oleh

Wisata Gunung Bromo, 7 Keindahan Budaya Dan Alam Di Bromo

Wisata Gunung Bromo tengah menuai kepopuleran tersendiri di kalangan petualang atau pecinta traveling. Salah satu destinasi wisata yang terletak di Jawa Timur ini memang sanggup dijangkau dari 4 kabupaten. Mengingat letaknya secara geografis sendiri berada diantara empat kabupaten, yakni Malang, Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan. Meskipun begitu, banyak wisatawan ataupun pelancong yang menuju gunung Bromo melalui kota Malang.

Selain dirasa jauh lebih dekat, Malang merupakan kota yang memperlihatkan sejuta pengalaman berkesan. Itulah mengapa pada jadinya banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menentukan Malang sebagai transit menuju Bromo. Kembali pada gunung Bromo, Anda tentu akan berdecak kagum dikala pertama kali mengunjunginya. Bagaimana tidak, pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan padang pasir siap menyambut kedatangan Anda.

Terlebih adapula suku orisinil Bromo yang dikenal sebagai suku Tengger sanggup Anda jumpai disini. Hal ini semakin melengkapi serta menyempurnakan momen berlibur Anda bersama teman ataupun keluarga. Tak perlu khawatir dengan sarana transportasi yang tersedia, setidaknya ada kendaraan beroda empat jeep atau kuda yang sanggup Anda pilih sebagai alat transportasi untuk berkeliling. Tentunya dengan kisaran harga yang berbeda-beda dan diubahsuaikan pula dengan rute perjalanan yang Anda pilih. Baca juga 6 Tempat Wisata di Jawa Timur yang Menarik.

Daripada Anda bertanya-tanya apa sajakah pemandangan alam menakjubkan yang sanggup ditemukan di wisata gunung Bromo, berikut beberapa pemandangan alam maupun kebudayaan yang menempel pada gunung yang mempunyai tinggi 2.392 mdpl tersebut.

1. Puncak Penanjakan

Puncak Penanjakan, Photo credit

Memasuki wilayah gunung Bromo, Anda akan disambut dengan gerbang masuk ke area tersebut. Disini, Anda akan menemukan spot khusus untuk menyaksikan sunrise maupun sunset di gunung Bromo. Lokasi ini dinamakan dengan Puncak Penanjakan, spot sempurna yang akan menyajikan keindahan sunset ke mata para pengunjung. 

Pemandangan yang sangat memikat dan tak akan terlupakan oleh siapapun yang sempat mengunjungi gunung Bromo. Ini pulalah yang menjadi alasan mengapa Puncak Penanjakan sering pula disebut sebagai spot sunset paling memikat di Indonesia. 

Untuk sanggup menyaksikan sunrise ataupun sunset, ada baiknya Anda tiba jauh lebih awal, mengingat banyaknya wisatawan yang berkunjung ke gunung Bromo. Sunrise sendiri sanggup mulai Anda saksikan pada pukul 05.30 pagi dari Puncak Penanjakan Gunung Bromo.

2. Pasir Berbisik

Photo credit

Pernahkah Anda menonton film Pasir Berbisik yang disutradarai oleh Garin Nugroho? Anda tentu sudah tidak abnormal bukan dengan hamparan gurun pasir yang begitu luas di film tersebut. Benar, hamparan atau gurun pasir ini sanggup Anda jumpai dikala berwisata ke gunung Bromo. Gunung yang sangat asyik dikunjungi pada periode bulan Juni – Oktober ini akan menyajikan rona jingga kemerahan dikala matahari akan kembali ke peraduannya.

Dinamakan pasir berbisik sendiri memang berasal dari film yang sangat fenomenal tersebut. Alasannya tak lain dan tak bukan alasannya hamparan pasir yang kerap ditiup oleh angin. Hal ini terjadi tatkala tiupan angin terjadi sangat kencang pada wisata gunung Bromo. Deru angin yang hadir tentunya membawa pasir yang menyerupai berbisik ke seluruh alam. Alhasil, kita sering mendengar bunyi layaknya bisikan di sekitar gunung Bromo, terutama di area gurun pasir tersebut. Baca juga 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Wajib Anda Datangi.

