oleh

Tempat Wisata Di Bandung

Tempat Wisata di Bandung memiliki banyak sekali peminat yang seolah tiada bosannya untuk mengunjungi kota Bandung, Jawa Barat dan menjadi tujuan akhir pekan untuk banyak orang, apalagi hari libur panjang, wisatawan bisa berlipat ganda pengunjung dan berwisata kesana. Banyak sekali yang merekomendasikan wisata Bandung untuk liburan yang menyenangkan, berikut ini adalah 12 tempat wisata paling dicari saat ini di Bandung.

1. Gunung Tangkuban Parahu

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu punya ketinggian setinggi 2. 084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan terlalu banyak adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung gak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.

Keunikan dari Gunung Tangkuban Perahu merupakan bentuknya yang menyerupai sebuah perahu terbalik, sesuai dengan legenda yang mengatakan bahwa Gunung Tangkuban Perahu berasal dari perahu yang ditendang sampai terbalik oleh Sangkuriang. Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah tempat wisata alam yang sudah menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling terkenal.

2. Gedung Sate

Gedung Sate, dengan ciri khasnya berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, sudah lama menjadi penanda atau markah tanah Kota Bandung yang gak saja dikenal masyarakat di Jawa Barat, tetapi juga semua Indonesia bahkan model bangunan itu dijadikan pertanda bagi beberapa bangunan dan tanda-tanda kota di Jawa Barat. Misalnya bentuk gedung bagian depan Stasiun Kereta Api Tasikmalaya. Mulai dibangun tahun 1920, gedung berwarna putih ini masih berdiri kokoh tetapi anggun dan sekarang berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat.

Bila Anda masuk ke dalam bangunan Gedung Sate, yang pertama kali Anda temui adalah seperangkat gamelan khas Sunda yang hanya dimainkan pada acara-acara tertentu saja, misalnya menjamu tamu spesial atau acara negara. Hampir semua bagian dari gedung ini merupakan perkantoran, termasuk ruang yang pada jaman dahulu kala digunakan sebagai penjara bawah tanah.

Suasana berbeda akan Anda dapatkan bila Anda naik ke lantai 4. Lantai 4 ini lazimnya digunakan untuk menjamu tamu spesial atau acara kenegaraan sehingga punya suasana yang lebih nyaman. Selain bisa melihat pemandangan indah dengan memakai teropong, di lantai 4 ini juga terdapat foto-foto kegiatan gubernur, dilengkapi dengan macam-macam cinderamata dan prasasti dari provinsi Jawa Barat.

3. Jalan Braga

Jalan Braga merupakan nama sebuah jalan utama di kota Bandung, Indonesia. Nama jalan ini cukup dikenal sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda. Sampai saat ini nama jalan itu tetap dipertahankan sebagai salah satu maskot dan obyek wisata kota Bandung yang dahulu dikenal sebagai Parijs van Java.

Bangunan-bangunan tua yang mengapit sepanjang Jalan Braga Bandung  dan para pelaku seniman pelukis yang memajang hasil kreatifitas lukisannya di pinggir jalan merupakan sebuah pemandangan art tersendiri yang bisa dinikmati oleh kita pada saat menyusuri jalan ini.

4. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Bandung, Indonesia, tepatnya di tempat Bandung Supermal. Trans Studio dibangun pada areal seluas 4, 2 hektare dengan investasi mencapai Rp2 triliun sehingga menjadikannya sebagai kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung. [1] Wahana yang terdapat menawarkan petualangan dan sensasi baru yang gak kalah menantang seperti pendahulunya yakni Trans Studio Resort Makassar yang dibuka pada tahun 2008. Trans Studio Bandung dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2011.

Trans Studio Bandung yang dibuka untuk umum pada juni 2011 ini punya 20 macam wahana permainan yang sangat menyenangkan dan memacu adrenalin. 20 wahana permainan itu dibagi menjadi 3 kawasan yang punya tema berbeda, yakni: Studio Central (suasana broadway), The Lost City (suasana alam), dan Magic Corner (suasana mistis). 3 kawasan ini punya wahana permainan yang berbeda-beda dan dinamai sesuai dengan program TV yang terdapat di Trans TV dan Trans7. Perlu diingat bahwa anak berusia kurang dari 7 tahun, atau belum mencapai tinggi badan minimum gak bisa main di beberapa wahana karena alasan keselamatan.

5. Situ Patenggang

Sana Patenggang atau Sana Patengan merupakan sesuatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung Selatan, Jawa Barat, Indonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Sana patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh.

Luas Sana Patenggang sekitar 45. 000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123. 077, 15 hektar. Sana patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

6. Kawah Putih

Kawah Putih merupakan sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, kemudian warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini merupakan airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, kemudian warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

7. Villa Isola

Villa Isola merupakan bangunan villa yang terletak di kawasan pinggiran utara Kota Bandung. Berlokasi pada tanah tinggi, di sisi kiri jalan ke Lembang (Jln. Setiabudhi), gedung ini digunakan oleh IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pengajaran) Bandung, yang sekarang menjadi Universitas Pengajaran Indonesia-UPI). Villa Isola adalah salah satu bangunan bergaya arsitektur Art Deco yang banyak dijumpai di Bandung.

