oleh

Tips Mengetahui Jenis Printer

Pada tingkat yang paling dasar, printer bisa dibagi menjadi 2 kategori utama: untuk penggunaan di Tempat tinggal (terutama model inkjet) dan untuk penggunaan di Kantor (terutama laser). Selain dari 2 kategori utama, ada printer foto, dot matrix dan printer multifungsi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Untuk memahami semua ini, tatap di bawah ini. Baca juga Pengertian Printer dan Fungsinya

Fungsi Jenis Kualitas Printer 

Printer Inkjet

  • Printer jenis inkjet punya kualitas cetak profesional, beresolusi tinggi, warna cerah, dan teks yang tajam. Jika Anda ingin mencetak grafis secara penuh, warna cerah, 1 buah printer inkjet merupakan pilihan yang tepat. Printer jenis inkjet cocok untuk pemakaian tempat tinggal tangga, cukup kompak dan mudah untuk dipindah-pindahkan. Printer inkjet mencetak dengan kecepatan 5-20 halaman per menit, tergantung pada resolusi yang Anda gunakan dan apakah Anda mencetak gambar atau teks saja. Katrid printer inkjet biasanya hanya terdiri dari 2 macam saja, yakni hitam (black) dan warna (color). Tinta printer inkjet relative murah, tetapi kapasitas cetaknya gak banyak, hanya sekitar 50-80 lembar saja. Jadi biaya cetak perlembar untuk printer inkjet cukup tinggi.

Printer Laser

  • Printer Laser atau Laserjet, memakai teknologi pemanasan serbuk tinta (Toner). Karena itu, printer laser bisa mencetak dengan kecepatan tinggi dan kapasitas cetak yang besar. Printer laser sangat baik untuk pemakaian di kantor. Mereka sangat cocok untuk mencetak banyak dokumen dan mereka melakukannya dengan kecepatan cetak antara 6-40 halaman per menit. Toner printer laser memang kelihatan mahal, tetapi kapasitas cetaknya besar, bisa mencapai 1000-2000 lembar. Jadi biaya cetak perlembar untuk printer laser cukup murah.

Printer Foto

  • Jika Anda ingin mencetak foto Anda, 1 buah printer foto akan membantu Anda menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Beberapa tipe bahkan memiliki layar LCD untuk melihat foto sebelum dicetak, tanpa memakai komputer! Biasanya printer foto memakai teknologi inkjet atau sublimasi warna (dye sublimation). Printer foto memakai katrid tinta terpisah 4-6 warna.

Printer Multifungsi

  • Printer ini menggabungkan kinerja, konektivitas, kecepatan, dan kehandalan dengan harga yang pasti sesuai anggaran. Selain mencetak, Anda akan menemukan fitur seperti fax, copy dan scan. Jika Anda menjalankan bisnis, printer multifungsi bisa menjadi solusi yang ekonomis dan hemat ruang.

Printer Portable

  • Jika Anda melakukan perjalanan bisnis, pertimbangkan printer portabel. Printer jenis ini biasanya mampu menghasilkan cetakan berkualitas tinggi.

Printer Dot Matrix

  • Printer Dot Matrix sangat cocok untuk urusan didalam kantor. Dengan printer ini, Anda akan bisa mencetak pada kertas rangkap (NCR), mencetak faktur, surat jalan, dan banyak lagi. Pekerja keras sejati!

Fitur Yang Penting Dalam Sebuah Printer

Resolusi: Jumlah titik tinta per inci (dpi – dot per inch) pada halaman tercetak. Resolusi menentukan kualitas huruf atau gambar yang tercetak. Terlalu banyak printer juga sudah dilengkapi kemampuan untuk meningkatkan resolusi cetak melalui perangkat lunak (software). Terlalu banyak printer menghasilkan resolusi minimal 300 x 600 atau 600 x 600 dpi cukup keren untuk terlalu banyak pekerjaan cetak. Model yang lebih canggih menawarkan resolusi yang lebih tinggi untuk kualitas cetak profesional.

Ink per Toner Cartridges: Jenis printer Anda (laser atau inkjet) akan menentukan jenis katrid tintanya. Printer laser memakai katrid berkapasitas besar berisi serbuk tinta, sedangkan printer inkjet memakai katrid berkapasitas kecil berisi tinta cair. Printer inkjet type foto memiliki 4-6 cartridge yang terpisah untuk masing-masing warna, sedangkan printer inkjet biasa hanya berisi 1 cartridge tinta warna dan 1 cartridge untuk tinta hitam. Katrid tinta warna seperti yang dimiliki printer foto lebih hemat, karena Anda hanya perlu mengganti katrid tinta warna yang habis saja.

