oleh

Sebagian Planet Ekstrasurya Mengorbit Bintang Ganda

Ilustrasi suasana langit planet yang mengorbit bintang ganda. Kredit: NRCC

– Tahu Tatooine? Yup, itu merupakan planet fiksi di film Star Wars pertama, yang memperlihatkan gambaran klasik planet dengan dua bintang (Matahari) di langitnya.

Di planet tersebut, malam hari mungkin hanya muncul beberapa ketika dalam setahun, dan Anda akan mencicipi siang hari yang begitu usang di Tatooine.

Sebuah studi gres memperlihatkan bahwa planet ibarat Tatooine, yang mempunyai dua Matahari, banyak terdapat di galaksi kita, galaksi Bima Sakti.

Studi ini berasal dari Southern Connecticut State University, di mana sebuah tim astronom yang dipimpin oleh Elliott Horch memperlihatkan 40% sampai 50% planet luar surya di galaksi kita mengorbit sistem bintang ganda (biner).

Teleskop antariksa Kepler milik Lembaga Antariksa AS (NASA) ketika sukses dalam memetakan planet ekstrasurya, yaitu planet yang mengorbit bintang selain Matahari, atau planet di luar tata surya kita.

Teleskop antariksa Kepler setidaknya telah mengkonfirmasi sekitar 1.000 planet ekstrasurya. Dan berdasarkan Exoplanet Encyclopedia, ada 1.821 planet ekstrasurya yang dikonfirmasi per 1 September 2014.

Sudah usang diketahui bahwa sistem bintang biner memang banyak di galaksi Bima Sakti, dengan sekitar setengah bintang di langit diyakini terdiri dari dua atau lebih bintang yang mengorbit satu sama lain.

Pertanyaannya adalah, apakah ada planet yang mengorbit sistem bintang biner? Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak studi yang meyakinkan kita untuk menjawab, ya.

News Feed