oleh

Sekelompok Astronom Temukan 114 Kandidat Planet Ekstrasurya

Ilustrasi planet yang mengorbit bintang GJ 411. Kredit: Ricardo Ramirez

 – Baru-baru ini, sekelompok astronom berhasil mendeteksi lebih dari 100 kandidat planet ekstrasurya baru, termasuk salah satunya berada di sistem bintang terdekat keempat dengan Matahari kita. Kabar baiknya, katalog planet-planet ini tersedia untuk publik.

Data ratusan planet ekstrasurya ini berasal dari analisis yang dilakukan selama dua dekade memakai instrumen HIRES (High Resolution Echelle Spectrometer) di Observatorium Keck, Hawaii, Amerika Serikat.

Para astronom memakai HIRES untuk mendeteksi planet ekstrasurya melalui metode “kecepatan radial”, yaitu mengamati getaran atau goyangan gravitasi kecil dari sebuah planet terhadap bintang induknya.

Metode ini berbeda daripada yang dipakai oleh teleskop antariksa pemburu planet paling produktif sepanjang masa: Teleskop Antariksa Kepler. Teleskop milik NASA yang ditempatkan di orbit Bumi itu memakai metode transit, yang mana mengamati kedipan kecil pada kecerahan bintang yang disebabkan adanya sebuah planet yang melintasi wajah bintang tersebut.

Dalam studi gres ini, para astronom mengidentifikasi 60 kandidat berpengaruh yang merupakan planet, sementara 54 sisanya masih berupa sinyal sugestif yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut sebelum mereka sanggup diangkat ke status kandidat planet.

Salah satu kandidat planet dalam penelitian gres ini diketahui mengelilingi bintang GJ 411, yang terletak hanya 8,3 tahun cahaya dari Matahari, bintang terdekat keempat dari Matahari. Planet yang mengelilingi GJ 411 itu diketahui setidaknya 3,8 kali lebih besar dari Bumi, dan mungkin terlalu panas untuk dihuni.

Walau hanya 114 calon planet potensial yang sudah diketahui sejauh ini, data HIRES nyatanya terdiri dari hampir penelitian 1.600 bintang. Karena begitu banyak data yang dikumpulkan, tim HIRES telah menyebarkan datanya untuk seluruh peneliti, bahkan untuk publik (Anda sanggup saluran di sini).

Sampai ketika ini, para astronom telah menemukan total 3.450 planet ekstrasurya yang telah dikonfirmasi keberadaannya, di mana sekitar dua-pertiga dari total keseluruhan itu ditemukan oleh Teleskop Antariksa Kepler. Masih ada beberapa ribu lebih planet lainnya yang menunggu untuk dikonfirmasi.

Studi yang dipimpin oleh astronom Paul Butler dari Carnegie Institution for Science di Washington, DC, AS ini juga telah diterbitkan dalam The Astronomical Journal.

News Feed