oleh

Sayuran Yang Baik Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama perlu dikonsumsi oleh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kekurangan nutrisi dari sayuran berdampak kurang baik bagi kesehatan ibu dan janin. Ada banyak jenis sayuran yang sanggup dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya menyerupai kacang – kacangan, bayam, kangkung dan lain – lain.

Ibu hamil perlu makan sayur yang banyak mengandung zat besi untuk mencegah terjadinya anemia (kurang darah). Selain itu, ibu hamil juga memerlukan sayuran yang mengandung banyak asam folat untuk menjaga kesehatan janin dan membantu tumbuh kembangnya. Meski ibu hamil perlu banyak makan sayur namun ibu hamil harus tetap selektif dalam menentukan sayuran, jangan salah pilih.

Kali ini, kami akan tuliskan beberapa jenis sayuran yang anggun untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.  Dengan gosip ini kami berharap semoga Anda tidak salah menentukan sayuran sehingga kehamilan bisa Anda jalani dengan nyaman dan sehat hingga datang ketika persalinan tiba.

source of pixabay

Sayuran yang Baik Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Pada usai kehamilan trimester pertama, ibu hamil harus benar – benar menjaga rujukan makan yang baik sebab pada ketika itu janin masih sangat bergantung pada ibu. Di sisi lain, ibu hamil pada masa ini berbagai menjumpai keluhan – keluhan kehamilan menyerupai mual, muntah, pusing, letih, lelah dan lain – lain. Oleh sebab itu pada usai ini sebaiknya ibu hamil banyak mengkonsumsi sayuran kaya nutrisi menyerupai yang kami terangkan di bawah ini :

1. Kangkung

Sayuran sederhana yang banyak di jumpai di tempat kita ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi ibu hamil. Kandungan selenium dan zick pada kangkung menciptakan urat syaraf ibu hamil menjadi lebih rileks sehingga menyebabkan istirahat tidur menjadi lebih berkualitas. Konsumsi sayur kangkung dengan teratur mampu  mencegah insomnia.

2. Kacang kacangan

Berbagai macam jenis kacang sangat cocok dikonsumsi ibu hamil sebab banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan untuk ibu hamil yakni kacang buncis sebab banyak mengandung asam folat dan kalsium.

baca juga : nanas untuk ibu hami, berbahayakah ?

3. Kol dan kembang kol

Sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama berikutnya yakni kembang kol dan kol. Sayuran ini cukup baik bagi ibu hamil sebab mengandung asam folat. Pastikan Anda memasak kol dan kembang kol hingga benar – benar matang, jangan dikonsumsi dalam keadaan mentah untuk menghindari ancaman kuman berbahaya.

4. Bayam

Bayam mengandung banyak vitamin, mineral dan asam folat sehingga sangat cocok untuk ibu hamil. Vitamin yang terkandung dalam sayuran yang satu ini antara lain yakni vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam  sayur bayam bermanfaat untuk mengatasi keluhan letih dan lelah ketika hamil muda. Dengan demikian badan ibu hamil terasa lebih segar, tegar dan bugar.

5. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan yang hampir sama dengan bayam. Vitamin, mineral dan asam folat banyak dijumpai pada sayuran ini. Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa asam folat sangat diharapkan oleh janin untuk membantu tumbuh kembangnya. Jangan hingga janin kekurangan asam folat, sebab sangat beresiko mengalami cacat lahir.

6. Jagung

Meski kelihatan sederhana tapi jagung juga termasuk sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam jagung cukup banyak, salah satunya yakni vitamin B12 dan kalium. Anda bisa memperoleh manfaat dari jagung dengan cara mengkonsumsi aneka macam olahan jagung menyerupai jagung bakar, sayur jagung dan lainnya.

7. Terong ungu

Terong ungu memang terlihat sangat sederhana, seakan tak ada manfaatnya. Akan tetapi di luar diguaan, jenis sayur sederhana ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil menyerupai asam folat, zat besi, vitamin C, B1, B2 dan kalori. Sebagian orang ada yang suka memakai terong ungu sebagai lalapan, oleh sebab itu kami sarankan bagi ibu hamil untuk mencucinya hingga benar – benar higienis jikalau mau menggunakannya sebagai lalapan.

baca juga : buah buahan yang anggun buat ibu hamil

Sayuran yang baik untuk ibu hamil trimester pertama tidak hanya sebatas tujuh jenis sayur di atas, namun masih ada lainnya yang belum kami tulis pada kesempatan kali ini sebab keterbatasn waktu dan tempat. Insya@ di lain kesempatan akan kami sambung lagi. Semoga goresan pena singkat ini bisa menyuguhkan gosip bermanfaat bagi Anda.

News Feed