by

Ragam Jenis Batu Akik Kalimaya

Batu Akik jenis Kalimaya (Black Opal) memiliki struktur dan keindahan yang pantas dihargai mahal. Batu Akik Kalimaya termasuk dalam jajaran batu akik dengan harga termahal di Indonesia. Batu akik ini harganya bisa mencapai 2500 USD per karat. Dengan harga setinggi itu, Pemerintahan Provinsi Banten yang merupakan asal dari batu akik jenis kalimaya ini bertekad akan menggarap dengan serius guna meningkatkan taraf ekonomi penduduknya.

Seperti yang kami ketahui bersama bahwasannya batu akik jenis kalimaya merupakan jenis batu akik yang sangat terkenal dan punya harga yang mahal. Batu Akik Kalimaya memiliki aneka warna yang sangat indah dan begitu digemari oleh pehobi batu mulia. Gak hanya dari dalam negeri, batu akik kalimaya juga diburu oleh banyak kolektor dari mancanegara.

Asal Usul Batu Akik Kalimaya

Di Indonesia, batu akik opal Kalimaya bisa di dapatkan di daerah Provinsi Banten yang tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja. Selain itu, batu ini juga bisa ditemukan di sekitar Kalimantan. Untuk kualitas batu akik kalimaya dari Banten ini hampir menyamai kualitas dari batu akik opal dari Australia. Sejauh ini Australia masih menjadi pemasok terbesar batu kalimaya di dunia, hampir 97%.

Selain di Australia, Kalimaya juga bisa ditemukan di Meksiko dengan jenis batu kalimaya api. Sampai saat ini masih ada perbedaan terkait asal usul nama opal pada batu Kalimaya. Sementara kalangan pecinta batu mulia menyebut bahwa Opal berasal dari bahasa Romawi, Opalus. Pendapat yang lain menyebutkan bahwa Opal berasal dari bahasa Yunani Opillos.

Struktur Batu Akik Kalimaya

Batu akik Kalimaya atau batu Black Opal merupakan bentuk amorfis dari silika dengan kandungan 3% sampai 21% merupakan air. Struktur dari batu opal kalimaya mampu memancarkan dan menyebarkan cahaya dengan berbagai warna tergantung tempat dimana batu akik itu berasal.

Batu ini memiliki kekerasan mencapai 5. 5 – 5. 6 pada skala Mohs yang menempatkannya pada urutan ke 8. Keunggulan yang ditawarkan oleh batu Kalimaya adalah kemampuannya dalam merefleksikan beberapa warna dalam 1 batu. Jadi batu jenis ini 1 batu bisa memunculkan berbagai warna tergantung dari jenisnya.

Jenis Batu Akik Kalimaya

Jenis batu akik kalimaya yang beredar di pasaran. Ada sekitar 7 jenis batu akik kalimaya yang bisa Anda eksploitasi keeksotisan nya. Berikut jenis-jenis batu akik kalimaya.

  • Batu Kalimaya Kristal
    Jenis batu kalimaya banten yang pertama adalah bernama kalimaya kristal. Seperti namanya, batu ini memiliki teksture warna bahan seperti kristal. Dengan ciri bening dan didalamnya terlihat secara jelas serabut warna­warni yang merupakan ciri khas utama batu
    kalimaya ini sendiri.
  • Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa
    Sebenarnya jenis batu kalimaya yang kedua ini memiliki teksture bahan yang sama dengan jenis pertama, yang membedakan adalah batu kalimaya kristal air kelapa lebih cenderung sedikit gelap tertutupi warna putih.
  • Batu Kalimaya Kristal Teh
    Sama seperti namanya, ciri khas dari batu ini adalah memiliki warna seperti minuman teh yakni bening kecoklatan, namun dalam bentuk bahan seperti kristal.
  • Batu Kalimaya Kristal Kopi
    Batu kalimaya kristal kopi ini sebenarnya hampir mirip dengan kalimaya kristal teh. Yang membedakan hanyalah warna dari kalimaya kristal kopi ini sedikit lebih gelap atau keruh seperti minuman kopi.
  • Batu Kalimaya Kristal Susu
    Teksture warna dari batu kalimaya kristal susu sebenarnya hampir mirip dengan batu kalimaya kristal air kelapa yang sama­sama ditutup warna putih, namun ada sedikit perbedaan yakni kalimaya kristal susu memiliki warna putih yang lebih cerah dari pada batu kalimaya kristal air santan.
  • Batu Kalimaya Black Opal
    Jenis batu kalimaya black opal merupakan jenis batu yang paling mahal dari saudarasaudaranya, batu indah ini memiliki teksture warna gelap bening.
  • Batu Kalimaya Black Opal Solid
    Jenis batu kalimaya banten yang terakhir adalah batu kalimaya black opal solid, sebenarnya batu ini sama dengan jenis sebelumnya, namun batu ini agak berwarna keabuabuan. Nah itulah sedikit informasi mengenai macam atau jenis dari batu kalimaya banten, jenis batu

Betuk Batu Akik Kalimaya Asli

Untuk mengetahui kualitas keaslian dari batu Kalimaya, ada beberapa tips dan cara untuk mengetahui sifat-sifat asli batu mulia itu yang harus Anda ketahui. Pembakaran, batu akik jenis kalimaya akan tahan api dan panas dan jika dibakar dengan api akan segera dingin dalam waktu yang singkat. Baca juga Khasiat Dan Manfaat Batu Akik Kalimaya

Kotoran, batu akik kalimaya jika terkena kotoran terutama dari bahan kimia akan mudah dihilangkan. Coba saja dengan menempelkan cat atau pewarna sejenisnya, kemudian usap dengan lap jika hilang tanpa bekas bermakna itu adalah kalimaya yang bisa dipertanggung jawabkan.

Serat batu, pada batu akik jenis ini memiliki serat yang tampak meskipun gak kuat. Tetapi untuk batu yang gak asli akan tampak bening tanpa adanya serat sedikitpun. Anda bisa menatapnya dengan bantuan kaca pembesar. Berat batu, batu jenis kalimaya yang asli tentu memiliki berat lebih jika dibanding dengan batu akik buatan atau sintetis.

Harga Batu Akik Kalimaya

Dengan kualitas yang ditawarkan serta tingginya permintaan dari luar negeri, membuat harga batu akik kalimaya semakin meningkat. Konsumen dari berbagai negara seperti Malaysia, Korea, Jepang dan Amerika juga banyak berburu batu akik kalimaya itu. Sampai saat ini harga untuk batu akik kalimaya asli super dengan warna yang sudah berkembang bisa mencapai kisaran paling rendah Rp 300 ribu sampai dengan Rp 50 juta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed