oleh

Smartphone Xiaomi Mi4 terinfeksi Virus Malware

Malware Trojan yang berada di aplikasi PhoneGuardService ini sendiri disebut bisa membuka kemungkinan data yang ada di Xiaomi Mi4 ini dibajak oleh pihak lain yang tak bertanggung jawab. Sedangkan malware yang tersemat di AppStats dilaporkan bisa menarik lebih banyak malware ke perangkat pengguna jika smartphone telah terkoneksi layanan data.

Sebuah laporan terbaru dari Bluebox, perusahaan mobile-security asal San Francisco menyebutkan adanya temuan beberapa malware bawaan di smartphone Xiaomi Mi4.

Dilansir VR-Zone (7/3), Bluebox menemukan jika Xiaomi MI4 yang diimpor dari China telah membawa malware dan adware bawaan yang terdapat di aplikasi seperti Yt Service, PhoneGuardService, dan AppStats.

Untuk Hadware yang ditemukan di Xiaomi Mi4 ini sendiri dilaporkan bekerja dengan menampilkan iklan mengganggu pada tampilan aplikasi kala dibuka oleh pengguna. Sedangkan untuk malware yang berada di aplikasi PhoneGuardService dan AppStats dilaporkan BlueBox merupakan jenis trojan.

Bluebox juga menyatakan jika Xiaomi Mi4 memiliki kerentanan keamanan lainnya, meski tak menyebutkan secara detail. Pihak BlueBox mengklaim jika kurang amannya smartphone Xiaomi Mi4 ini dikarenakan Xiaomi menggunakan user interface buatannya sendiri MIUI, sebagai tampilan bawaan. Penggunaan MIUI ini sendiri ternyata tidak mendapatkan sertifikasi langsung dari Google.

Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada konfirmasi langsung dari pihak Xiaomi terkait isu keamanan dan malware bawaan yang dilaporan Bluebox ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

INFO UPDATE