Jika Anda ingin kualitas cetak yang tajam dan jelas, perhatikan dengan cermat resolusi printernya – jumlah titik tinta per inci (dpi) pada halaman tercetak. Resolusi menentukan kualitas kata atau gambar yang tercetak, meskipun banyak printer sudah dilengkapi perangkat lunak yang bisa meningkatkan kualitas cetak. Terlalu banyak printer menghasilkan resolusi minimal 300 x 600 atau 600 x 600 dpi – cukup baik untuk terlalu banyak pekerjaan cetak biasanya. Tetapi, jika Anda berencana untuk mencetak gambar yang dipoles dan profesional, cari printer dengan resolusi yang lebih tinggi.

Jenis Tinta Kartrid Yang Tersedia

Printer mendapatkan tinta dari toner per drum cartridge atau kartrid tangki tinta. Dengan laser printer, yang memakai toner per drum, Anda wajib mengganti cartridge bila printer kehabisan tinta. Printer inkjet, yang memakai ink tank, Anda wajib mengganti atau mengisi ulang tanki saat mereka habis. Kedua jenis cartridge ini menghasilkan jumlah halaman yang bervariasi, meskipun Anda akan lazimnya mendapatkan lebih banyak halaman dari kartrid laser. Beberapa printer inkjet memakai 4-6 katrid warna tunggal untuk setiap warna, dan beberapa memakai cartridge tricolor (3 warna) dan hitam terpisah. Jika Anda berencana untuk mencetak banyak dokumen teks pada printer ink jet, Anda wajib mencari printer yang dilengkapi dengan tangki tinta hitam terpisah.

Perlu Kertas khusus Untuk Mencetak Foto Berkualitas

Belum tentu, tapi jika Anda ingin cetakan yang profesional, Anda mungkin ingin untuk mengambil beberapa kertas foto. Ini tersedia dalam berbagai jumlah, dan printer Anda mungkin datang dengan perangkat lunak untuk membantu Anda menghemat (misalnya, mencetak 2 foto dalam 1 lembar) dan mengurangi biaya kertas.

Sementara itu hasil penelusuran saya di internet untuk jenis­jenis printer baru atau printer terbaru, didapat hasil sebagai berikut:

  • Untuk printer canon, anda bisa melihat Canon Pixma MX392. Canon printer ini termasuk kedalam jenis printer all in one, dimana terdapat fitur automatic document feeder/ADF, Fax, dan Scan. Disamping tentu saja untuk mencetak berbagai macam dokumen yang anda butuhkan. Sehingga tidak heran jika printer canon pixma MX391 ini diberi label sebagai printer kantor atau office printer.
  • Untuk printer HP, anda bisa melihat printer HP Deskjet Ink Advantage 2520hc. Printer hp ini menggunakan teknologi ink advantage yang mampu menghemat pemakaian tinta tanpa harus mengurangi kualitas dari hasil cetakan. Sementara jika anda berniat untuk mencari printer hp all in one, anda bisa melihat printer HP deskjet 1050 meskipun printer ini tidak bisa dibilang printer model baru, namun dari search yang
    saya lakukan di internet, keyword “hp 1050” memiliki jumlah pencarian yang lumayan besar.
  • Untuk Printer Epson, anda bisa melihat Printer inkjet multifungsi Epson L355. Printer all in one ini selain dilengkapi dengan fitur cetak, scan, copy, fax, juga dilengkapi dengan fitur wireless dan kalau saya tidak salah printer Epson L355 ini dilengkapi juga dengan tabung infus original yang berada di samping kanannya, so anda tidak perlu melakukan printer modifikasi bagi kebutuhan cetak mencetak anda.Printer ini juga mampu menampung 100 lembar kertas A4 75 gram dan kertas foto glossy hingga 20 lembar berukuran A4, dengan posisi portrait. Dan menurut saya printer ini cocok untuk anda gunakan dalam kepentingan usaha UKM anda.
    Dan bagi anda yang tidak ingin terlalu repot dalam mempraktekan bagaimana cara infus printer, mungkin produk ini bisa menjadi salah satu pertimbangan pilihan anda dalam memilih dan beli printer. Dan lagi pula infus tinta printer nya dapat dengan mudah anda beli di toko printer yang ada di kota anda.
  • Untuk printer Brother, anda bisa melihat Brother MFC­J2510 Ink Benefit. Printer inkjet ini merupakan salah satu jenis printer all in one yang ada di pasar saat ini. Printer brother mfc­j2510 ini memiliki kelebihan yaitu mampu mencetak dengan posisi landscape, yang menjadikannya sebagai printer pertama di dunia yang mampu mencetak dengan posisi tersebut. Disamping itu, printer Brother terbaru ini juga dilengkapi dengan tinta Super High­Yield, tersebut memiliki kemampuan untuk mencetak hingga 1200 halaman dengan pengaturan cetak normal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE