oleh

Sebuah Bulan Dengan Dua Matahari: Menciptakan Seni Dari Sains

— Apa yang akan terlihat ibarat pada bulan es hipotetis yang mengorbit planet Kepler 47C? Mungkin sesuatu ibarat ini. Ini ialah sebuah citra oleh seorang seniman yang berjalan dengan nama Digital Drew di Flickr.

Drew membuat lanskap dari dunia alien yang dibayangkan mengorbit bintang-bintang (dan kadang kala planet) yang benar-benar ada di alam semesta. Dengan software 3D, sedikit ilmu dan banyak imajinasi, Drew mengatakan kepada kita apa yang mungkin terlihat di langit ibarat di planet lain.

Kepler 47C (KOI-3154,02) ialah ekstra solar planet berukuran sama ibarat planet Neptunus yang mengorbit sepasang bintang biner berjarak 4.600 tahun cahaya dari Bumi. Ini ialah bab dari sistem biner sirkum pertama yang pernah ditemukan – salah satu dari setidaknya dua planet yang mengorbit sepasang bintang.

Apa yang membuat planet ini begitu menarik ialah bahwa dalam zona layak huni di sekitar bintang yang berpasangan. Makara meskipun planet itu sendiri sanggup menjadi raksasa gas dan dengan demikian tidak sangat cocok untuk kehidupan, setiap bulan itu di orbit mungkin saja. Sementara sedikit lebih kecil, planet Kepler 47b, mengorbit terlalu erat ke bintang kembar sehingga air eksis sebagai cairan, orbit 47C ialah lebih jauh keluar, menuntaskan satu revolusi setiap 303 hari. Terutama diterangi oleh bintang ibarat matahari kita, tetapi sekitar 15% redup, ini ialah kawasan di mana Anda sanggup sangat baik menemukan bulan berbatu besar dengan kondisi ibarat dengan Bumi.

Pesawat ruang angkasa yang terbang di atas elevasi yang lebih tinggi dan Anda mungkin hanya melihat adegan ibarat ini, matahari terbenam ganda di atas lembah gletser penuh dengan gas raksasa dan bulan sabit mendominasi langit.

“Tidak ibarat matahari kita, banyak bintang ialah bab dari multi-sistem bintang di mana dua atau lebih bintang mengorbit satu sama lain. Pertanyaannya selalu – apakah mereka mempunyai planet dan sistem planet? Penemuan ini menandakan bahwa ada Kepler. Dalam pencarian kami untuk planet layak huni, kami telah menemukan lebih banyak kesempatan bagi kehidupan untuk eksis.”
– William Borucki, peneliti utama misi Kepler (September 2012).

Dan sebagai planet raksasa lebih banyak ditemukan dalam zona layak huni sistem mereka, semakin ada kemungkinan bahwa bulan yang layak dihuni sanggup ada – atau mungkin bahkan lebih umum daripada planet layak huni! Baru-baru ini para Planet Hunters mengumumkan planet potensial PH2 b, dunia yang seukuran Jupiter yang mengorbit dalam zona layak huni. Dalam tata surya kita Jupiter mempunyai banyak bulan, PH2 b sanggup sangat baik mempunyai sejumlah besar bulan sendiri, sejumlah dari mereka dengan air cair di permukaan dan suhu “tepat” untuk hidup. [UT, riza]

INFO UPDATE