oleh

Tips Memilih Printer Berkualitas Dan Bagus

Bagi anda yang belum begitu mengetahui tentang printer inkjet akan saya jelaskan sedikit. Printer inkjet adalah salah satu jenis printer yang bagus dan berkualitas untuk mencetak dengan kualitas professional dan printer ini memiliki resolusi yang tinggi serta mampu menghasilkan hasil cetakan warna yang cerah dan cetakan teks yang tajam. Printer ini memiliki daftar harga printer yang murah bila dibandingkan dengan jenis lainnya, sehingga banyak orang yang beli printer jenis ini untuk keperluan . Karena disamping harganya yang terjangkau, kualitas hasil cetakan baik untuk tulisan maupun grafis cukup bagus.

Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan printer inkjet ini untuk cetak foto. Kelebihan yang dimiliki oleh printer inkjet antara lain adalah desainnya yang relatif compatible dan mudah untuk anda pindahkan serta harga tinta printer nya yang murah dan ketersediaan dari stock tinta printer inkjet ini dapat dengan mudah anda temukan di toko komputer & printer yang ada di kota anda. Dan satu hal lagi yang hal lagi, ketersediaan service printer untuk jenis ini dapat dengan mudah untuk anda temui di kota­kota sekitar anda, bahkan tidak sedikit orang yang memang mengkhususkan usahanya dalam bidang bisnis printer termasuk jual­belinya. Baca juga Fungsi Jenis Printer

Printer inkjet memang memiliki reputasi yang bagus sebagai printer cetak dan juga cukup berkualitas dan handal untuk anda gunakan sebagai printer photo. Meskipun jika dilihat dari sisi keekonomisannya, printer jenis ini memiliki biaya operasional yang cukup mahal. Jadi bila anda ingin menggunakan printer anda untuk keperluan percetakan atau kantor, saya sarankan anda mencari jenis printer yang lain. Namun disamping kelebihan yang dimiliki oleh inkjet printer, ada satu kelemahan yang menurut saya banyak dialami oleh pengguna printer jenis ini, yaitu cartride printer nya yang cukup rentan rusak. Sehingga bila anda tidak hati­hati dalam mengisi ulang tintanya atau perawatan cartride yang anda lakukan tidak cukup bijak, tidak menutup kemungkinan anda akan sering beli cartride baru untuk printer anda tersebut. Untuk mengetahui artikel tentang tips merawat cartride printer, silahkan anda baca artikel sebelumnya yang saya posting. Untuk spesifikasi lengkapnya, anda bisa melihat di web yang bersangkutan.

Mengenai jenis­ – jenis printer yang ada di sekitar saat ini dan keterangan singkat tentang apa itu printer dan fungsi dari masing masing jenis printer tersebut, kini saya akan mengajak anda untuk memasuki inti dari dari artikel tips printer ini .Sebelum anda membeli, tentukan dahulu untuk apa printer tersebut akan anda gunakan beberapa referensi yang saya baca, berdasarkan fungsinya

Printer dibagi menjadi 5 macam, yaitu:

  • Printer untuk penggunaan di rumah.
  • Printer untuk pelajar/mahasiswa.
  • Printer untuk keperluan fotografi digital.
  • Printer untuk keperluan bisnis kecil.
  • Printer untuk perusahaan atau perkantoran.

Tentukan juga budget yang anda miliki. Besar kecilnya dana yang anda butuhkan untuk membeli sebuah printer tergantung kepada “untuk apa printer tersebut anda gunakan?”. Jika anda menggunakan printer anda untuk penggunaan rumah, pilihlah printer dengan rentang harga di bawah 1 juta dan pilihlah printer yang juga berfungsi sebagai printer warna. Begitu juga halnya dengan printer untuk pelajar/mahasiswa, pilihlah yang memiliki harga di bawah 1 juta dan jangan lupa usahakan untuk memilih printer warna atau anda bisa juga memilih printer all in one yang dilengkapi dengan scanner seperti printer HP Deskjet 1050.

