oleh

Tanda Awal Kehamilan Pertama Yang Wajib Diperhatikan

Bagi pasangan pengantin baru, melihat tanda awal kehamilan pertama tentu sangat membahagiakan. Beberapa orang menjumpai beberapa tanda-tanda yang dikira sebagai tanda kehamilan tapi kenyataannya mereka tidak hamil. Di sisi lain, ada beberapa perempuan yang sama sekali tidak menyadari terhadap ciri-ciri orang hamil yang muncul pada diri mereka.

Sudah sepantasnya, perempuan yang sudah menikah mengetahui wacana tanda awal kehamilan lantaran kehamilan yang diketahui semenjak dini akan segera diperlakukan dengan baik.

Sebaliknya, kalau kehamilan tidak segera diketahui maka ibu hamil sanggup saja melaksanakan banyak sekali macam acara yang membahayakan kehamilan. Tak jarang ibu hamil yang mengalami keguguran gara-gara tidak menyadari kalau dirinya lagi hamil.

(foto : pixabay.com)

Tanda Awal Kehamilan Pertama

Untuk itu, penting kiranya bagi ibu hamil untuk mengetahui tanda-tanda awal kehamilan yang biasanya sudah mulai muncul semenjak minggu-minggu awal. Di bawah ini yakni beberapa tanda awal kehamilan pertama yang lazim dialami oleh para perempuan hamil :

1. Payud*ra abses dan nyeri

Sejak ahad awal kehamilan, ibu hamil akan mencicipi perubahan pada kepingan payud*ra, yaitu payud*ra menjadi terlihat bengkak, sesak, nyeri dan sensitif terhadap sentuhan. Perubahan ini terjadi sebagai respon alami ibu hamil untuk mempersiapkan ASI. Nyeri payud*ra di awal masa kehamilan sangat seolah-olah dengan nyeri payud*ra jelang menstruasi.

Nyeri payud*ra tidak hanya terjadi di awal masa kehamilan dan jelang menstruasi, namun nyeri payud*ra juga sanggup terjadi lantaran imbas samping pil KB. Oleh lantaran itu, silakan perhatikan tanda kehamilan yang lain untuk menguatkan dengan kehamilan Anda.

2. Areola gelap

Salah satu tanda awal kehamilan pertama yakni areola (area sekitar put!ng) terlihat menjadi lebih gelap daripada sebelumnya. Perubahan areola ini dipengaruhi oleh perubahan hormonal pada tubuh ibu hamil. Perubahan areola kadang terjadi di awal masa kehamilan, namun ada juga yang gres menjumpai perubahan areola ketika kehamilan masuk usia pertengahan.

3. Bercak darah

Pada awal kehamilan, ibu hamil biasanya menjumpai bercak darah yang keluar tidak terlalu banyak. Beberapa perempuan mengira bercak darah tersebut sebagai darah menstruasi, padahal sebetulnya bercak darah kehamilan sangat berbeda dengan darah haid.

Dilihat dari warnanya saja sudah kelihatan, darah haid warnanya merah kehitaman, sedangkan bercak darah tanda kehamilan cenderung berwarna merah muda. Bercak darah ini keluar dari jalan lahir sebagai imbas dari proses implantasi (menempelnya embrio pada dinding rahim).

4. Badan ibu hami muda terasa sangat lelah

Setelah melaksanakan banyak aktivitas, biasanya tubuh terasa sangat lelah, namun berbeda dengan perempuan yang sedang hamil muda, meskipun tidak melaksanakan banyak acara ibu hamil muda akan mencicipi kelelahan. Kelelahan yakni salah satu tanda awal kehamilan pertama yang disebabkan lantaran peningkatan hormonal ibu hamil. Peningkatan hormon mendorong beberapa organ tubuh untuk bekerja lebih keras sehingga tubuh akan terasa lelah meski tidak banyak beraktivitas.

5. Mual dan muntah

Di dikala awal masa kehamilan, Anda akan mencicipi mual muntah terutama di pagi hari. Mual muntah ini disebabkan lantaran perubahan hormonal semenjak pembuahan terjadi. Rasa mual yang terjadi di awal kehamilan termasuk tanda awal kehamilan pertama yang masuk akal dan normal. Anda tidak perlu takut dengan kondisi ini, kecuali kalau mual muntah ini terjadi sangat berlebihan sampai menciptakan Anda lemas tak berdaya, silakan segera konsultasi ke dokter.

6. Sering pipis

Jangan heran kalau Anda menjadi sering merasa ingin pipis di awal masa kehamilan. Peningkatan hormon menciptakan 0rgan ginjal bekerja lebih keras sehingga kandung kemih lebih cepat penuh, wal hasil ibu hamil menjadi lebih sering pipis. Semakin bertambah usia kehamilan, ibu hamil akan menjadi lebih sering pipis lantaran kandung kemih tertekan oleh rahim yang kian membesar.

7. Indra penciuman sensitif

Sebagai salah satu tanda awal kehamilan pertama, ibu hamil akan mencicipi suatu kondisi dimana indra penciuman menjadi lebih sensitif. Aroma masakan yang menyengat membuatnya semakin mual dan ingin muntah. Tak hany aroma masakan saja, amis asap rokok dan amis parfum juga menciptakan ibu hamil muda merasa mual.

8. Tidak haid

Sudah bukan belakang layar lagi kalau orang hamil itu niscaya tidak haid. Ketika seseorang positif hamil maka siklus haid akan terhenti, namun perlu Anda ketahui bahwa telat haid sanggup saja terjadi lantaran selain kehamilan, contohnya lantaran duduk perkara homonal, kelelahan dan pikiran stress. Untuk memastikan kehamilan Anda, silakan tes dengan alat test pack.

Itulah 8 tanda awal kehamilan pertama yang sanggup kami tulis. Semoga info singkat ini sanggup menambah wawasan wacana kehamilan. Salam

INFO UPDATE