oleh

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Waktu Shalat Hajat Yang Mustajab

Tata Cara Niat Dan Bacaan Doa Waktu Shalat Hajat Yang Mustajab – Shalat hajat yakni merupakan sholat yang di laksanakan ketika kita punya tujuan, baik secara urusan dun’yawi atau ukhrowi, contohnya kita ingin sukses dalam melaksanakan ujian, ingin cepat naik haji dan sebagainya. Dengan hal menyerupai itu segala kebutuhan dan rencana kita semuanya dihadapkan pada yang maha kuasa supaya ada dalam kesuksesan dan keselamatan baik dunia maupun Akherat, alasannya yakni Alloh lah yang maha mengetahui atas segala-galanya.

Adapun waktu untuk melaksanakan shalat hajat itu tidak di tentukan siang maupun malam, asalkan jangan pada waktu yang di haramkan, contohnya pada waktu terbitnya mata hari,sesudah waktu ashar dan setelah waktu shubuh, selain waktu itu bebas untuk melaksanakan shalat hajat. Bahkan seharusnya bagi kita setiap mempunyai kebutuhan melaksanakan shalat hajat, alasannya yakni arti shalat secara bahasa yakni Do,a. Firman Alloh “Dan mintalah dukungan ( kepada Alloh ) dengan shabar dan shalat.(Al-baqarah:45)

Sholat hajat dilaksanakan dengan cara tidak berjama’ah, minimal dua rakaat dan maksimal empat rakaat. Bila dilaksanakan di malam hari setiap dua rakaat sekali salam, dan bila dilaksanakan di siang hari, maka boleh empat rakaat dengan sekali salam dan seterusnya.Waktu yang paling utama di kerjakannya sholat hajat yakni pada malam hari sekitar pukul 12 hingga menjelang terbitnya fajar shidiq alasannya yakni di antara jam itu ada yang dinamakan sa’atul ijabah(saat diterimanya Doa) dan juga pada waktu malam itu mempunyai banyak faidah, pesan yang tersirat serta keistimewaannya.

Sabda Nabi Saw “Siapa yang berwudhu dan tepat wudhunya, lalu shalat dua rakaat ( shalat
hajat) dan tepat rakaatnya maka Alloh berikan apa yang Ia pinta cepat atau lambat”(HR. Ahmad)
Berikut Tata Cara Shalat Hajat yang benar dan bacaannya
1. Niat shalat hajat dalam hati berbarengan dengan takbirotul ihrom

أصلي سنة الحاجة ركعتين لله تعالى

USHALLII SUNNATAL HAAJATI RAKATAINI LILLAHI TAALAA

(Saya berniat melaksanakan shalay sunah hajat dua rakaat dengan menghadap qiblat semata-mata karana Alloh Swt)
2. Membaca Do’a Iftitah.
3. Membaca surat Fatihah.
4. Membaca salah satu surat di dalam al-Qur’an afdolnya, rakaat pertama mambaca surat al-Kafirun
    sepuluh kali dan rakaat ke dua surat al-ikhlas sepuluh kali .
5. Ruku dengan membaca tasbih tiga kali.
6. I’tidal dengan membaca bacaannya.
7. Sujud yang pertama dengan membaca tasbih tiga kali.
8. Duduk di antara dua sujud dengan membaca bacaannya.
9. Sujud yang kedua dengan membaca tasbih tiga kali.
10.Setelah rakaat pertama, lakukan rakaat kedua sebagai mana cara di atas, lalu tasyahud akhir
    setelah selesai maka membaca salam dua kali, bila di laksanakan empat rakaat dengan satu salam
    maka setelah dua rakaat eksklusif bangkit tanpa menggunakan tasyahud awal, selanjutnya rakaat ke tiga
    dan keempat lalu tasyahud akhir, setelah selesai membaca salam dua kali.
11.Setelah salam sujud syukur dua kali sambil memohon kepada Alloh segala apa yang kita maksud
    supaya hajat kita segera di terima oleh Alloh Swt.

Bacaan Doa Sholat Hajat Arab Latin Dan artinya

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

Artinya :Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah saya memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh laba pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang menerima kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Itulah yang sanggup kami sampaikan Tata cara niat dan bacaan doa setelah sholat hajat arab, latin lengkap dengan artinya, namun sanggup dilaksanakannya hanya untuk orang yang punya keyakinan dengan di dasari rukun iman dan juga punya dasar islam, begitu juga kami telah menyajikan dalam artikel selanjutnya panduan sholat jenazah, sholat dhuha, sholat tahajud, isikharah, taubat, tasbih dan masih banyak yang lainnya. Semoga dengan adanya artikel kami ini ada keuntungannya bagi kita semua.

News Feed