oleh

Tips Mudah Redakan Sakit Kepala

Tips Mudah Redakan Sakit Kepala – Perlu ketahui Bahwa terlalu banyak orang yang mengalami sakit kepala dipicu oleh beberapa faktor. Yang mana dari beberapa faktor tesebut terbagi menjadi 2, Yakni sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain dan sakit kepala yang gak ada kaitannya dengan adanya penyakit, Yang biasa disebut dengan sakit kepala primer. Munculnya sakit kepala yang merupakan kategori primer ini, Memang sering sekali dialami oleh terlalu banyak orang. Dan kondisi stres dan anda juga bisa baca yang sangat berlebihan juga kadang menjadikan orang mengalami rasa sakit di kepala. Sehingga dari sana semua akan menjadikan kondisi kesehatan tubuh terganggu dan tentunya sangat mengganggu aktifitas Anda. baca juga Cara Menghilangkan Stres.

Sebab Pemicu Sakit Kepala

Sakit kepala kadang muncul tanpa diduga. Mulai dari nyeri yang terasa sesaat, sampai rasa sakit berdenyut selama berjam-jam. Mungkin hal itu berawal dari konsumsi Anda beberapa waktu sebelumnya. Berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yang perlu Anda waspadai.

Batasi asupan kafein setiap hari untuk mengurangi sakit kepala yang Anda rasakan. Dianjurkan hanya mengonsumsi kafein sebanyak 2 kali penyajian atau total <200 mg per hari.

Keju yang banyak berisi tiramin yang bisa memicu sakit kepala. Semakin lama usia keju, maka semakin besar kandungan tiraminnya. Makanan lain yang tinggi kandungan tiramin, seperti daging yang sudah diproses, acar, bawang merah, minyak zaitun, beberapa jenis biji-bijian, kismis, avokad, kacang-kacangan, dan sup dalam kaleng.
Sakit kepala juga bisa dipicu oleh zat tambahan pada makanan, seperti pewarna makanan dan nitrat. Sebagaimana tiramin, zat-zat itu bisa meningkatkan aliran darah ke kepala sampai mengakibatkan sakit kepala pada sebagian orang.
Sebagian orang merasa pusing setelah mengonsumsi minuman keras. Reaksi itu paling banyak berasal dari minuman jenis anggur merah, dibandingkan anggur putih. Biasanya, mereka yang sensitif terhadap anggur merah, juga memiliki kecenderungan yang sama terhadap cokelat.

Jika Anda sering merasa sakit kepala setelah mengonsumsi es krim atau minuman dingin, jangan salahkan jenis makanan atau minuman itu. Sebenarnya yang Anda rasakan adalah reaksi tubuh terhadap rasa dingin. Biasanya sakit kepala hanya berkisar sekitar 30-60 detik.

Untuk mengatasinya, Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda terapkan. Gak hanya dengan mengkonsumsi beberapa jenis obat penghilang rasa sakit kepala saja, Tetapi dengan terapi dan mengkonsumsi bahan alami pun akan menjadi obat alternatif yang juga cukup efektif untuk meredakan sakit kepala yang anda derita. Sehingga dengan memakai cara alami ini, Gak menimbulkan efek samping apapun dan aman untuk terapkan. Dan inilah cara mudah untuk meredakan sakit kepala secara alami.

