oleh

Sebelum Dirumorkan Jadi Pabrik Esemka, Pabrik Ini Memproduksi Botol

 Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Bogor – Salah satu lokasi yang diduga akan memproduksi kendaraan beroda empat Esemka berada di wilayah River Green, Cileungsi, Bogor. Sebelumnya diketahui bahwa pabrik tersebut merupakan rumah produksi dari kendaraan beroda empat Geely.

Namun sayang ketika sesampainya di pintu gerbang pabrik, petugas keamanan muncul, sesudah lapor dan menyapa, mereka tidak bersedia untuk melanjutkan peran pabrik yang diduga bakal menjadi rumah produksi Esemka ini.

Lokasi pabrik ini terbilang unik, pasalnya masih berdekatan dengan pemukiman warga desa Situsari. Bahkan ada salah satu rumah warga yang masih melekat dengan tembok pabrik tersebut, sehingga kemudian lalang acara di dalam pabrik dapat terlihat jelas.


Rumah itu biasa menjual masakan dan minuman ringan untuk warga sekitar dan para pekerja pabrik biasa dipanggil bu haji. Ia berkisah jikalau sebelum menjadi gudang mobil, bangunan yang berdiri di sampingnya merupakan kawasan pembuatan botol dan motor.

“Dulunya itu pabrik botol kayak kratingdaeng, ABC, sesudah itu jadi pabrik motor Minerva, nah kini jadi gudang mobil,” ungkap Bu Haji sembari berbagi es jeruk di tengah panasnya Cileungsi.

Tak hanya Bu Haji, warga orisinil Desa Situsari lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. “Ya memang sebelum Geely, ada pabrik botol dan motor Minerva, lebih ramai waktu itu,” ungkap Nashim.


Artinya lokasi eks-pabrik botol dan sepeda motor Minerva yang kini berfungsi sebagai perakitan kendaraan beroda empat Geely tersebut diduga akan dijadikan salah satu lokasi produksi kendaraan beroda empat Esemka.

Selain di Cileungsi, pabrik Esemka juga disebut-sebut berada di Boyolali. detikOto pun sempat mengunjungi pabrik tersebut namun tidak diperkenankan untuk masuk dan mengambil foto. Di gerbang pabrik tampak goresan pena PT Solo Manufaktur Kreasi yang juga diketahui sebagai salah satu produsen Esemka.

Sejumlah kendaraan beroda empat tampak berjejer di halaman pabrik kendaraan beroda empat Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Boyolali. Mobil jenis pikap itu diperkirakan merupakan hasil perakitan di pabrik tersebut, dari penampilannya seakan-akan pikap Esemka Bima yang sering terlihat beberapa waktu lalu.

Pabrik kendaraan beroda empat Esemka berada di jalan Mangu-Sambi, Boyolali itu disebut-sebut untuk perakitan kendaraan beroda empat Esemka. Pabrik tersebut berjarak sekitar 5 kilometer di sebelah barat Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

Selain di gerbang masuk, goresan pena PT Solo Manufaktur Kreasi juga tertera di pagar tembok depan pabrik dan sama-sama masih ditutupi kain. Ketika detikOto menyambangi pabrik di jam istirahat, tampak puluhan cowok dengan mengendarai sepeda motor keluar dari pabrik. Sebagian kecil dari mereka tampak mengenakan seragam warna biru kombinasi oranye. Di bab punggung tertulis PT Solo Manufaktur Kreasi. Sedangkan lainnya mengenakan seragam berbeda-beda, adalah seragam praktek kerja lapangan (PKL) sejumlah Sekolah Menengah kejuruan di Boyolali dan Solo. Ada juga yang mengenakan seragam PKL bertuliskan sebuah politeknik swasta di Solo. Setelah final makan, mereka segera kembali ke pabrik.

Sementara itu warga sekitar pabrik, juga menyebutkan bahwa pabrik kendaraan beroda empat Esemka sudah beroperasi atau berproduksi melaksanakan perakitan. Namun semenjak kapan, dan apakah semuanya dirakit di pabrik tersebut ia tidak tahu.

“Sudah, di halaman dalam pabrik sudah ada kendaraan beroda empat yang sudah jadi,” kata Ipung, ditemui di bengkel di sebelah timur pabrik.

Dia juga mengaku, sejauh ini belum pernah melihat kendaraan beroda empat Esemka yang diuji coba jalan di jalan umum sekitar pabrik. “Di dalam (pabrik) kan ada lokasi khusus untuk tes drive, ada jalan aspal, jalan manis dan jalan tidak manis untuk ngetes,” jelasnya.

News Feed