oleh

Terlalu Banyak Bintang Untuk Dihitung

Bintang-bintang di alam semesta. Kredit: NASA

 – Menghitung bintang di langit malam, meskipun Anda bisa dan berhasil, itu tidak menghitung keseluruhan bintang di alam semesta. Anda hanya melihat bintang yang ‘dekat’ saja.

Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Secara umum sebutan bintang yaitu objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri.

Dalam astronomi, definisi Bintang adalah: 

Semua benda masif (bermassa antara 0,08 sampai 200 massa matahari) yang sedang dan pernah melangsungkan pembangkitan energi melalui reaksi fusi nuklir.

Oleh lantaran itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak memancarkan cahaya atau energi tetap disebut sebagai bintang.

Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Centaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.
Energi yang dihasilkan oleh bintang dari fusi nuklir memancar ke ruang angkasa dalam bentuk radiasi elektromagnetik dan radiasi partikel.
Radiasi partikel yang dipancarkan bintang terwujud dalam bentuk angin bintang, yang mengalirkan proton bebas, partikel alfa bermuatan listrik, dan partikel beta dari lapisan luar bintang.
Terdapat juga anutan tetap neutrino yang berasal dari inti bintang, walaupun neutrino-neutrino ini hampir tidak bermassa.
Bintang bersinar sangat terperinci jawaban produksi energi pada intinya, yang menggabungkan dua atau lebih inti atom dan membentuk inti atom tunggal unsur yang lebih berat serta melepaskan foton sinar gama dalam prosesnya.
Begitu energi ini mencapai lapisan luar bintang, energi ini berubah ke dalam bentuk lain energi elektromagnetik yang berfrekuensi lebih rendah, contohnya cahaya tampak.

Karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, semua bintang kecuali Matahari terlihat hanya ibarat titik yang bersinar di langit malam kalau dilihat dengan mata telanjang, dan berkelip jawaban dampak dari atmosfer Bumi.
Matahari juga yaitu sebuah bintang, namun berjarak cukup bersahabat dengan Bumi sehingga terlihat ibarat cakram di langit serta bisa menerangi Bumi.
Selain Matahari, bintang dengan ukuran tampak terbesar yaitu R Doradus, yang itu pun hanya 0,057 detik busur.
Tahukah Anda? Jumlah bintang di alam semesta diperkirakan mencapai 300 sextillion bintang. Penulisan: 30.000.000.000.000.000.000.000.

INFO UPDATE