oleh

Tiga Kawah Misterius Bulan Terpotret

— Wahana Lunar Reconnaissance Orbiter yang mengorbit Bulan menangkap tiga kawah misterius yang disebut “three amigos”. Kawah itu membentang sepanjang 450 meter dari timur bahari ke barat daya.

Tiga kawah ini berlokasi di 9,665 derajat LS dan 7,646 derajat BT Bulan. Tampaknya ketiganya terbentuk pada ketika bersamaan, berselisih beberapa menit satu sama lain. Kawah di barat daya berdiameter 180 meter, di tengah 150 meter, dan di timur bahari 125 meter.

Tim misi LRO ibarat diberitakan Daily Mail, Selasa (8/1/2013), menyatakan bahwa ketiga kawah tersebut terbentuk secara bersamaan. Bisa jadi, kawah terbentuk oleh satu komet yang menumbuk dan membentuk tiga kawah. Kemungkinan lain, ada 3 insiden tumbukan berbeda yang membentuk kawah.

Kalkulasi para ilmuwan menunjukkan, komet tersebut menumbuk dari arah timur laut, menumbuk permukaan Bulan dengan sudut rendah. Ini terlihat dari material bubuk yang terangkat dan menyebar sampai jarak 1 kilometer.

Melihat morfologi kawahnya, ada kemungkinan kawah di barat daya terbentuk lebih dulu, diikuti kedua kawah lainnya. Selisih waktu pembentukan kawah diperkirakan hanya beberapa menit. Karena terbentuk hampir bersamaan, ada bukit di antara kawah-kawah tersebut. [Daily Mail]

INFO UPDATE