Villa Isola dibangun pada tahun 1933, milik 1 orang hartawan Belanda bernama Dominique Willem Berretty. Kemudian bangunan mewah yang dijadikan tempat tinggal tinggal ini dijual dan menjadi bagian dari Hotel Savoy Homann. Perkembangan lebih lanjut, ia dijadikan Gedung IKIP (sekarang UPI) dan digunakan sebagai kantor rektorat.

Villa Isola memadukan gaya art-deco dengan gaya arsitektur Jawa, terlihat dari diaplikasikannya orientasi kosmik Utara-Selatan. Terdapat 1 buah taman di depan bangunan yang diguyur dengan warna putih ini, memanjang ke arah Tangkuban Perahu.

Setiap ruang Villa Isola memiliki jendela dan pintu kaca berukuran besar sehingga tampak menyatu dengan alam. Naiklah ke lantai paling atas dan tengok ke bawah. Kamu akan melihat atap lantai 2 dan undak-undakan teras bawah yang melengkung. Imajinasimu akan melayang, membayangkan sedang berada di atas dok kapal. Benar, bangunan art-deco yang 1 ini mengadopsi bentuk kapal pesiar.

8. Parahyangan

Parahyangan atau Priangan (Bahasa Belanda: Preanger) adalah daerah kebudayaan Sunda di Jawa Barat yang luasnya mencakup wilayah Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Cimahi, Bandung, Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

9. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung merupakan merupakan salah satu obyek wisata alam yang terdiri dari flora dan fauna yang berada di kawasan kota Bandung, Jawa barat. Alamat lengkap Kebun Hewan Bandung adalah di Jl. Tamansari, Bandung, Jawa Barat.

Kebun Hewan Bandung merupakan sebuah wahana yang bisa dimanfaatkan oleh para kalangan edukatif untuk menambahkan pengetahuan dan untuk menghasilkan butir-butir pengetahuan baru yang tentunya bisa berguna dan sangat berguna bagi kehidupan masyarakat sekitar. Wisata berupa Kebun Hewan Bandung ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obyek riset atau penelitian di berbagai keilmuan.

Untuk memasuki Tempat wisata kebun hewan Bandung, anda hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp 20. 000, -/orang untuk setiap pengunjung dengan usia di atas 3 tahun dan gratis untuk anak dibawah 3 tahun. Pertanyaan lain yang sering muncul dari pengunjung merupakan kebun hewan bandung buka jam berapa? Sebagai informasi, Kebun Hewan Bandung Buka Setiap hari jam 08. 00-16. 00 WIB.

10. Trans Studio Mall Bandung ( TSM )

Trans Studio Mall Bandung merupakan pusat pembelanjaan terbesar di Bandung yang upacara diresmikan hingga upacara pembukaan sejak pada tanggal 25 Oktober 2001 dengan nama Bandung Supermal, dengan lokasi yang strategis di dekat Jalan Jenderal Gatot Subroto. Mal ini terdiri dari 5 lantai dengan penyewa-penyewa yang sudah terkenal sebagai perusahaan besar baik skala nasional maupun internasional antara lain Metro Department Store, Gramedia, TSM XXI, Trans Studio Bandung, Hero Supermarket, dan masih banyak lagi. Mal ini adalah bagian dari CT Corp, milik konglomerat Chairul Tanjung.

Gak salah jika Kawasan Trans Studio Bandung disebut sebagai one stop tourism. Menginap mewah bisa dilakukan di The Trans Luxury Hotel, yang bujetnya lebih miring tapi tetap nyaman ada ibis Bandung Trans Studio. Ingin rekreasi ada Trans Studio Bandung, dan sekarang tinggal urusan belanja di TSM.

TSM merupakan destinasi wisata belanja yang berkelas. Beberapa produk-produk fashion internasional membuka tenant di sini. Sebut saja merek high end seperti Aigner, Armani Jeans, Hugo Boss, Red Valentino, Salvatore Ferragamo, Tods, Tommy Hilfiger dan Versace.

11. Stadion Siliwangi

Stadion Siliwangi merupakan sebuah stadion yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat. Stadion ini berada di Jln. Lombok Bandung, saat berdirinya memang lebih diperuntukkan bagi pembinaan jasmani anggota Kodam III/Siliwangi. Hal itu karena memang Stadion Siliwangi adalah milik Kodam III/Siliwangi, bukan milik Pemprov Jabar atau Pemkot Bandung. Seiring belum dimilikinya stadion yang lebih representatif di Kota Bandung untuk menggelar kegiatan olahraga yang besar, stadion dengan kapasitas sekitar 25. 000 penonton itu seolah identik dengan kandang Persib Bandung.

12. Stadion Si Jalak Harupat

Stadion Si Jalak Harupat merupakan sesuatu stadion olahraga yang berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan salah satu orang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung yakni Otto Iskandardinata.

Sekarang stadion itu menjadi milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Persikab Bandung, yang merupakan wakil Kabupaten Bandung di Liga Indonesia menjadikan stadion itu sebagai kandangnya. Begitu pula dengan tim sekota Persikab, Persib yang menjadikan stadion ini sebagai homebase mereka.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE