oleh

Tempat Wisata Alam Di Bandung Dan Sekitarnya Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Alam di Bandung dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi – Bandung merupakan sebuah ibukota dari daerah provinsi Jawa Barat. Bandung sendiri merupakan wilayah yang terluas ketiga sehabis Jakarta dan Surabaya. Kota yang disebut dengan sebagai Kota Kembang ini juga termasuk kedalam kota metropolitan yang terbesar diwilayah Jawa Barat. Wilayah yang populer dengan Gedung Sate sebagai pusatnya memiliki aneka macam macam tempat wisata terutama wisata alam. Jika anda mengunjungi Bandung tidak cukup rasanya hanya untuk dua atau tiga hari saja. Karena terdapat banyak sekali tempat wisata alam di Bandung yang saying untuk dilewatkan. Dari sekian banyaknya berikut ini beberapa tempat wisata alam di Bandung yang wajib anda kunjungi.

1. Kawah Putih

Kawah Putih

Kawah ini terletak dikawasan Ciwidey didaerah Bandung Selatan. Tempat wisata alam di Bandung ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang tingginya mencapai 2.434 meter dari permukaan laut. Kawah ini juga sanggup menunjukkan suhu yang sangat cuek yaitu sanggup mencapai 8 derajat Celcius  Kawah Putih memiliki dua tebing kerikil yang merupakan sebagai pembatas untuk kawah tersebut. Tebing tersebut terbuat dari kerikil kapur yang berwarna kelabu. Kedua tebing tersebut diberi nama sebagai tebing Sunan Ibu dan Sunan Rama. Warna air untuk dikawah tersebut sering berubah-ubah tergantung dari faktor cuaca, keadaan suhu diwilayah tersebut serta kandungan unsur welirang didalam airnya. Apabila pagi hari atau dikawah tersebut terjadi hujan maka air tersebut berwarna putih dengan selipan kabut tipis yang bertebaran dan kabut itu perlahan-lahan akan berubah warna menjadi putih keabu-abuan. Ketika matahari terbit warna air tersebut tidak lagi berwarna putih melainkan menjadi warna emas alasannya yakni pantulan dari matahari yang terbit dari lereng pegunungan. Ketika siang hari dan cuaca cerah warna airnya pun bermetamorfosis warna hijau dengan sedikit kebiruan. Tempat ini menjadi sangat indah alasannya yakni selain dari air kawahnya yang sanggup berubah-ubah pasir dikawah ini berwarna putih dengan bebatuan yang berada disetiap pinggirannya serta flora cantigi (Vaccinium) yang menciptakan Kawah Putih tersebut semakin indah.

2. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Terletak disebelah utara kota Bandung tepatnya di Cikole Lembang, tempat wisata alam di Bandung ini merupakan sebuah gunung yang sekilas memang terlihat ibarat bahtera yang terbalik. Didalamnya terdapat sebuah kawah yang hampir sama dengan Kawah Putih. Yang berbeda yakni jalanan untuk menikmati tempat wisata ini lebih banyak bebatuan untuk dipijaki dibanding dengan Kawah Putih. Tetapi keindahan Tangkuban Perahu ini tidak kalah menariknya. Gunung Tangkuban Perahu tersebut tergolong gunung berapi yang masih aktif dan sering mengeluarkan gas sulfur tetapi termasuk kedalam kategori wilayah yang kondusif untuk dikunjungi. Terdapat juga sebuah legenda yang disangkut-pautkan dengan terjadinya Gunung Tangkuban Perahu yaitu kisah legenda Sangkuriang. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung untuk menikmati indahnya tempat ini.

3. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Situ yang berarti danau merupakan tempat wisata alam di Bandung yang selanjutnya. Selain dari higienis dan asrinya air di Situ Patenggang, anda juga sanggup melihat disekitarnya terdapat hamparan perkebunan daun teh yang bagaikan permadani hijau dikaki langit. Ditempat wisata alam ini juga sudah terdapat aneka macam objek dan wahana yang sanggup anda lakukan dan nikmati bersama keluarga diantaranya anda sanggup menikmatinya dengan memakai sepeda air, bahtera angsa, memancing, mengunjungi Batu Cinta serta mengelilingi Pulau Asmara. Atau sanggup juga anda menikmatinya dengan mengelilingi kebun teh atau hanya sekedar duduk ditepi danau tersebut.