  • Memperbanyak makan pisang
    Pisang merupakan salah satu jenis buah yang banyak berisi magnesium dan potasium yang sangat baik untuk membantu meredakan sakit kepala yang anda derita. Makan buah pisan secukupnya untuk membantu sakit kepala anda supaya cepat mereda.
  • Mengkonsumsi kentang
    Selain kekurangan cairan, sakit kepala juga terjadi akibat tubuh yang kehilangan elektrolit seperti kalium. Kentang merupakan salah satu umbi yang banyak berisi kalium. Oleh karena itu, kentang bisa anda jadikan sebagai salah satu pengobatan alami yang bisa menyembuhkan sakit kepala. Cara memasaknya merupakan dengan mengukusnya, bukan menggorengnya.
  • Memanfaatkan es batu
    Gunakan kompres es batu untuk meredakan sakit kepala yang anda derita. Caranya sangat mudah yakni dengan membungkus beberapa potong es batu dalam 1 buah waslap kemudian menempelkannya pada daerah kepala yang terasa pusing. Lama kelamaan, rasa pusing yang anda alami akan semakin berkurang kemudian menghilang seiring berjalannya waktu.
  • Makan permen mint
    Kandungan mentol pada permen akan membuat kepala anda menjadi rileks sehingga sakit kepala anda akan cepat teratasi. Selain permen mint anda juga bisa mengkonsumsi makanan atau minuman lain yang kaya akan kandungan mint didalamnya.
  • Hindari stress
    Salah satu penyebab timbulnya sakit kepala merupakan otak yang terlalu stress. Karena terlalu banyak fikiran yang membebani akhirnya timbullah penyakit sakit kepala. Untuk itu, jika anda ingin terhindar dan sembuh dari sakit kepala, maka hindari stress dan lakukan rileksasi dengan berjalan-jalan atau hal menyenangkan lainnya. Jangan lupa untuk mengatur porsi tidur supaya tubuh gak cepat melemah.
  • Titik tekan
    Hanya secara anda menekan pada bagian tubuh di titik-titik tertentu, Maka hal demikian sudah menjadi cara untuk meredakan sakit kepala dengan mudah. Untuk melakukannya, Sebaiknya anda menekan dengan lembut pada bagian jembatan hidung, Kemudian tekan juga pada kulit yang berada diantara telunjuk dan ibu jari untuk meredakan rasa sakit kepala yang anda derita.
  • Kayu manis
    Apabila anda mengalami rasa sakit kepala yang dikarenakan cuaca dingin, Maka anda bisa memakai kayu manis sebagai bahan alami untuk meredakannnya. Caranya adalah, Dengan menggunakan/mengoleskan pasta kayu manis pada dahi dan pelipis, Kemudian anda biarkan selama kurang lebih 30 menit supaya bisa lebih terasa khasiatnya. Apabila sudah, Maka anda bisa membersihkan kayu manis dengan air sampai bersih.
  • Pijat atau di urut
    Dalam melakukan langkah pijat ini, Maka mulailah memijat di bagian pelipis secara ringan dengan memakai gerakan memutar. Kemudian anda bisa melanjutkannya dengan bergerak ke bagian dahi dan lubang telinga. Yakni cukup tekan bagian telinga secara lembut, dan barulah turun ke bagian leher dan pundak. Hal demikian bertujuan supaya bisa meningkatkan aliran darah dalam tubuh, Meredakan tekanan otot, serta rasa sakit di kepala anda.
  • Minyak eucalyptus
    Secara mengusapkan minyak eucalyptus pada bagian dahi, pundak, pelipis dan leher, Kemudian setelah itu anda memijatnya secara pelan-pelan. Cara ini juga bisa mengatasi rasa sakit kepala yang anda derita secara efektif. Hal demikian karena pada minyak eucalyptus itu sendiri, Berisi zat anti peradangan dan zat yang bisa menghilangkan rasa sakit kepala. Sehingga dengan memakai minyak ajaib ini, Anda sudah bisa meredakan sakit kepala dengan mudah dan alami.
  • Mekomsumsi Air
    Timbulnya sakit kepala bisa disebabkan oleh dehidrasi. Yang mana tubuh terlambat untuk memberikan tanda saat mulai kekurangan cairan dalam tubuh. Sehingga untuk mengatasinya, Anda bisa minum banyak air untuk meredakan sakit kepala yang dikarenakan oleh kekurangan cairan. Sebaiknya anda bisa mengkonsumsi air setidaknya 2 liter atau 8 gelas dalam 1 hari, Supaya anda bisa terjaga dari sakit kepala yang dikarenakan kekurangan cairan dalam tubuh.

Demikianlah cara mengatasi degan mudah meredakan sakit kepala dengan cara alami tanpa obat dengan cukup dengan bahan alami seperti yang tersebut di atas semoga mermanfaat terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed