oleh

10 Daerah Wisata Di Salatiga Dan Sekitarnya

10 Tempat Wisata di Salatiga dan Sekitarnya – Salatiga yaitu salah satu kota yang mengatakan beberapa tempat pariwisata menarik di Indonesia. Kota Salatiga sendiri merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Tengah, tepatnya berada di perbatasan antara kota Semarang dan Surakarta. Kota kecil yang ada di Jawa Tengah ini, menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Karena terletak sempurna di kaki sebuah gunung di Jawa Tengah, yakni gunung Merbabu maka ketika cuaca cerah Anda sanggup menyaksikan pemandangan gunung Merbabu dari jantung kota Salatiga ini.

Walaupun hanya mempunyai 4 kecamatan, kota Salatiga ini mempunyai beberapa objek wisata menarik. Adapun tempat wisata di Salatiga yang sanggup Anda kunjungi sebagai berikut :

1. Rawa Pening

Rawa Pening

Rawa Pening merupakan sebuah danau indah yang berada di kota Salatiga, di mana di danau ini ada banyak flora enceng gondok yang tumbuh. Nah, di daerah wisata inilah terdapat 3 titik pertemuan wilayah, di antaranya Ungaran, Ambarawa dan Salatiga. Sembari menikmati indahnya pemandangan alam di danau ini, Anda juga sanggup merasakan aneka macam macam kuliner yang enak yang tersedia di resto-resto sekitar danau. Bahkan, beberapa resto di daerah wisata ini pun menyediakan kemudahan bak renang berikut taman berkuda untuk rekreasi keluarga tercinta.

2. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Bukit Cinta yaitu sebuah tempat wisata yang terdapat di penggalan tepi daerah wisata Rawa Pening. Bukit Cinta ini berada di desa Kebondowo, tepatnya di Kecamatan Banyubiru. Banyak masyarakat sekitar yang percaya pada sebuah mitos di objek wisata ini. Pasalnya setiap pasangan yang belum menikah, kalau tiba ke tempat ini akan mengakibatkan dongeng cinta mereka berakhir. Namun di samping mitos yang berkembang, Bukit Cinta ini menyajikan pemandangan yang begitu menawan dengan suasana alam yang sejuk.

3. Pemandian Air Alam Muncul

 Pemandian Air Alam Muncul

Tempat wisata di Salatiga yang satu ini sanggup Anda coba untuk sekedar merilekskan pikiran bersama keluarga tercinta. Pemandian Air Alam Muncul berlokasi di Desa RowoBoni, tepatnya di Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang. Dari kota Salatiga, objek wisata ini sanggup ditempuh dengan jarak 9 km saja. Seperti namanya, Pemandian Air Alam Muncul ini mempunyai air bak yang berasal pribadi dari sebuah mata air yang terletak di penggalan dasar kolam, masuk akal rasanya kalau air di bak tersebut sangat menyegarkan. Tak hanya itu saja, Anda juga sanggup menyaksikan ikan-ikan berukuran kecil yang sedang berenang bebas.

4. Kopeng

Kopeng

Jika Anda merasa jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang semakin menumpuk, maka tempat refreshing paling sempurna untuk Anda di kota Salatiga yaitu Kopeng. Kopeng merupakan daerah yang ada di Salatiga dengan menyajikan pemandangan yang sangat menyejukkan. Dari sentra kota Salatiga, Anda sanggup menuju Kopeng dengan menempuh jarak 14 km. Tak hanya itu saja, di daerah wisata ini juga terdapat sebuah jalur pendakian ke gunung Merbabu. Hal ini dikarenakan desa Kopeng yaitu desa wisata dengan dikelilingi gunung-gunung vulkanik di sekitarnya, menyerupai gunung Andong, gunung Merbabu dan gunung Telomoyo.

5. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo

Salatiga memang pusatnya objek wisata alam yang eksotis yang patut dikunjungi, menyerupai halnya salah satu objek wisata gerojokan yang dinamakan Air Terjun Umbul Songo. Air terjun ini mempunyai ketinggian kira-kira 15 meter, yaitu mempunyai ketinggian 1.450 mdpl. Tempat wisata di Salatiga ini tergolong masih sangat asri dan belum banyak terjamah, alasannya yaitu lokasi wisatanya cukup jauh. Anda akan disuguhkan sebuah pemandangan alam yang begitu indah dan eksotis, hawa sejuk pun akan terasa ketika Anda berpijak di daerah wisata ini. Air Terjun yang banyak dikelilingi pepohonan hijau ini, terletak di desa Kopeng. Selain berjalan kaki, alternatif perjalanan menuju ke gerojokan juga sanggup dengan menggunakan kuda yang sanggup Anda sewa di daerah wisata ini.

6. Wahana Air Atlantic Dreamland

Wahana Air Atlantic Dreamland

Terletak di Jalan Soekarno Hatta, Salatiga, Wahana Air Atlantic Dreamland menyuguhkan sebuah wahana rekreasi keluarga yang layak dicoba. Objek wisata yang satu ini mempunyai beberapa macam wahana di dalamnya yang cocok untuk bawah umur maupun keluarga Anda. Adapun wahana yang terdapat di sini yaitu Water Toys, Water Ball, Carousel, bak renang, Water Boom, CircularTrack, FlyingFox, Coaster, ATV, BoomBoomCar dan masih banyak lagi. Adapun harga tiket masuk untuk menikmati wahana-wahana tersebut, cukup dengan membayar Rp.40.000,- sebagai tiket terusan.Tempat wisata di Salatigaini juga menyediakan beberapa kemudahan untuk para pengunjung, menyerupai restoran, toilet, dan tempat parkir yang luas.

Baca juga 10 Tempat Wisata di Tulungagung Jawa Timur.

7. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Sebuah objek wisata bak renang terletak di ketinggian bukit, Umbul Sidomukti sanggup Anda kunjungi bersama keluarga untuk menikmati sejuknya air bak di sini. Kolam renang di Umbul Sidomukti, mengatakan pengalaman gres tak terlupakan, alasannya yaitu lokasinya yang terletak di area puncak bukit. Sehingga Anda sanggup sekaligus menikmati indahnya pemandangan alam di sekitar tempat wisata di Salatigaini. Saat cuaca cerah, maka pemandangan yang terdapat di sekitar bak renang ini akan terlihat begitu memesona. Ada hal menarik yang ada di bak renang ini, lantaran Umbul Sidomukti menyajikan wahana bak renang bertingkatdengan 4 buah tingkatan wahana bak renang yang sanggup Anda nikmati. Anda pun sanggup mencoba permainan flyingfoxsupaya lebih menikmati indahnya pemandangan sembari meluncur di ketinggian.

8. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih

Terletak di Jl. Hasanudin KM 4, Salatiga – Kopeng, Agrowisata Salib Putih mengatakan ecopark hotel dengan bermacam-macam kemudahan menarik, menyerupai outbound, perkebunan, dan taman bermain. Kawasan wisata di Salatiga ini juga mengatakan campingground sebagai tempat berkemah dengan suasana yang sejuk. Tak ketinggalan pula, di Agrowisata Salib Putih ini terdapat sebuah wahana bak renang dengan pemandangan yang bagus menyerupai lampu-lampu malam di kota Salatiga. Selain itu, lokasi Agrowisata Salib Putih juga sangat strategis, lantaran hanya membutuhkan jarak 4 km saja untuk menuju daerah wisata Kopeng.

9. Gunung Telomoyo

Jalan Menuju Puncak Gunung Telomoyo

Meskipun menurut administratif, lokasi gunung Telomoyo ini tidak termasuk ke dalam wilayah Salatiga namun objek wisata ini justru cukup gampang dilalui dari jalur kota Salatiga. Terlebih lagi, lokasinya begitu bersahabat dengan daerah wisata Kopeng. Anda sanggup menikmati sejuknya pemandangan puncak gunung di Telomoyo ini. Selain itu mulai dari bawah gunung hingga puncaknya, Anda sanggup menggunakan kendaraan bermotor untuk menikmati suguhan pemandangan di gunung Telomoyo ini.

10. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Tempat ini asalnya yaitu stasiun kereta api yang dipakai secara komersial. Namun, ketika ini Kereta Api Ambarawa lebih difungsikan sebagai sebuah museum ataupun stasiun kereta api untuk para wisatawan. Di tempat wisata di Salatiga ini Anda sanggup mencoba kereta wisata dengan menggunakan mesin tenaga uap. Hanya saja, Anda harus menyewa satu gerbong sekaligus. Tak hanya itu saja, di stasiun ini juga terdapat sebuah lokomotif uap di zaman Belanda. Adapun bangunan di Museum Kereta Api Ambarawa ini yaitu salah satu bangunan peninggalan ketika zaman kolonial Belanda. Jadi, untuk Anda yang gemar berkunjung ke tempat-tempat wisata bersejarah maka Museum Kereta Api Ambarawa ini sangat cocok untuk dikunjungi! Jika kau ingin tahu apa saja tempat wisata yang terkenal di Jawa Tengah kau sanggup membuka tautan berikut ini Tempat Wisata Populer di Jawa tengah.[]

News Feed