oleh

Wahana Antariksa Gaia Menemukan 70.000 Planet Luar Surya Baru

Ilustrasi wahana antariksa Gaia di luar angkasa. Kredit: ESA

– Sebuah wahana antariksa milik Eropa yang diluncurkan final tahun kemudian hasilnya dapat menemukan 70.000 planet luar surya dan membantu para peneliti lebih memahami jumlah dan karakteristik dunia abnormal di seluruh galaksi.

“Ini bukan hanya perihal angka. Masing-masing planet ini akan memberikan beberapa rincian yang sangat spesifik, dan banyak yang akan sangat menarik dengan cara mereka sendiri,” kata Michael Perryman dari Princeton University dalam sebuah pernyataan.

“Jika Anda melihat planet-planet yang telah ditemukan hingga sekarang, mereka menempati wilayah yang sangat spesifik. Gaia tidak hanya akan menemukan daftar seluruh planet, tetapi di tempat yang belum benar-benar dieksplorasi sejauh ini.”

Dunia abnormal pertama di sekitar bintang menyerupai Matahari terlihat pada tahun 1995. Sejak itu, para astronom telah menemukan hampir 2.000 planet luar surya, dengan setengah dari inovasi dilakukan oleh teleskop antariksa Kepler milik NASA.

Tapi ada banyak lagi planet di luar sana, menunggu untuk ditemukan. Para astronom berpikir bahwa, rata-rata, setiap bintang di Bima Sakti setidaknya mempunyai satu planet yang mengorbitnya, yang berarti Bima Sakti mempunyai sekitar 100 miliar planet di dalamnya.

Wahana antariksa Gaia ditempatkan pada lokasi dengan gravitasi stabil yakni berjarak 1,5 juta kilometer dari Bumi. Tujuan utama misinya ialah untuk membuat katalog dan memonitor 1 miliar bintang di Bima Sakti, membantu peneliti membuat peta 3D yang menjelaskan struktur galaksi dan evolusinya.

Studi gres ini telah diterima untuk publikasi dalam The Astrophysical Journal dan tersedia kini di situs arXiv.

News Feed