oleh

Serangga Masuk Ke Indera Pendengaran Sampai Atasi Budek Ketika Naik Pesawat, Berikut Saran Ahli

 Untuk mengeluarkan serangga dari telinga, sanggup diberi air. (Foto: iStock)

Jakarta – Semut, nyamuk, atau serangga kecil lainnya sanggup saja masuk ke dalam telinga tanpa kita sadari. Lalu, apa ya proteksi pertama yang harus dilakukan untuk mengeluarkannya?

“Dikasih air atau baby oil nggak papa asal gendang telinganya nggak bolong. Ketahuannya kalau pernah keluar cairan dari telinganya,” tutur seorang mahir THT dari RS Pondok Indah, dr Hably Warganegara, SpTHT-KL, ketika dijumpai detikHealth beberapa waktu lalu.

Tetapi, sebelum memasukkan air ke indera pendengaran harus hati-hati juga. Sebab, jikalau gendang telinga sudah rusak kemudian diberi air malah bikin bisul dan serangganya makin masuk ke dalam.

“Selanjutnya harus segera kontrol ke dokter THT, untuk dilakukan investigasi dan pengambilan serangga tersebut” imbuhnya.

Nah, satu lagi nih permasalahan mengenai indera pendengaran yang juga seringkali mengganggu acara apalagi jikalau sedang bepergian ke luar kota.

Nggak jarang, indera pendengaran terasa tertutup atau tiba-tiba budek ketika sedang naik pesawat. Menurut dr Hably, ini disebabkan lantaran selama penerbangan, gendang indera pendengaran tidak sanggup bergetar yang menciptakan pendengaran terasa tersumbat dan teredam.

“Tuba estasiusnya ketutup karenanya gendang telinganya memerah dan sanggup saja pecah. Ngobrol bisa, menelan ludah juga bisa. Awalnya dikasih makan permen, itu biasanya untuk buka tuba estasiusnya,” ujarnya.

Bisa juga lantaran sebelum naik pesawat, kau sedang pilek atau flu yang menjadikan penyumbatan dalam indera pendengaran sehingga ada sensasi pengang.

“Selain itu, pilek yang terjadi sebelum terbang juga sanggup berisiko tertutupnya tuba Eustachius ini, sehingga harus konsultasi ke dokter THT, bila pilek belum membaik sebelum naik pesawat,” tutupnya.

News Feed