oleh

Tips Atasi Pedih Ulu Hati Saat Hamil

Tips mengatasi pedih ulu hati ketika hamil – Pada ketika testpack telah mengatakan positif hamil, umumnya pasangan suami istri akan bersorak kegirangan mengingat buah cintanya selama ini telah ada di depan mata. Kebahagiaan dengan adanya kehamilan itu sudah sepantasnya dibarengi dengan perawatan kehamilan yang sesuai.

Dalam perjalanan kehamilan, banyak dijumpai keluhan – keluhan yang menciptakan bunda hamil menjadi kurang nyaman. Jangan kaget dengan keadaan itu, lantaran hampir semua ibu hamil mengalaminya. Mual, muntah, pusing, lelah dan pingsan sering kali muncul pada usia kehamilan muda trimester pertama. Tak berhenti hingga di situ, sesudah trimester pertama kehamilan telah berlalu akan muncul lagi keluhan yang lain menyerupai sakit punggung, sakit perut, sakit tulang belakang ketika hamil, kaki jerawat dan lain – lain.

Salah satu keluhan ibu hamil yang sering kali dijumpai yaitu rasa pedih di ulu hati terutama ketika usia kehamilan muda. Rasa pedih ini terkadang menciptakan ibu hamil merasa tak nyaman bahkan merasa kesakitan. Parahnya lagi perih di ulu hati ini terkadang dialami ibu hamil hampir sepanjang masa kehamilan berlangsung. Lalu bagaimana cara mengatasi keluhan ini ?

source of pixabay

Tips Mengatasi Pedih Ulu Hati Ketika Hamil

Perlu Anda ketahui bahwa pedih di ulu hati ketika sedang hamil itu disebabkan lantaran meningkatnya hormon progesteron selama kehamilan berjalan. Hormon progesteron yang meningkat itu berefek pada melonggarnya katub antara perut dan kerongkongan. Adapun langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan ini yaitu sebagai berikut :

1. Konsumsi Jus Lemon

Minuman menyegarkan ini ternyata tak hanya bisa menghilangkan dahaga, akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pedih di ulu hati lantaran jus lemon bisa menetralkan asam lambung serta menstabilkan asam lambung. Untuk mendapat manfaat lebih dari jus lemon ini sebaiknya anda minum dalam keadaan hangat.

2. Kunyah Permen Karet

Bagi Anda yang suka mengunyah premen karet, silakan kunyah premen karet untuk mengurangi keluhan ini. Premen karet yang dikunyah dalam waktu usang akan menghasilkan air liur yang banyak, sedangkan air liur tersebut bermanfaat untuk menetralkan asam lambung sehingga rasa nyeri di ulu hati akan mereda.

3. Minum Jahe Hangat

Wedang jahe semenjak zaman dulu telah dipercaya oleh masyarakat sebagai materi alami untuk mengatasi problem pada perut, menyerupai perut kembung, masuk angin dan lainnya. Pedih di ulu hati ketika hamil bisa diatasi dengan minum wedang jahe hangat dengan porsi sedang, tidak berlebihan. Adapun cara untuk menciptakan wedang jahe yaitu dengan mengkremasi jahe hingga matang kemudian digeprek kemudian dimasukkan ke dalam air panas dengan diberi sedikit gula.

4. Pola Makan Sehat

Selain lantaran peningkatan hormon progesteron, nyeri di ulu hati bisa juga diakibatkan lantaran contoh makan yang kurang baik, contohnya sering mengkonsumsi kuliner dan minuman yang mengandung kafein. Tak hanya itu, untuk menghindari keluhan ini sebaiknya Anda mengurangi konsumsi kuliner terlalu pedas dan banyak mengandung minyak. Oleh lantaran itu, selama kehamilan berlangsung, pastikan untuk mengkonsumsi  makanan sehat untuk ibu hamil

5. Berbaring Rileks

Ketika nyeri di ulu hati datang, coba baringkan tubuh Anda di tempat yang nyaman untuk beberapa saat. Bila perlu ambil bantal dan letakkan pada tempat sekitar dada atau punggung. Sebaiknya posisikan diri senyaman mungkin ketika berbaring supaya rasa sakit segera berkurang, jangan malah menekan perut dengan bantal atau alat lain lantaran bisa membahayakan keselamatan janin.

6. Pakaian Longgar dan Nyaman

Selain menerapkan contoh makan sehat, bunda juga perlu menerapkan contoh hidup yang sehat dan nyaman. Salah satu cara berpakaian yang baik untuk ibu hamil yaitu mengeankan pakaian yang kombor supaya tubuh tidak terasa panas. Pakaian sempit selain menciptakan diri tak nyaman bisa jadi menyebabkan keluhan kehamilan bermunculan, termasuk nyeri ulu hati.

Demikianlah isu mengenai tips atasi pedih ulu hati ketika hamil. Semoga kehamilan Anda berjalan dengan baik dan nyaman serta tak ada keluhan berarti..

News Feed