oleh

Sudah Siap Esemka Tantang Kendaraan Beroda Empat Merek Jepang?

 SUV yang disebut-sebut sebagai Esemka. Foto: Dok. Istimewa

Jakarta – Sudah tak abnormal lagi mobil-mobil bermerek Jepang mendominasi jalanan Tanah Air. Berbagai merek menyerupai Toyota, Honda, Suzuki, dan sederet merek Jepang lain pun sudah meramaikan pasar otomotif Indonesia semenjak puluhan tahun lalu.

Mobil-mobil Jepang memang cukup diminati. Bukan hanya di Indonesia, mobil Jepang yang identik dengan durabilitasnya pun laku di aneka macam negara. Berdasarkan data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler), formasi kendaraan beroda empat Jepang itu terjual sampai puluhan ribu dalam satu bulan saja.


Setahun terakhir, kendaraan beroda empat merek China Wuling dan DFSK juga ikut hadir di Indonesia. Keduanya cukup niat tiba ke sini alasannya ialah tidak hanya berjualan melainkan juga membangun pabrik besar. Itu juga menjadi cara bagi pabrikan China untuk pertanda keseriusannya di sini.

Namun tampaknya, produsen kendaraan beroda empat China ini belum sanggup berbicara banyak. Penjualannya belum sanggup mengalahkan kendaraan beroda empat Jepang di Indonesia. Misalnya dalam daftar kendaraan beroda empat terlaris di Indonesia dari posisi 1-20 semuanya merupakan merek mobil Jepang.

Seperti Mitsubishi Xpander 6.276 unit, Toyota Avanza 6.151 unit, Toyota Rush 5.797 unit, Toyota Kijang Innova 5.177 unit, Toyota Calya 4.819 unit, Daihatsu Sigra 4.729 unit, Suzuki Carry Pickup 3.702 unit, Daihatsu Gran Max Pickup 3.515 unit, Honda HR-V 3.291 unit, Daihatsu Terios 2.762 unit, Honda Mobilio 2.646 unit, Daihatsu Ayla 2.473 unit, Toyota Agya 2.437 unit, Mitsubishi L300 2.299 unit, Toyota Fortuner 2.154 unit, Daihatsu Xenia 1.969 unit, Suzuki Ertiga 1.727 unit, Mitsubishi Pajero Sport 1.385 unit, Suzuki Ignis 1.289 unit, dan Suzuki APV Pickup 1.250 unit.

Persaingan otomotif di Indonesia memang cukup ketat. Selain harus menciptakan kendaraan beroda empat bagus, para produsen juga harus sanggup pertanda keandalan mobil. Dengan begitu para konsumen pun bakal tertarik membelinya. Atau dari sisi harga, biar sanggup bersaing sanggup juga menentukan taktik harga penjualan yang lebih murah.

Setidaknya hal-hal tersebut harus dihadapi Esemka dikala nanti jadi meluncurkan mobilnya di Indonesia. Esemka disebut-sebut bakal meluncurkan mobilnya di Indonesia.


Kabar tersebut detikOto sanggup dari Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono.

“Saya memang tidak pribadi menangani tapi yang aku dengar pabriknya sudah disiapkan, assembling line sudah disiapkan, malahan jikalau nggak salah mau ada launching Esemka dalam waktu dekat,” tutur Diaz.

Ada delapan kendaraan beroda empat Esemka yang bakal meluncur dan menantang mobil-mobil merek Jepang di Indonesia. Wah patut dinantikan nih Otolovers, persaingan kendaraan beroda empat di Indonesia akan semakin ramai dengan kehadiran pemain baru. Kaprikornus tidak sabar ya!

News Feed