oleh

Usia Bulan Ternyata 140 Juta Tahun Lebih Bau Tanah Dari Asumsi Awal

Bulan. Kredit: Arsip InfoAstronomy.org

 – Berapa usia Bulan? Sekelompok tim astronom di UCLA telah melaksanakan penelitian untuk memilih usia Bulan dengan tepat. Hasilnya, diketahui bahwa Bulan ternyata 140 juta tahun lebih bau tanah dari yang diketahui sebelumnya.

Tim astronom ini mempelajari zirkon, atau mineral dari batuan Bulan, yang dibawa ke Bumi dalam misi Apollo 14 pada tahun 1971. Ttim astronom UCLA ini lantas melaporkan bahwa goresan antara Bumi dan planet hipotesis berjulukan Theia mengakibatkan penciptaan Bulan tepatnya terjadi pada 4,51 miliar tahun yang lalu.

Mélanie Barboni, spesialis geokimia dan astrokimia dalam tim astronom UCLA ini menyampaikan dalam siaran pers dilansir Astronomy.com, bahwa mencari usia Bulan sangatlah sulit alasannya “apa pun yang ada sebelum goresan antara Bumi dengan Theia telah tak bersisa.”

Sehingga untuk menemukan balasan berapa usia Bulan, Barboni mempelajari delapan zirkon pada batuan Bulan di laboratorium di Princeton memakai spektrometer massa.

“Zirkon ialah ‘mesin waktu’ terbaik,” kata Kevin McKeegan, seorang profesor geokimia dan astrokimia UCLA, yang juga bab dari tim astronom ini. “Zirkon ialah mineral terbaik dalam mempelajari sejarah geologi dan mengungkapkan dari mana atau kapan mereka berasal.”

Bulan awalnya ditutupi samudera magma sesudah goresan antara Bumi dan Theia, yang kemudian mendingin. Proses pendinginan ini membentuk kerak dan mantel Bulan. Untuk mengetahui kapan proses itu terjadi, Barboni mempelajari zirkon uranium, dan untuk mengetahui kapan magma di Bulan mulai terbentuk, ia mempelajari zirkon lutetium.

“Mélanie sangat pintar dalam mencari tahu usia bahwasanya dari Bulan ini dengan kembali ke zaman pra-sejarah hanya dengan meneliti sebuah mineral,” kata Edward Young, seorang profesor astrokimia UCLA.

Tata Surya kita sendiri diperkirakan terbentuk semenjak 4,57 miliar tahun yang lalu, dan Bulan sebelumnya diketahui terbentuk sekitar 150-200 juta tahun sesudah Tata Surya kita terbentuk tadi. Sekarang penelitian gres ini menyatakan bahwa Bulan terbentuk sekitar 60 juta tahun sesudah pembentukan Tata Surya.

Penelitian ini telah diterbitkan dalam jurnal Science Advances.

INFO UPDATE