oleh

Teleskop Antariksa Hubble Jepret Ukiran Dua Galaksi Spiral

Tabrakan dua galaksi spiral masif LEDA 18516. Kredit: NASA/ESA/Hubble

 – Baru-baru ini, Teleskop Antariksa Hubble berhasil menangkap gambar dari gesekan kosmik yang sedang berlangsung antara dua galaksi spiral masif yang dikenal sebagai LEDA 18516, terletak di rasi bintang Lepus sekitar 500 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Juga dikenal sebagai IRAS 06076-2139, LEDA 18516 terdiri dari dua galaksi spiral yang awalnya terpisah namun sekarang saling melaju menabrak satu sama lain dalam kecepatan sekitar 2 juta kilometer per jam.

Dengan kecepatan tersebut, kedua galaksi akan bergabung dalam jutaan tahun mendatang menjadi sebuah struktur galaksi gres yang berbentuk elips, bukan spiral lagi.

Sekadar informasi, interaksi antara dua galaksi ibarat ini merupakan pemandangan yang umum bagi Teleskop Antariksa Hubble, dan telah usang menjadi bidang studi bagi para astronom. Perilaku menarik dari interaksi galaksi dapat terjadi dalam banyak kasus: kanibalisme galaksi, pelecutan galaksi, dan bahkan gesekan galaksi.

Galaksi Bimasakti kita sendiri pada karenanya juga akan menjadi korban gesekan galaksi dalam 4,5 miliar tahun mendatang. Galaksi kita akan bertabrakan dan bergabung dengan galaksi Andromeda yang sekarang diketahui bergerak dengan kecepatan 300 kilometer per detik.

Namun, diperkirakan nasib Bimasakti nantinya tidak akan terlalu mengkhawatirkan. Walaupun galaksi Bimasakti dan galaksi Andromeda dihuni oleh miliaran bintang, jarak antar-bintang secara individual sangatlah besar sehingga mungkin hampir tidak akan ada gesekan bintang yang akan terjadi selama proses penggabungan kedua galaksi miliaran tahun mendatang.

Gambar LEDA 18516 ini merupakan campuran dari eksposur terpisah yang diperoleh oleh instrumen Wide Field Camera 3 dan Advanced Camera for Surveys (ACS) yang keduanya disematkan pada Teleskop Antariksa Hubble.


Sumber: NASA Hubble.

INFO UPDATE