oleh

Daftar Kawasan Wisata Di Batam Yang Menarik

Daftar Tempat Wisata di Batam yang Menarik Untuk Dikunjungi – Selama ini, kita mengenal daerah Batam sebagai sebuah wilayah perindustrian di Kepulauan Riau. Namun, salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia ini juga menyajikan bentang panorama indah nan memukau. Terletak di tengah jalur pelayaran internasional, serta akrab dengan negara Malaysia dan Singapura, telah mengakibatkan Batam sebagai tempat berlibur yang layak.

Berdirinya objek-objek wisata di Kota Batam menjadi bukti bahwa pertumbuhan pariwisata di kota ini berkembang amat pesat. Jika masih galau mencari destinasi yang tepat, di bawah ini ada rekomendasi 7 tempat wisata di Batam yang harus dikunjungi.

1. Pantai Nongsa

alamwisata.com

Wisata bahari di Batam merupakan pilihan utama para pelancong. Salah satunya yakni Pantai Nongsa yang berada di bab timur laut Batam. Kita sanggup mengaksesnya dari sentra kota dengan taksi atau kendaraan langsung selama 40 menit atau 10 hingga 20 menit kalau pergi dari Bandara Internasional Hang Nadim. Hamparan pasir putih serta ombaknya yang tergolong kecil menjadi daya tarik tersendiri.Turis pun sanggup mengunjungi kampung Melayu di sekitar pantai.Satu hal unik yang sanggup dinikmati pengunjung yakni mereka pemandangan negara Singapura yang terlihat dari tepi Pantai Nongsa.

2. Jembatan Barelang (Barelang Bridge)

fauzanmm-batam.blogspot.co.id

Sekilas, Jembatan Barelang akan mengingatkan kita pada Jembatan Pasupati di Bandung. Nama dari ikon Kota Batam tersebut merupakan akronim dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini juga merupakan buah karya dari mantan presiden Republik Indonesia, B.J. Habibie, dan kerap disebut sebagai Jembatan Habibie. Ikon ini dirancang oleh dia dan dibangun pada tahun 1992 hingga 1998. Jembatan Belerang hingga ketika ini telah menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Baik turis ajaib maupun penduduk lokal di Batam sering menghabiskan waktu mereka untuk bersantai atau mengambil foto berlatar Jembatan Barelang.

3. Bukit Senyum

jalanjalanyuk.com

Jika belum puas mengamati negara Singapura dari Pantai Nongsa, Bukit Senyum memperlihatkan posisi terbaik untuk memandangi negara tersebut. Tempat wisata di Batam  ini terletak di wilayah perbukitan. Hanya dengan duduk di rerumputan Bukit Senyum, kita sanggup melihat pesawat-pesawat dari dan ke Bandara Changi yang kerap melintasi cakrawala, serta kerlap-kerlip lampu kota dari Singapura di malam hari. Tempat ini juga menjadi spot favorit para wisatawan dan penduduk lokal untuk merayakan pergantian tahun gres dengan pesta kembang api.

4. Batam City Square (BCS)

cermati.com

Rasanya kurang lengkap kalau berlibur tanpa belanja buah tangan khas daerah. Batam City Square (BCS) merupakan sentra perbelanjaan berlantai enam yang terletak di Jalan Bunga Raya, Baloi. Mal seluas 30.000 m2 tersebut selalu ramai dikunjugi tiap harinya. Di dalamnya,terdapat toko-toko dengan ragam pilihan—mulai dari pakaian hingga makanan. Anak-anak pun sanggup bermain di pusat-pusat rekreasi BCS. Wisatawan juga tidak perlu berebut tempat untuk memarkirkan kendaraannya, alasannya Batam City Square mempunyai lahan parkir yang sanggup menampung lebih 1.000 unit mobil.

5. Kampung Vietnam / Camp Vietnam

baltyra.com

Tempat wisata di Batam ini terletak di Pulau Galang dan wajib dikunjungi pecinta sejarah dan sanggup ditempuh selama 1,5 jam dari Kota Batam. Meski tempat ini telah usang kosong, peninggalan-peninggalan sejarah di Kampung Vietnam menyerupai museum, gereja, rumah sakit PMI, pagoda, dan pemakaman masih tetap bertahan. Dahulu, kampung tersebut menjadi tempat mengungsi para penduduk Vietnam ketika negara-negara Indochina (Kamboja, Vietnam, dan Laos) mengalami konflik politik dan militer. Mereka tinggal di Pulau Galang dari tahun 1979 hingga 1996. Kampung Vietnam sekarang terbuka untuk publik dari pukul 7.30 pagi hingga 5.30 sore.

6. Pantai Marina

pariwisataindonesia.info

Pantai favorit para wisatawan ini terletak sempurna di tepi Selat Singapura. Feri-feri yang kerap berlabuh di Pantai Marina pun menjadi magnet bagi para turis. Taman hijau yang berada di tempat ini juga sanggup dijadikan arena piknik bersama keluarga atau sekadar bersantai untuk menghilangkan penat. Jangan lewatkan juga pemandangan matahari terbenam berlatar Tanjung Ucang yang memikat di Pantai Marina setiap sorenya.

7. Mega Wisata Ocarina / Ocarina Park

jalankemanagitu.wordpress.com

Jika Jakarta mempunyai Ancol sebagai tempat wisata terpadu, Batam mempunyai Mega Wisata Ocarina yang tidak kalah megah. Tempat wisata di Batam ini diresmikan pada tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyhono. Beberapa wahana yang tersedia di Mega Wisata Ocarina yakni flying fox, giant wheel, trampolin, dan water boom. Jika ingin melaksanakan wisata kuliner, ada Kampoeng Indonesia yang memperlihatkan aneka macam hidangan terbaik khas nusantara. Selain itu, Mega Wisata Ocarina sering digunakan sebagai tempat pertunjukan musik. Harga tiket masuk ke Mega Wisata Ocarina cukup murah, yaitu lima ribu rupiah per orang (tidak termasuk tiket wahana).

Itulah daftar tempat wisata di Batam yang patut dikunjungi. Selain pemandangannya yang tidak kalah indah dari objek-objek wisata lain di Indonesia, Batam juga menyimpan peninggalan-peninggalan sejarah yang wajib dilestarikan.Jadi, tertarik berlibur ke Batam?

News Feed