Namun jika anda seorang fotografer atau anda terbiasa dengan cetak foto warna, maka pilihlah yang memiliki kemampuan untuk mencetak sebuah foto dengan kualitas terbaik. Printer inkjet memang terkenal dengan kehandalannya dalam mencetak image, tapi jika anda menggunakan inkjet sebagai printer cetak foto untuk keperluan bisnis fotografi maka dapat dipastikan biaya yang anda keluarkan akan sangat besar, dan satu hal yang tidak boleh anda lupakan adalah apakah anda membutuhkan kertas foto untuk mencetak foto anda tersebut.

Biasanya para pelaku bisnis foto digital akan memilih dan membeli printer dengan rentang harga hingga puluhan juta rupiah. Dan jika anda menggunakannya sebagai salah satu sarana untuk menunjang bisnis kecil anda/ukm, maka anda bisa memilih printer all in one dengan rentang harga 1 juta keatas. Serta jika printer tersebut anda gunakan untuk menunjang aktivitas kantor anda maka sebaiknya anda memilih printer multifungsi wireless atau non wireless dengan rentang harga diatas 3 jutaan. Perhatikan ukuran dari resolusi yang anda miliki. Resolusi sebuah printer yang disimbolkan dengan dpi akan menentukan kualitas dari hasil cetakkan anda baik berupa tulisan maupun gambar. Pada umumnya resolusi sebuah printer adalah 300 x 300 dpi dan 600 x 600 dpi dan sudah cukup bagus sebagai printer cetak untuk mahasiswa/pelajar dan saat ini sudah banyak printer standar yang dilengkapi dengan software untuk meningkatkan tingkat resolusi yang dimiliki. Namun semakin besar resolusinya maka akan semakin bagus juga kualitas cetakan anda. dan jangan lupa, sesuaikan kebutuhan resolusinya dengan kebutuhan pekerjaan anda, ‘coz semakin besar  resolusi maka harga akan semakin mahal.

Tentukan apakah anda lebih menyukai sebuah printer yang dilengkapi dengan cartride printer dengan tinta printer cair di dalamnya (atau yang biasa disebut dengan inkjet) atau sebuah printer laser dengan menggunakan katrid berkapasitas besar yang berisi serbuk tinta  Atau sebuah printer photo inkjet yang biasanya dilengkapi dengan 4 hingga 6 buah cartride di dalamnya? Apapun pilihan anda nantinya, pastikan bahwa printer yang anda beli akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada anda dalam menggunakannya terutama dalam melakukan isi ulang tinta printer tersebut. Dan yang tak kalah pentingnya adalah memudahkan anda dalam melakukan perawatan
atasnya dan dapat memberikan hasil cetak yang bagus dan berkualitas. Tidak semua printer akan kompatibel dengan komputer anda.

Pastikan bahwa printer yang anda beli tersebut compatible dengan komputer yang anda miliki, seperti misalnya seperti apa konektivitasnya, seperti apa kompabilitas drivernya, dan seperti apa perangkat lunaknya atau softwarenya. Jangan lupa untuk memperhatikan seberapa cepat printer anda dalam mencetak. Hal ini akan sangat penting bagi anda yang memang membutuhkan printer bagus baik dalam kualitas hasil cetakan ataupun kepada kecepatan mencetaknya.

Pada umumnya perkantoran akan sangat sering membutuhkan perangkat­perangkat dan peralatan komputer yang mampu cepat dalam memberikan output keluaran. Jika anda menggunakan printer anda untuk keperluan percetakan dan kantor, maka anda juga harus memperhatikan tentang seberapa besar kapasitas daya tampung kertasnya? Hal ini bisa anda lihat dari seberapa besar “baki” yang tersedia di printer anda tersebut. Atau anda bisa melihat spesifikasi lengkapnya pada brosurnya. Atau jika anda membelinya dari toko printer komputer online, anda bisa melihat keterangan yang tertulis di web penjual tersebut yang biasanya selalu mereka tampilkan, atau anda juga bisa bertanya secara langsung kepada customer servicenya tentang produk yang anda minati tersebut.

Selalu lihat spesifikasi yang ditanamkan kedalam printer yang anda minati tersebut. Jika belum jelas tentang spesifikasi tersebut, usahakan untuk tidak malu bertanya kepada penjualnya. Usahakan untuk selalu membeli printer yang dilengkapi dengan garansi resmi. Mintalah garansi akan produk printer yang anda beli kepada toko yang jual printer baik secara online maupun offline. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan ketersediaan layanan purna jual di kota anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed