oleh

Tips Membedakan Beras Asli Dan Beras Plastik

Tips Membedakan Beras Asli dengan Beras Plastik yang dioplos dengan beras asli, beras palsu itu berbahan dasar karet sintetis. Contoh kasus di pasar seorang ibu membeli beras dan memasaknya, alhasil beras itu tidak mengeluarkan bau yang khas seperti layaknya beras biasa.

Belakangan ini tersiar berita bahwa beras plastik yang berasal dari China sedang beredar luas dipasaran khususnya di Bekasi, oleh karena itu demi menjaga kesehatan keluarga, Anda harus lebih waspada untuk membeli beras. Apalagi jika Kami mengkonsumsi beras ini secara terus menerus tentunya sangat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.

Memang tidak mudah untuk membedakan beras plastik yang asli maupun yang palsu, karena jika di tatap dari segi fisik hampir tidak ada perbedaan sama sekali.

Berikut cara membedakan beras asli dengan beras plastik:

Beras Asli

  • Beras asli tampak bening namun terdapat warna putih susu di samping atau ujung beras
  • Tekstur kasar saat dipegang
  • Beras asli akan menyerap air setelah dimasak
  • Jika dimasukkan ke penanak tekstur berubah menjadi lembut
  • Saat dimasak akan mengeluarkan aroma harum seperti nasi biasa
  • Sesudah dimasak akan terasa manis saat dimakan karena ada glukosa dan karbohidrat

Beras Palastik

  • Ciri ciri beras plastik sintesis warnanya bening saja tidak ada titik putih
  • Tekstur lebih halus dan lembut
  • Saat dimasak akan mengeluarkan cairan dan mengambang
  • Jika beras plastik palsu akan lembek saat dimasukan ke penanak dan keras, saat diangkat dan dibiarkan akan keras kembali
  • Sedangkan beras plastik sintesis mengeluarkan aroma sangit saat dimasak
  • Cenderung berbau sangit dan beraroma bahan kimia

Ciri Ciri Beras Plastik China Dan Asli

Dilihat dari warnanya
Pertama kali hal yang wajib diperhatikan saat membeli beras yakni Anda harus melihat warnanya, pasalnya menurut Dewi warga Bekasi yang menemukan beras plastik sekalian menjadi korban ini mengatakan, beras plastik china warnanya bening sedangkan yang asli berwarna bening dan terlihat warna putih susu ditengahnya

Beras tidak lembek saat dimasak jadi bubur
Membedakan beras plastik china dan yang asli bisa memakai cara dimasak menjadi bubur. Beras buatan China teksturnya gak lembek saat dimasak bahkan cenderung tetap terlihat keras.

Saat dikonsumsi rasanya tawar
berat plastik jika dikonsumsi rasanya tawar gak seperti rasa beras pada biasanya, selain itu setelah mengkonsumsi beras ini, perut akan terasa mual dan sakit

Gak ada aroma beras
Perbedaan bisa Anda tatap saat mencucinya, Beras palsu saat dicuci gak akan tercium aroma khas beras pada biasanya

Saat dimakan akan terasa lengket
Selain rasanya aneh, Beras sintetis saat dimakan rasanya lengket di tenggorokan, selain itu nasi akan menempel di langit langit mulut Anda saat dikonsumsi

Demikianlah beberapa cara sederhana membedakan beras plastik buatan china dengan beras Asli. Untuk bisa memastikan palsu dan asli bisa terlihat jelas saat Anda memasaknya, karena pada biasanya beras asli akan menyerap air sedangkan yang palsu cenderung mengeluarkan air.

Demi kesehatan keluarga dan anak tentunya ciri ciri beras plastik china ini wajib diketahui secara jelas, supaya gak menimbulkan penyakit berbahaya yang gak di inginkan. Semoga artikel dari nitips.com ini bisa menjadi manfaat untuk menambah pengetahuan Anda..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE