oleh

Sering Main Hp Ketika Hamil, Berbahayakah ?

Handphone ialah alat komunikasi yang ketika ini sudah menjadi cuilan dari gaya hidup masyarakat. Bukan hanya orang cendekia balig cukup akal yang selalu bersanding dengan HP tapi mulai anak kecil sampai orang renta pun semuanya lekat dengan HP. Diantara sekian banyak pengguna ponsel, salah satu diantaranya ialah ibu hamil. Memangnya saring main HP ketika hamil itu berbahaya atau tidak ??

Perbedaan pendapat mengenai ancaman radiasi handphone sampai kini masih diperdebatkan oleh para ilmuan, ada yang menyebutkan bahwa radiasi HP berbahaya bagi kesehatan, namun ada juga yang membantah pernyataan tersebut dengan dalih belum ada bukti berpengaruh yang membenarkan ancaman radiasi HP bagi kesehatan.

Meski masih terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ilmuan, namun dalam hal imbas jelek radiasi ponsel untuk ibu hamil sudah tidak ada perdebatan lagi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuan Amerika menyebutkan bahwa penggunaan HP ketika hamil sanggup mengakibatkan dampak jelek pada janin dalam kandungan.

image from pixabay

Masak sih sering main HP ketika hamil berbahaya ?

Sering mengoperasikan hp ketika hamil sanggup mengakibatkan imbas negatif bagi janin lantaran paparan radiasi, apalagi kalau hp tersebut sering diletakkan di erat perut. Untuk itu, ibu hamil dihimbau biar tidak terlalu sering memakai hp dan tidak meletakkannya di erat perut guna memperkecil resiko terkena paparan radiasi.

Dampak jelek paparan radiasi bagi janin tak sanggup dianggap remeh lantaran imbas tersebut akan dibawa sampai ia terlahir di dunia. Dampak jelek yang disebabkan oleh paparan radiasi antara lain ialah :

  • menghambat perkembangan otak janin
  • Daya ingat terganggu
  • Perasaan hati menjadi gampang cemas
  • Mempengaruhi sikap anak kelak sehabis ia lahir

Perlu Anda ketahui bahwa imbas radiasi terhadap orang cendekia balig cukup akal terkadang tidak begitu terasa, namun bagi anak paparan radiasi sangat besar pengaruhnya, apalagi bagi bayi yang masih di dalam kandungan. Terlebih lagi kalau sering mainan HP ketika hamil, dampak jelek yang akan diterima oleh si jabang bayi semakin besar.

Kajian Bahaya HP bagi Ibu Hamil

Para peneliti kesehatan tidak sembarangan dalam mengambil sebuah kesimpulan, mereka melaksanakan uji coba dan kajian mendalam sebelum menciptakan kesimpulan. Salah satu uji coba yang pernah dilakukan oleh para peneliti ialah mengambil tikus hamil sebagai objek percobaan. Dari riset tersebut ditemukan bahwa anak tikus yang terpapar radiasi mengalami perubahan sikap dan gangguan otak.

Masak sih insan disamakan dengan tikus ?
Bukan duduk perkara disamakan atau tidak, lantaran ini menyangkut kehidupan. Kalau mau menciptakan riset dengan objek orang hamil kira kira siapa yang mau dijadikan objek percobaan ?? niscaya gak ada yang mau bukan ??

Tikus ialah salah satu binatang mamalia yang memiliki karakteristik biologis dan genetika yang menyerupai dengan insan sehingga dipilih sebagai binatang percobaan. Walaupun dampak jelek radiasi hp gres ditemukan pada tikus namun para ilmuan yakin bahwa paparan radiasi juga mengakibatkan dampak jelek pada manusia.

Tak hanya menciptakan kesimpulan wacana ancaman paparan radiasi hp bagi ibu hamil, para peneliti juga mengkaji lebih dalam mengenai batas kondusif penggunaan ponsel ketika sedang hamil. Intinya sebisa mungkin hindari sering main hp ketika hamil dengan tujuan memperkecil resiko yang akan mengenai janin.

Sikap Bijak Penggunaan HP ketika Hamil

kehamilan ialah amanat dari Sang Maha Pencipta bagi pasangan suami istri yang merupakan hasil dan buah cintanya. Maka dari itu wajib bagi pasangan suami istri menjaga amanat tersebut biar janin sanggup terlahir ke dunia dengan selamat dan selanjutnya merawat bayi sampai tumbuh cendekia balig cukup akal dan menjadi penghuni bumi yang baik.

Jangan sembrono dalam menjaga kehamilan sehingga janin terkena dampak buruk. Hendaknya ibu hamil menghindari hal yang dihentikan dilakukan ketika hamil, pantangan makanan ketika hamil dan segala hal yang sanggup membahayakan kesehatan. Sering main HP ketika hamil hendaknya dihindari dalam rangka menjaga kesehatan dan keselamatan janin.

Langkah bijak dalam memakai hp ketika sedang hamil ialah membatasi penggunaannya hanya sebatas dibutuhkan saja. Kenapa demikian ? lantaran langkah tersebut sanggup meminimalkan dampak jelek yang diakibatkan oleh paparan radiasi ponsel. Selain itu, hendaknya ibu hamil tidak meletakkan hp pada daerah yang erat dengan perut.

Ketika mau tidur sebaiknya bunda tidak menempatkan hp di daerah erat kepala dan perut, letakkan saja di daerah yang agak jauh. Tak hanya itu, selama hamil sebaiknya jangan terlalu sering main game pakai hp, apalagi kalau dibarengi dengan menghidupkan fitur hp yang memperbesar paparan radiasi menyerupai bluetooth dan sejenisnya.

Intinya jangan sering mainan hp ketika hamil dalam rangka menjaga kehamilan. Jangan lupa konsultasi dengan dokter baik secara online maupun offline untuk mengetahui perkembangan janin.

INFO UPDATE