4. Air Panas Ciwalini

Air Panas Ciwalini

Jika anda merasa cuek di Bandung dan ingin menghangatkan diri anda, silahkan anda mengunjungi kekaki gunung perkebunan teh walini Ciwidey. Karena ditempat ini tersedia pemandian kolam air hangat. Terdapat dua kolam yang berada di Air Panas Ciwalini yaitu kolam renang untuk belum dewasa dan untuk dewasa. Terdapat juga kolam renang yang khusus jikalau anda menginginkan kolam renang yang tertutup dan pribadi. Kita juga akan diberikan teh orisinil buatan daerah Patuha secara gratis saat sudah membayar tiket masuk. Air panas Ciwalini ini bersumber dari air panas Gunung Patuha. Kolam air disini sangat jernih, terawat dan sangat terjaga kebersihannya serta tidak akan tercium amis belerang. Selain kolam renang, Air Panas Ciwalini juga menyediakan area rekreasi ibarat flying fox, ATV ride, penyewaan sepeda, dan akomodasi lainnya.

5. De’Ranch

De’Ranch

Bagi anda yang menyukai berkeliling memakai kuda dengan suasana lingkungan yang sangat asri apa salahnya untuk tiba dan mencoba di De’Ranch. Tempat wisata alam di Bandung ini menyediakan aneka macam macam acara yang sanggup anda lakukan bersama keluarga diantaranya berkuda mengelilingi wialayah De’Ranch yang sangat hijau dan asri, naik delman bersama keluarga, berguru memanah, dan lain sebagainya. Menunggang kuda sambil menikmati hijaunya pemandangan alam sanggup menciptakan pikiran kita jauh lebih santai dan tenang. Anda juga sanggup menikmati susu yang diperah pribadi dari hewannya atau sanggup juga membeli tumbuhan kaktus sebagai tumbuhan hias dan koleksi dirumah.

Baca juga 10 Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Menarik untuk DiKunjungi.

6. Taman Hutan Jaya Giri Lembang

Taman Hutan Jaya Giri Lembang

Di Bandung terdapat banyak hutan yang masih dilestarikan salah satunya yakni Taman Hutan Jaya Giri Lembang. Nama hutan yang diambil dari nama kampung didaerah tersebut memiliki suhu sekitar 18-29 derajat Celcius.  Tempat wisata alam di Bandung ini terletak disekitar daerah Gunung Tangkuban Perahu dengan sekitar 1250-1500 meter dibawah permukaan laut. Terdapat banyak keutamaan dari Taman Hutan Jaya Giri Lembang ini diantaranya udaranya masih sangat sejuk dan asri dengan aroma khas hutan lembap alasannya yakni masih banyaknya flora yang masih terawan dan terjaga dihutan ini. Banyak para pendaki gunung yang sering mendaki ke hutan ini alasannya yakni hutan ini terdapat banyak petunjuk arah untuk pendaki gunung, selain itu juga terdapat wc, tempat penginapan untuk pendaki, pos jaga, serta tempat sampah dengan maksud supaya hutan ini higienis dari sampah.

7. Pasar Apung Lembang

Pasar Apung Lembang

Ternyata di Bandung terdapat juga sebuah pasar yang sanggup mengapung. Pasar yang berada didaerah Lembang ini merupakan satu-satunya pasar terapung yang terdapat didaerah Bandung. Hal yang menarik dari Pasar Apung Lembang dibanding dengan pasar apung yang lainnya yakni jikalau pasar apung yang lain memakai sungai sebagai objek airnya sedangkan pasar ini memakai danau sebagai objek aktifitasnya. Pasar Apung Lembang ini bangkit diantara dua situ yaitu Situ Umar dan Situ Karang Putri dengan luas air sekitar 7 hektar. Tempat wisata alam di Bandung ini menampilkan danau yang jernih dan higienis dengan keindahan pedesaan yang kebanyakan dipenuhi dengan perkebunan disekelilingnya. Terdapat banyak wisata masakan dan juga wisata air yang terdapat di Pasar Apung Lembang ini. Untuk wisata kulinernya ada Tahu Lembang, bakso tahu, colenak, lotek, dan lain sebagainya yang terutama jenis kuliner khas Bandung. Untuk wisata airnya kita sanggup menikmati sepeda air, sampan, member makan ikan, dan lain sebagainya.

8. Air Panas Ciater

Air Panas Ciater

Tempat wisata alam di Bandung yang selanjutnya yakni Air Panas Ciater. Wisata ini berjarak 30 kilometer dari utara kota Bandung lebih tepatnya berada diperbatasan antara Bandung dengan Subang. Sumber air panasnya berasal dari Gunung Tangkuban Perahu dengan suhu 36-42 derajat Celcius. Air Panas Ciater ini sanggup menyembuhkan aneka macam macam penyakit dan sanggup merelaksasikan badan anda. Banyak wisatawan yang tiba ke Air Panas Ciater ini untuk menyembuhkan penyakit atau sekedar rekreasi.

News Feed