oleh

Supergugus Galaksi Raksasa Ditemukan Di Erat Bimasakti

Citra inframerah letak supergugus galaksi Vela. Kredit: UNA

– Sekelompok astronom dari Universitas Nasional Australia (UNA) berhasil menemukan adanya salah satu dari supergugus galaksi terbesar di alam semesta yang berada di bersahabat galaksi Bimasakti.

Profesor Matthew Colless yang memimpin inovasi ini mengatakan, supergugus galaksi yang dinamakan Vela ini belum pernah ditemukan sebelumnya alasannya ialah disembunyikan oleh bintang-bintang dan abu di galaksi Bimasakti. Penemuannya berhasil dilakukan alasannya ialah massa besar supergugus galaksi tersebut menghipnotis gerak galaksi kita.

“Ini ialah salah satu supergugus galaksi terbesar di alam semesta, dan mungkin juga yang terbesar di lingkungan galaksi kita, tapi tentu masih perlu dikonfirmasi oleh studi lebih lanjut,” kata Profesor Colless menyerupai dikutip dari Phys.org.

Supergugus galaksi sendiri merupakan struktur terbesar yang pernah diketahui di alam semesta. Struktur ini terdiri dari gugus galaksi yang minimal sanggup mencapai lebar 200 juta tahun cahaya. Sementara gugus galaksi ialah kumpulan dari puluhan galaksi. Supergugus galaksi Vela diperkirakan berjarak sekitar 800 juta tahun cahaya dari Bumi.

Penelitian ini diterbitkan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society.

INFO UPDATE