oleh

Tips Memperbaiki Kendaraan Beroda Empat Dalam Keadaan Darurat

Dalam melaksanakan perjalanan dengan kendaraan beroda empat biasa maupun modifikasi mobil, ada saja hal yang dapat menjadikan kendaraan beroda empat kita menjadi bermasalah, terutama ketika kita dalam perjalanan jauh, bila dalam kota dan siang hari, dapat saja kita eksklusif ke bengkel terdekat untuk memperbaikinya, atau kalau itu sewa kendaraan beroda empat diserahkan saja ke pemilik perjuangan rental mobil.



Namun bagaimana bila perjalanan dilakukan malam hari di ketika bengkel sudah tutup dan kendaraan beroda empat kita mengalami masalah.

Untuk itu berikut ini ada beberapa tips dalam memperbaiki keadaan darurat menyerupai di atas :

1. Memperbaiki kondisi kendaraan yang terlalu panas

Tindakan: Menepilah ke daerah yang aman, hentikan kendaraan dan nyalakan lampu darurat, kemudian matikan mesin. Jangan membuka tutup radiator pada ketika mesin dan radiator masih panas, tunggu 15-30 menit, gres isi kembali radiator. Jika suhu normal, cek permukaan cairan, jikalau berkurang, mungkin terjadi kebocoran.

2. Memperbaiki radiator bocor

Tindakan: Bila kendaraan beroda empat sedang melaju, segera hentikan kendaraan, bila dipastikan air radiator kering, tunggu mesin hingga dingin. Setelah itu tuangkan air radiator sambil mengamati potongan yang bocor. Setelah diketahui potongan yang bocor tambal dengan buah pisang. Caranya belah pisang jadi dua kemudian parutkan ke potongan yang bocor. Tunggu 10 – 15 menit, gres kemudian isi radiator dengan air. Untuk berjaga-jaga bawalah adonan penambal radiator (radiator stopleak).

3. Memperbaiki long Tie – Rod bengkok

Tindakan: Untuk meluruskannya buka pin dan mur pengikat ujung tie-rod. Lepaskan lengan knuckle kemudi. Biasanya alasannya yaitu usang tak disentuh tie-rod sulit dicopot. Maka ketoklah dari potongan lengan knuckle dengan martil, hindari mengetoknya dari atas sehingga menciptakan ujung ulir baut melebar. Setelah dicopot lindas potongan tie-rod yang bengkok dengan tunjangan roda kendaraan lain, lakukan beberapa kali hingga lurus. Usahakan posisi tie-rod melintang, bukan sejajar dengan ban.
4. Memperbaiki penghapus beling yang tidak bekerja

Tindakah 1: Lap beling dengan kain yang higienis kemudian taburkan tembakau rokok ke seluruh permukaan kaca. Kemudian gosoklah dengan tangan.

Tindakan 2: Atau biasa juga dengan menyiramkan soft drink (minuman yang mengandung soda) dari atas sepanjang beling kemudian diseka dengan lap.

Tindakah 3 : Atau carilah pohon pisang, ambil pelepahnya, potong dan torehkan getah pelepah daun pisang ke seluruh permukaan kaca.

5. Memperbaiki beling dalam yang berembun

Tindakan : Basahi kain lap hingga lembab. Lalu oleskan sabun colek, sampo atau bubuk detergen ke salah satu sisi kain lap. Usap merata ke seluruh permukaan kaca. Kemudian lap dengan kain yang lembab tadi.

6. Memperbaiki lampu padam alasannya yaitu sekring putus

Tindakan: segera parkirkan kendaraan beroda empat di daerah yang aman. Lepas terminal lampu, ambil kabel sambung ke terminal negatif lampu yang terletak di sebelah kiri dari depan anda ke terminal negatif aki. Kabel satunya lagi tinggal pilih mau disambung bersahabat terminal atas atau jauh pada terminal kanan kemudian eksklusif dihubungkan ke terminal plus aki.

Terimakasih supaya bermanfaat;..

INFO UPDATE