3. Kawah gunung

Photo credit

Sedikit naik ke atas gunung, Anda sanggup menemukan sebuah kawah berukuran diameter 600 meter. Dari sini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang amat menawan seluas gunung Bromo sendiri. Untuk mencapainya, Anda diharuskan untuk menaiki anak tangga yang cukup banyak sebelum menemukan pemandangan kawah tersebut. Bila Anda tak begitu kuat, cobalah untuk menyewa seekor kuda dari beberapa jasa penyewaan kuda yang ada.

Perlu diketahui, suhu udara di sekitar gunung Bromo cukup cuek dari tempat lainnya. Disini Anda akan disambut oleh suhu berkisar antara 20 hingga 200 celcius. Ada baiknya memang tak melupakan pakaian tebal atau hangat yang sanggup menahan suhu udara yang terlalu dingin. Terlebih dikala Anda tetapkan untuk menyaksikan sunrise di wisata gunung Bromo pagi hari. Sudah barang tentu Anda akan menentang suhu udara yang begitu cuek nan menggigilkan.

4. Padang savana

Padang savana gunung bromo via wisatagunungbromo

Masih belum lelah bukan mengitari gunung Bromo yang sangat luas? Kali ini kita akan mengajak Anda untuk melihat sebentar ke area padang savana di sekitar gunung Bromo. Tak hanya gunung Semeru memang yang menyajikan padang savana indah, di gunung Bromo pun demikian. Ada spot padang savana yang sering dimanfaatkan sekedar untuk berfoto atau hunting lokasi shooting. Kita sering pula menyaksikan tempat ini dijadikan spot utama untuk beberapa serial televisi nasional.

5. Suku Tengger


Tak hanya pemandangan alam yang sanggup Anda jumpai pada wisata kali ini. Adapula kehidupan masyarakat orisinil di gunung Bromo yang sanggup Anda nikmati dan pelajari kehidupannya. Suku Tengger ialah nama suku orisinil yang mendiami wilayah di sekitar gunung Bromo. Mereka memang dikenal dengan kebudayaan serta sopan santun yang sangat kental dan terus dipertahankan secara turun temurun. Pada waktu tertentu, 

Anda sanggup menyaksikan Festival Kasodo yang sengaja dihelat oleh suku Tengger. Acara ini merupakan salah satu bentuk seruan masyarakat untuk mendapat berkat dari Yang Maha Kuasa. Melalui Festival Kasodo, mereka berharap panen pada tahun itu melimpah dan dijauhkan dari segala peristiwa maupun penyakit. Cukup menarik memang menyaksikan ekspo yang satu ini, terutama bagi Anda yang tak bosan akan kebudayaan dan kesenian orisinil Indonesia.

6. Wisata berkuda di Bromo

Photo credit

Walaupun telah disediakan kendaraan beroda empat Jeep yang sanggup disewa oleh para wisatawan, nyatanya wisata berkuda mendapat tempat tersendiri di hati para pelancong. Bagi mereka yang ingin santai dan sensasi berbeda dalam menikmati setiap jengkal pemandangan di Bromo, wisata berkuda ialah pilihan yang tepat. Selain dari sisi harga yang jauh lebih murah, berkuda terbilang jauh lebih santai untuk menikmati pemandangan yang terhampar. Mulai dari wisata gunung Bromo di pasir berbisik hingga menjangkau puncak Bromo, yakni kawah di bab puncak.

7. Jazz gunung


Terbilang sangat modern memang, namun tak ada salahnya untuk mencoba pementasan jazz gunung Bromo. Pementasan musik Jazz yang sengaja dihelat untuk mengangkat gambaran gunung Bromo ini tetap mengundang antusias tersendiri. Festival musik yang sengaja dihelat untuk memuaskan hasrat para pecinta musik jazz tersebut, tak pernah sepi penonton. 

Hampir setiap tahun digelar, minat wisatawan dalam maupun luar negeri sangatlah mencengangkan. Anda yang berencana melaksanakan perjalanan melalui Probolinggo, maka sanggup menikmati pementasan musik ternama tersebut. Sayangnya, jazz gunung sendiri tidak diadakan setiap dikala namun hanya sekali dalam setahun.

Sudah puas bukan berkeliling gunung Bromo dan menikmati setiap sudut yang disajikannya? Tak ada lagi alasan untuk tak mengunjungi keindahan alam Jawa Timur yang belum tentu sanggup Anda temui di tempat lainnya. Terutama dengan biaya yang sangat terjangkau, namun pemandangan serta sensasi yang didapatkan sangatlah memuaskan dan mengagumkan.

INFO UPDATE