oleh

Wah! Ada Supernova Di Rasi Bintang Virgo

Supernova bermagnitude 11,8 dipotret pada 24 Desember 2014. Kredit: Gregor Krannich

 – Sebuah ledakan bintang (supernova) ditemukan di galaksi spiral NGC 4666 awal bulan Desember 2014 ini.

Supernova ini merupakan supernova paling jelas kedua tahun 2014 dengan magnitude 11,8. Anda bahkan sanggup melihatnya dengan gampang lewat teleskop 10 inchi.

Dengan nama sementara ASASSN-14lp, dia merupakan supernova tipe Ia, ditemukan lewat “Assasin Project”, kependekan dari Automated Sky Survey untuk supernova (ASAS-SN) pada tanggal 9 Desember.

Berjarak hanya 80 juta tahun cahaya dari Bumi, NGC 4666 yakni galaksi spiral yang relatif bersahabat dengan galaksi kita, Bima Sakti.

NGC 4666 disebut juga Superwind Galaxy, dia merupakan rumah bagi gelombang deretan bintang yang intens yang diduga disebabkan oleh interaksi gravitasi antara dirinya dan galaksi tetangganya, termasuk NGC 4668, terlihat di sudut kiri bawah pada foto di atas.

Letak Supernova ASSASSN-14lp. Kredit: Universe Today

Supernova ASSASSN-14lp berasal dari bintang katai putih yang meledak. Ketika bintang katai putih mencapai massa 1,4 kali dari Matahari, dia tidak lagi sanggup menopang dirinya sendiri.

Bintang semacam ini tiba-tiba runtuh, memanaskan suhu yang luar biasa dan meledak dalam reaksi fusi. Bang! Jadilah sebuah supernova.

News Feed