by

Sunnah Rasulullah Saat Berpakaian

Sunnah Rasulullah Saat Berpakaian – Pakaian merupakan kebutuhan hidup sekaligus cermin perilaku kita. Pakaian yang baik adalah pakaian yang diridhoi oleh Allah SWT. Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup aurat dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya.

Dalam Islam berpakaian memiliki kedudukan tinggi karena dapat menutup aurat dan menjaganya.Bahkan, mendapat pahala jika mengikuti sunah-sunah berpakaian yang diajarkan Rasulullah SAW . segala kegiatan aktivitas sehari-hari selalu bernilai ibadah jika dikerjakan dengan mengikuti aturan-Nya. Dan begitulah yang dicontohkan Rasul agar kita mendapat keberkahan atas apa yang kita rutinitas yang dilakukan. Termasuk tentang untuk urusan berpakaian bagai mana yang layak dan di sunnahkan dalam berpakaian. Berikut merupakan sunnah yang kerap dilakukan Rasulullah SAW yang hendaknya kita amalkan dam melakukannya. Pastinya sebuah kebaikan jika Nabi terakhir ini selalu melakukan hal demikian yang di anjurkan dalam Islam. baca juga Adab Sebelum Tidur Rasulullah SAW.

Berikut merupakan pesan Rasulullah SAW dalam memilih pakaian yang baik:

  1. Pakaian yang dikenakan bersih, longgar dalam artian tidak ketat dan tidak menonjolkan bagian tubuh, tidak tembus pandang, dan menutupi aurat.
  2. Janganlah memakai pakaian yang terlalu mewah walaupun kita mampu membelinya. Utamakan sikap tawadhu (rendah hati).
  3. Pakaiaan Rasulullah SAW suka memakai gamis dan kain hibarah merupakan jenis pakaian bercorak yang terbuat dari bahan katun.
  4. Rasulullah SAW melarang menggunakan pakaian berbahan sutera dan emas bagi kaum laki laki.
  5. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu panjang hingga harus diseret terkena lantai dikarnakan terlalu panjangnya suatu pakaian tersebut untuk laki laki
  6. Untuk laki-laki, Rasulullah SAW melarang pakaian yang menutupi mata kaki untuk laki-laki karena kesombongan.
  7. Untuk perempuan muslimah, panjangnya hingga menutupi telapak kaki, dan kerudungnya menutupi kepala, leher, dan dada.
  8. Untuk lelaki tidak berpakaian seperti perempuan, demikian juga sebaliknya.
  9. Tidak memakai pakaian yang bertambal atau yang lusuh, karena menurut Rasulullah, Allah senang melihat jejak nikmat Nya pada hamba-Nya.
  10. Mengutamakan pakaian yang berwarna putih, karena Rasulullah juga menyukai warna itu.

Berikut merupakan Sunnah Rasulullah Saat Berpakaian :

  • Pakaian yang Memiliki Warna Putih

Sunnah pertama Rasulullah SAW dalam berpakaian yang pertama yang memakai pakaian yang memiliki corak warna putih. Pakaian berwarna putih ini dianggap lebih baik daripada dibandingkan mengenakan pakaian lainnya. namun Rasulullah SAW juga tidak pernah melarang umatnya untuk mengenakan pakaian berwarna lain. Rasulullah SAW bersabda, “Pakailah pakaian putih, karena itu yang pakaian terbaik, dan kafanilah orang yang meninggal di antara kalin dengan kain tersebut,” (Shahih al-Jami’).

  • Berpakaian Gamis

Rasulullah SAW sangat suka dengan pakaian gamis berwarna putih dan juga Rasulullah SAW juga mensunnahkan umatnya untuk berpakaian gamis. Yakni pakaian yang langsung yang menutupi seluruh tubuh hingga kedua mata kaki. Hal tersebut sesuai dengan hadis : “Baju yang disenangi Rasulullah SAW adalah gamis” (Shahih al-Jami’).

  • Mengawali Kanan dalam Setiap Dilakukan

Sikap Rasulullah dalam berpakaian yakni mendahulukan yang kanan dalam setiap keadaan. Aisyah RA berkata, “Rasulullah SAW selalu mendahulukan yang kanan dalam setiap pekerjaannya, seperti dalam bersuci, berjalan, dan memakai sandal ” (HR Muttafaq ‘Alaih).

  • Membaca Doa Saat Mengenakan Baju Baru

Baju termasuk salah satu bentuk rezeki yang dilimpahkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, apabila kita membeli baju baru, lalu mengenakannya maka bacalah doa agar baju tersebut menjadi lebih berkah.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Ya Allah, hanya milik-Mu lah segala pujian. Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatannya dan kejahatan yang diciptakan karenanya.”

  • Mendoakan Mengenakan Pakaian Baru

Rasulullah SAW tidak hanya menganjurkan umatnya untuk membaca doa saat mengenakan baru. Akan tetapi, Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk mendoakan orang yang mengenakan pakaian baru.

الَ أَبُو نَضْرَةَ فَكَانَ أَصْحَابُ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا لَبِسَ أَحَدُهُمْ ثَوْبًا جَدِيدًا قِيلَ لَهُ

Abu Nashroh mengatakan, “Biasanya sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam ketika melihat salah seorang sahabat mengenakan pakaian baru mereka mengatakan padanya.

تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى

“Artinya: Kenakanlah sampai lusuh. Semoga Allah Ta’ala memberikan gantinya ke-padamu.”

Kata Abu Sa’id Al Khudri, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendapatkan pakaian atau baju baru entah itu gamis atau imamah (penutup kepala), beliau membaca doa tersebut.” (HR. Abu Daud no. 4020 dan Tirmidzi no. 1767. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hadits di atas dibawakan oleh Imam Nawawi dalam Bab “Doa yang diucapkan ketika mengenakan pakaian baru.”
Doa terakhir ini (tubliy wa yukhlifullahu ta’ala) adalah doa ketika seseorang melihat saudaranya mengenakan pakaian baru.

Demikian tentang mengenai tata cara memilih pakaian yang baik menurut sunnah Rasulullah SAW saat berpakaian. sebagai mana untuk kaum muslimin yang di anjurkan dalam Islam karna kita harus senantiasa mengikuti anjuran yang diberikan oleh Rasullah. Selain akan memperoleh pahala, anjuran tersebut tentu juga akan berdampak baik bagi kehidupan kita di dunia maupun akhirat.Amin..

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed