namakan xanthones, manggis juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi.

  1. Vitamin C, BI & B2
  2. Zat besi, niasin, protein, serat fiber, kalsium, dan lainnya.

Manfaat Buah Manggis

Manfaat buah manggis terutama yang paling terkenal adalah mencegah dan mengobati kanker, manggis sudah terbukti bisa meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh orang. Dengan berbagai zat yang dikandung oleh buah manggis, Maka manfaat buah ini bisa dikategorikan menjadi salah satu ‘bentuk tanaman obat’. Berikut adalah beberapa manfaat yang diyakini dimiliki oleh buah manggis:

1. Mencegah Kanker

Manfaat buah manggis dalam mencegah kanker memang sangat luar biasa, bahkan penyakit kanker dan gejala kanker bisa diobati dengan memakai manfaat buah yang dikenal sebagai ratu buah ini. Hasil penelitian yang paling utama terkait kanker ini merupakan mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya senyawa garcinone E.

Jadi perlu diingat bagi anda penderita kanker harap hati-hati dalam mengkonsumsi buah manggis ini karena ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa manfaatnya belum teruji benar terhadap masalah kanker. Bukti akademis pengobatan kanker atau untuk pencegahannya memang belum terbukti, dalam Journal of Society for Integrative Oncology, para ilmuan bahkan memperingatkan bahwa pasien kanker harus berhati-hti dalam memakai produk ekstrak manggis karena berpotensi juga meningkatkan kadar gula darah.

2. Menggurangi Rasa Sakit

Manggis selain manis rasanya juga memiliki zat anti-inflamasi yang bisa memerangi rasa sakit (peradangan, nyeri dan kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan).

3. Mencegah Infeksi

Senyawa yang terdapat pada buah manggis diyakini bisa menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang mengakibatkan berbagai jenis infeksi pada luka. Teoir ini ditunjang oleh beberapa penelitian yang diterbitkan pada edisi Juli 2003 dari “Chemical and Pharmaceutical Bulletin“, pada penelitian ini peneliti menguji xanthones dari manggis dan membuktikan bahwa zat ini bisa menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi.

4. Kaya Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam buah manggis bisa membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi.

5. Baik Untuk tekanan darah tinggi

Manfaat buah manggis lainnya yang dipercaya cukup besar adalah sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, kandungan serat dan vitamin serta mineral sangat mendukung manfaat ini.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesahatan Tubuh

Perkembangan buah manggis sangat pesat sekali di Indonesia, kami hampir setiap hari mendengar iklan tentang buah super yang 1 ini. Dari berbagai testimonial yang beredar dan informasi yang dihimpun dari berbagai konsumen yang sudah memakai buah super ini berikut adalah beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh buah manggis.

  • Membantu mencegah dan memerangi penyakit alzheimer dan parkinson
  • Menghilangkan alergi
  • Menjaga kesehatan usus, bisa mengatasi diare, sembelit, merangsang kesehatan usus normal.
  • Menjaga kesehatan otak dan syaraf
  • Mengatasi katarak
  • Sakit kepala migrain
  • Mengurangi stres dan depresi
  • Mengurangi Kolesterol
  • Membantu mencegah obesitas
  • Mencegah penuaan dini.
  • Efek samping buah manggis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa xanthones bisa mengganggu pembekuan darah yang normal. Belum bisa dijelaskan tentang zat xanthones pada manggis apakah bisa berinteraksi dengan obat pengencer darah (seperti warfarin) atau gak, Mungkin juga bisa mengakibatkan perdarahan.

Studi juga mempublikasikan penggunaan xanthones dalam dosis tinggi bisa menekan sistem saraf pusat pada hewan dan mengakibatkan sedasi. Xanthone bisa mengakibatkan kelebihan sedasi bila dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lainnya. Selain itu juga terdapat potensi keracunan dalam dosis yang lebih tinggi, objek penelitian ini masih ada hewan, belum dilakukan pada orang.

Bahaya Pada Buah Manggis Untuk Kesehatan?

Selain buahnya yang manis-asam, manggis juga memiliki banyak khasiat yang mungkin memaksakan anda untuk menjadikannya salah satu obat pilihan untuk penyakit anda. Tetapi apapun itu pastikan bahwa anda berkonsultasi pada dokter terkait sebelum mencoba mengkombinasikannya terhadap penyakit anda. baca juga Manfaat Buah Mangga dan Manfaat Buah Nanas.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE