Home Parenting Potong Kuku Bayi Berdasarkan Islam, Bolehkah ?

Potong Kuku Bayi Berdasarkan Islam, Bolehkah ?

0
75

Kapan boleh potong kuku bayi berdasarkan Islam ? Sebagaimana kita ketahui, memotong kuku bayi yang gres lahir memang cukup menakutkan. Tak jarang orang bau tanah yang tak jadi memotong kuku si kecil alasannya takut melukai.

Sarung tangan pun menjadi pilihan bagi si kecil biar tidak melukai. Padahal bekerjsama sarung tangan yang digunakan terlalu usang kuat pada keaktifan dan kelincahan bayi.

Kapan boleh potong kuku bayi berdasarkan Islam  Potong Kuku Bayi Menurut Islam, Bolehkah ?

Bolehkah Potong Kuku Bayi Menurut Islam ?

Tersiar kabar bahwa memotong kuku bayi sebelum berusia 40 hari itu tidak boleh. Entah berdasarkan primpon potong kuku atau berdasarkan apa, yang terperinci kabar tersebut diyakini oleh sebagian masyarakat.

Apakah memotong kuku bayi sebelum berusia 40 hari itu diperbolehkan dalam Islam ? alasannya kuku bayi itu tajam dan cepat tumbuh. Kalau dibiarkan apa akhirnya ?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memotong Kuku Bayi?

Mitos perihal larangan memotong kuku bayi masih banyak diyakini oleh sebagian masyarakat meski mereka tidak tahu secara niscaya apa alasannya. Mungkin saja pada zaman dahulu dihentikan memotong kuku bayi sebelum 40 hari alasannya takut melukainya.

Seperti kita tahu bahwa pada jaman dulu belum ada alat potong kuku bayi ibarat kini ini sehingga mereka takut melukai bayi bila harus memotong kukunya sehabis lahir.

Adapun jaman sekarang, memotong kuku bayi itu tidak dilema alasannya sudah banyak alat potong kuku yang serba canggih. Hingga dikala ini belum ada penelitian yang menyebutkan perihal ancaman potong kuku bayi sebelum 40 hari.

Asalkan dilakukan dengan hati-hati dan dengan alat potong kuku bayi khusus maka tidak ada dilema dengan memotong kuku bayi. Intinya, potong kuku bayi itu boleh-boleh saja asalkan dilakukan hati-hati.

Cara Memotong Kuku Bayi

Kapan boleh potong kuku bayi berdasarkan Islam  Potong Kuku Bayi Menurut Islam, Bolehkah ?

Meski tidak ada larangan memotong kuku bayi namun Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya. Berikut ini yakni beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk potong kuku bayi :

1. Pakai alkohol 70 persen

Setelah Anda siapkan alat atau gunting untuk memotong kuku bayi, silakan oleskan ujung gunting dengan alkohol 70 persen.

2. Sterilkan dulu alat potong kuku bayi

Sebelum memotong kuku bayi, silakan sterilkan dulu gunting dari kuman. Caranya yakni dengan mengoleskan kapas yang telah diolesi pakai alkohol ke alat pemotong kuku.

Kapan boleh potong kuku bayi berdasarkan Islam  Potong Kuku Bayi Menurut Islam, Bolehkah ?

3. Jari dipegang dengan benar

Jangan ragu dalam memegang jari kaki maupun jari tangan bayi yang akan dipotong kukunya. Kalau ragu justru dapat menciptakan potongan jatuh kemana-mana.

4. Jari sedikit ditekan

Agar jari bayi tidak bergerak-gerak, silakan beri tekanan lembut pada bab bawah kuku. Jangan potong kuku bayi terlalu mepet, sisakan kurang lebih 1 mm.

Perhatikan Hal Ini Dalam Memotong Kuku Bayi

Kapan boleh potong kuku bayi berdasarkan Islam  Potong Kuku Bayi Menurut Islam, Bolehkah ?

Merawat kuku bayi tidak hanya sekedar memotongnya saja, namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan biar bayi senantiasa nyaman dan usai dipotong kukunya. Berikut yakni beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

Bersihkan kotoran kuku bayi

Biasanya kuku bayi menyimpang kotoran, bahkan bayi yang gres lahir pun juga memilikinya. Untuk itu, sehabis Anda membersihkan kuku bayi, bersihkan kotoran kuku dengan kain halus atau catton bud yang telah dibasahi dengan air.

Jika luka segera bersihkan

Meski sudah berhati-hati dalam memotong kuku bayi namun terkadang Anda masih menyisakan luka pada jari bayi. Jika hal ini terjadi, segera bersihkan luka dengan kain halus kemudian ambil catton bud untuk mengolesi luka pakai obat merah.

Potong kuku bayi dengan cahaya cukup

Jangan pernah memotong kuku bayi pada ruangan yang kurang cahaya atau gelap karen ahal itu dapat membahayakan jarinya.

Gunting khusus

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, Anda harus memotong kuku bayi dengan alat potong khusus berbentuk bulat dan tajam. Anda dapat membelinya di toko perlengkapan bayi atau melalui toko online ibarat lazada, bukalapak, tokopedia, shopee dan lainnya.

Potong kuku sehabis mandi dikala bayi tidur

Setelah mandi, kuku bayi terasa lebih lunak sehingga praktis dipotong. Usahakan potong kuku si kecil dikala beliau tidur pulas. Pegang jarinya dengan lembut biar tidak terbangun.

Berdasarkan klarifikasi di atas berarti potong kuku bayi itu boleh asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Sekian, semoga bermanfaat.