oleh

Smartphone Sanggup Menghipnotis Cara Orang Berjalan

Ponsel pintar ketika ini seolah menjadi bab yang tidak terlepaskan dari kehidupan banyak orang. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengalami kecelakaan alasannya ialah terlalu sibuk dengan ponselnya sehingga tidak memperhatikan lingkungan sekitar mereka.

Sebuah studi yang gres saja dilakukan oleh Anglia Ruskin University di Cambridge, Inggris, juga memperlihatkan bahwa ternyata ponsel berakal sanggup menghipnotis cara berjalan seseorang.

Dalam studi tersebut, subyek diminta untuk berjalan sambil menulis, membaca teks, atau berbicara melalui ponsel mereka.

Selama melaksanakan tes, para subyek pun dipasangi dengan alat untuk mendeteksi arah pandangan dan sensor gerak untuk mengamati cara berjalan mereka.

Hasilnya, para subyek tampak berjalan dengan cara yang berbeda dengan orang-orang yang berjalan tanpa disibukkan ponsel mereka.

Para subyek berjalan dengan langkah kaki yang lebih tinggi dan dengan kecepatan lebih lambat. Cara berjalan ini pun ditujukan untuk meminimalisir kemungkinan mereka tersandung.

Perubahan tampak paling terlihat pada subyek yang berjalan sambil menulis teks, di mana mereka mengangkat kaki 18 persen lebih tinggi dan dengan kecepatan 40 persen lebih lambat.

Sementara pada subyek yang membaca teks atau berbicara melalui ponsel, perubahan cara berjalan tidak setinggi itu.

Selain itu, hal yang menciptakan berjalan ketika sibuk dengan ponsel menjadi berbahaya ialah alasannya ialah para subyek tes kehilangan perhatian terhadap sekitarnya sampai 61 persen.

Untuk meminimalisir kecelakaan, sejumlah negara pun mulai memperlihatkan tanda peringatan bagi pejalan kaki yang memakai ponsel.

INFO UPDATE