oleh

Wahana Antariksa Rosetta Dekati Komet 67P, Seberapa Dekat?

Komet 67P yang dipotret pada jarak bersahabat oleh wahana antariksa Rosetta. Kredit: ESA

 – Agensi Antariksa Eropa (ESA) dengan wahana antariksa Rosetta-nya sedikit lagi hampir hingga di komet 67P (Churyumov-Gerasimenko).

Komet 67P ini tidak diam, melainkan bergerak. Pada foto di atas, komet tidak mempunyai ekor. Itu dikarenakan jaraknya masih jauh dari Matahari.

Komet mempunyai ekor ketika ia bersahabat dengan Matahari atau sebuah bintang lainnya. Semakin bersahabat komet dengan suatu bintang, semakin panjang ekornya.

Rosetta tinggal berjarak 800-an km dari nukleus komet Churyumov-Gerasimenko. Jarak tersebut setara jarak Jakarta-Surabaya lewat pantura.

Rosetta butuh waktu 4 hari untuk merengkuh jarak tersebut. Diperkirakan Rosetta akan hingga di komet ini pada tanggal 6 Agustus 2014 mendatang.

Rosetta yaitu misi luar angkasa tak berawak milik Agensi Antariksa Eropa yang diluncurkan pada 2004 dengan tujuan menyelidiki Komet 67P.

Rosetta terdiri dari dua elemen utama: Wahana Rosetta dan Pendarat Philae. Wahana antariksa tersebut juga melakukan flyby dan mempelajari asteroid-asteroid dalam perjalanan menuju komet.

Wahana dinamai berdasarkan Batu Rosetta, dengan keinginan misi sanggup membantu membuka kunci diam-diam ihwal bagaimana tata surya kita terlihat sebelum planet-planet terbentuk.

Sedangkan pendarat (Philae) dinamai berdasarkan pulau Sungai Nil, kawasan sebuah obeliks, pengurai arahan Batu Rosetta ditemukan.

INFO UPDATE