oleh

Vitamin A Untuk Ibu Hamil, Apa Keuntungannya ?

Vitamin A untuk ibu hamil ⏩ Untuk merawat kehamilan semoga tetap sehat, ibu hamil perlu melaksanakan perawatan kehamilan dengan tepat. Menerapkan contoh hidup sehat, olahraga teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol dan mengkonsumsi masakan bernutrisi tinggi merupakan elemen penting dalam merawat kehamilan.

Salah satu nutrisi penting yang diharapkan ibu hamil yaitu vitamin A. Salah satu manfaat penting vitamin A bagi badan insan yaitu untuk menjaga dan mengoptimalkan kesehatan mata.

Vitamin A untuk Ibu Hamil

image from pixabay

Untuk itu, setiap insan dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian untuk mendapat aneka macam macam manfaat antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A tersusun dari beberapa elemen, salah satunya yaitu senyawa retional. Senyawa ini sangat berperan dalam meningkatkan kerja retina dalam menyalurkan gambar yang dilihat kepada otak.

2. Meningkatkan imunitas

Vitamin A juga mengandung beta karoten yang mempunyai kegunaan sebagai antioksidan badan sehingga sanggup menangkal radikal bebas. Aneka macam bakteri, jamur dan virus yang akan menyerang badan bisa dihalau oleh beta karoten ini.

3. Anti kanker

Salah satu penyebab munculnya sel kanker yaitu alasannya yaitu radikal badan insan terpapar oleh radikal bebas. Beta karoten yang terdapat dalam vitamin A sangat berperan dalam pencegahan pertumbuhan sel kanker.

4. Luka cepat sembuh

Selain manfaat di atas, vitamin A juga berfungsi untuk memelihara kesehatan jaringan badan insan sehingga bila sewaktu – waktu anggota badan terluka maka akan segera dipulihkan dengan pertolongan vitamin A.

Manfaat Vitamin A untuk Ibu Hamil

Manfaat vitamin A di atas yaitu umum bagi manusia, sedangkan bagi ibu hamil tugas vitamin A juga sangat besar. Selain yang tersebut di atas, masih ada manfaat lain yang disumbangkan vitamin A bagi ibu hamil, antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Vitamin A sanggup membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin

Pertumbuhan janin dalam kandungan memerlukan asupan nutrisi yang diperoleh dari ibu hamil. Apabila ibu hamil kekurangan asupan nutrisi maka janin pun akan mendapat imbas negatifnya. Konsumsi masakan bervitamin A ketika hamil akan memperlihatkan manfaat bagi janin, salah satunya yaitu sanggup mengoptimalkan tumbuh kembangnya, terutama organ mata, jaringan kulit dan tulang.

2. Membantu menjaga kesehatan

Agar kehamilan sanggup dijalani dengan nyaman dan menyenangkan, bunda perlu menjaga kesehatan dengan sebaik – baiknya. Antioksidan yang terdapat pada vitamin A tidak hanya bisa menjaga kesehatan ibu hamil, melainkan janin juga sanggup terjaga kesehatannya. Untuk itu, cukupi kebutuhan vitamin A selama hamil dengan mengkonsumsi aneka macam makanan sehat ibu hamil yang mengandung vitamin A.

3. Membantu memperbaiki jaringan kulit

Setelah proses persalinan berakhir, bunda akan menjumpai duduk kasus pada kulit terutama pada perut. Biasanya kulit perut akan muncul garis – garis hitam atau putih yang menciptakan penampilan menjadi tidak percaya diri. Untuk sanggup segera memulihkan keadaan, bunda perlu mengkonsumsi masakan yang mengandung vitamin A.

Sumber Vitamin A Ibu Hamil

Setelah menyimak manfaat vitamin A untuk ibu hamil di atas, tentu hati kita akan tergerak untuk mencukupi kebutuhan vitamin A harian. Lalu, apa saja masakan yang menjadi sumber vitamin A itu ? antara lain yaitu sebagai berikut 🙂

  • Sayuran ⏩ kacang panjang, sawi, kangkung,cabai, wortel, tomat, brokoli, bayam dan paprika
  • Buah ⏩ apel, buah naga, pepaya, anggur,jambu biji, pisang, semangka, melon dan belimbing
  • Makanan ⏩ daging bebek, daging ayam, hati sapi, hati ayam, susu, keju, telur dan ikan

Demikian informasi terkait manfaat vitamin A untuk ibu hamil dan beberapa sumber vitamin A baik dari sayuran, buah buahan dan masakan lainnya. Dengan mengkonsumsi masakan sehat kita berharap kehamilan akan berjalan dengan baik dan janin kelak lahir dengan aman, lancar dan selamat. Salam

INFO UPDATE