oleh

Tiongkok Siap Daratkan Wahana Antariksa Di Sisi Jauh Bulan

Sisi jauh Bulan. Kredit: NASA

 – Lembaga Antariksa Tiongkok telah mengumumkan rencana ambisiusnya untuk mendaratkan wahana antariksa tak berawak di sisi jauh Bulan pada tahun 2018. Mereka juga telah menyusun rencana untuk meluncurkan wahana antariksa ke Mars tahun 2020.

Berita ini muncul hanya beberapa bulan sehabis dua astronot Tiongkok berhasil menghabiskan 30 hari di dalam stasiun ruang angkasa Tiangong-2 milik mereka. Misi astronot Tiongkok tersebut merupakan misi terlama yang dihabiskan di orbit rendah Bumi.

“Untuk mengeksplorasi alam semesta yang luas, pengembangan industri luar angkasa dan membangun Tiongkok menjadi kekuatan antariksa di Asia ialah mimpi kami,” tutur Lembaga Antariksa Tiongkok menyerupai dikutip dari Associated Press.

Dengan peluncuran stasiun ruang angkasa Tiangong-2 yang berjalan sukses, Tiongkok telah menjadi negara ketiga di Bumi yang berhasil menuntaskan misi berawak ke antariksa, sehabis AS dan Rusia. Seperti yang diketahui bersama, Tiongkok dihentikan memakai Stasiun Luar Angkasa Internasional sehingga mereka tetapkan untuk menciptakan stasiun antariksanya sendiri.

Pengumuman rencana gres mereka untuk meluncurkan wahana antariksa untuk kedua kalinya ke Bulan (dan Mars) menunjukkan bahwa Tiongkok sedang mencoba untuk mengejar AS dan Rusia dalam hal eksplorasi ruang angkasa.

Beberapa pengamat bahkan percaya bahwa wahana antariksa yang akan didaratkan ke sisi jauh Bulan ini ialah langkah pertama bagi Tiongkok untuk risikonya dapat mendaratkan astronot di sana, meskipun tidak secara resmi telah mengumumkan untuk hal itu.

Sisi jauh Bulan sendiri merupakan wajah Bulan yang terus-menerus membelakangi Bumi kita alasannya ialah Bulan mengalami penguncian gravitasi. Sejauh ini, belum pernah ada wahana antariksa dari negara manapun yang mendarat di sana.

Tiongkok sendiri sudah pernah melaksanakan pendaratan wahana antariksa nirawak ke Bulan pada tahun 2013, yakni wahana antariksa Chang’e-3. Pendaratan tersebut menciptakan Tiongkok menjadi negara pertama yang mendaratkan wahana antariksa ke Bulan semenjak 40 tahun terakhir.

Jika nantinya Tiongkok benar-benar mendaratkan wahana antariksanya ke sisi jauh Bulan, hal tersebut dapat menjadi suatu prestasi yang akan bermanfaat bagi dunia ilmiah.

INFO UPDATE