oleh

Warna Hitam di Batu Bacan Doko

Batu bacan doko yang memiliki warna hitam seperti kotoran memang gak sedap dipandang. Jika tidak dilakukan perawatan, maka warna asli batu bacan mungkin saja tidak akan terlihat oleh anda. Padahal, keindahan dari batu bacan terletak pada kekristalan dan ciri khas warna hijaunya. Batu bacan doko adalah jenis batu yang berasal dari daerah Maluku. Pada saat ini bacan doko memiliki pasaran harga diatas 5 juta rupiah cukup lumayan mahal.

Tips menghilangkan bercak atau bintik warna hitam pada batu jenis bacan doko bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan adanya warna hitam berupa bintik yang terdapat dalam betu menunjukkan batu tidak memiliki kristal sempurna tapi hal seperti ada kalanya bisa dihilangkan dengan proses, perendaman atau pengolesan pada batu secara teratur. Hal itu dimaksudkan untuk mengangkat zat-zat yang masih ada dalam batu bacan.

Batu bacan doko merupakan jenis batu bacan yang saat ini banyak di incar kolektor dibanding dengan jenis bcan lainnya, dengan warna khasnya yang hijau membuat batu terlihat sangat indah dan gak kalah dengan jenis batu giok china yang selama ini sudah kesohor dan dikenal dunia.

Tetapi dalam 1 tahun terakhir ini batu mulia asal Indonesia seringkali menjadi incaran banyak kolektor mancanegara, seperti diataranya yang belakangan ini sering menjadi perbincangana adalah jenis batu akik idocrase asal Aceh dan Sumatera serta beberapa jenis batu mulia asal Indonesia lainnya termasuk bacan doko ini.

Jika batu bacan doko milik anda sudah masuk pada tahap kekritalan yang super, dimana warna hitam sudah tinggal sedikit dan warna hijau sudah mendominasi pada batu, dan cahaya dengan mudahnya menembus lapisan dari batu, gak heran jika batu bacan doko kristal super dibandrol dengan harga puluhan juta rupiah. Jenis batu ini termasuk langka dan para pencari mulai susah mendapatkannya, jadi sangat beruntung jika anda sudah memilikinya.

Batu asal Maluku Utara ini sudah dikenal dunia sebagai batu permata berkualitas unggulan dan membuat batu ini sering menjadi incaran para gemslover, hanya saja untuk harga dibawah 1 jutaan masih belum bisa memperoleh batu yang terbilang sempurna dan biasanya masih ada banyak warna hitam didalamnya. baca juga Manfaat dan Khasiat Batu Akik Bacan Doko

Untuk menghilangkan warna hitam dalam batu bacan doko bisa dilakukan secara treatmen atau memproses ulang batu bacan supaya mengkristal dengan baik:

  • Oles batu bacan dengan minyak bayi atau kayu putih
  • Kemudian jemur batu terik matahari sekitar pukul 10 s/d 11 siang
  • Saat menjemur bisa memakai wadah dari beling seperti piring atau mangkok
  • Setelah dianggap perhatikan perkembangan warna yang terjadi
  • Jika belum ada perkembangan signifikan setelah melakukan penjemuran bisa di oles ulang sampai bercak warna hitam menjadi samar
  • Merendamnya dengan minyak jaitun . Jika anda tidak memilikinya , anda bisa merendamnya dengan minyak kayu putih atau juga bisa menggunakan minyak makan bila tidak ada . Biarkan proses peresepan berjalan secara alami selama satu malam.
  • Sesudah kamu melaksanakan prosedur perendaman hingga minyak meresap kedalam batu, maka kamu dapat menjemurnya di terik matahari selama 20 menit saja. Perihal ini bermanfaat untuk merangsang warna hitam terangkat melalui minyak yang telah meresap sebelumnya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum anda melakukan treatmen kenali dulu karakter batu karena untuk jenis batu yang sudah betul-betul mengkristal jangan lakukan penjemuran sebaiknya lakukan perawatan untuk lebih mengkilapkan batu bacan yang anda miliki secara menggosoknya secara berulang memakai kain atau bahan kulit.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE