oleh

Posisi Duduk Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi yang baik untuk ibu hamil – Kehamilan ialah momen penting yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri sehabis menjalani pernikahan. Demi mendapat kenyamanan dan keamanan dalam menjalani masa ini, pasangan suami istri harus memerhatikan setiap kegiatan yang akan dilakukan mulai dari berjalan, duduk, tidur dan kegiatan lainnya.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa kehamilan terutama pada usia muda umumnya dibarengi dengan keluhan yang cukup menciptakan tubuh tak nyaman menyerupai pusing, lelah, mual, muntah dan lain sebagainya. Jika ibu hamil tidak bakir – bakir dalam mengatur aktivitas, keluhan tersebut semakin hari akan bertambah menyebalkan.

Posisi duduk selama hamil perlu diperhatikan untuk mendapat keamanan dan kenyamanan selama hamil. Jika sembarangan dalam menentukan posisi duduk, ibu hamil bisa mendapati hal yang kurang baik bagi kesehatan diri dan janinnya. Beberapa keluhan yang dialami ibu hamil lantaran salah duduk antara lain ialah perut sebah, kaki bisul dan lainnya.

source of pixabay

Posisi Duduk yang Baik untuk Ibu Hamil

Ada beberapa posisi duduk yang direkomendasikan mahir kesehatan khusus untuk wanita yang sedang hamil. Beberapa posisi duduk tersebut antara lain ialah sebagai berikut :

1. Bersandar pada Kursi

Ketika Anda sedang duduk sebaiknya pilih posisi yang ternyaman, salah satunya ialah dengan menyandarkan tubuh pada sofa atau kursi. Posisi duduk ini selain kondusif dan nyaman juga bisa mencegah sakit punggung ketika hamil. Untuk lebih mendapat posisi duduk yang berkualitas, Anda bisa memakai bantal kecil di bab punggung.

baca : cara mengatasi sakit punggung ketika hamil

2. Posisikan Duduk dengan Baik

Yang dimaksud posisi duduk yang baik untuk ibu hamil di sini ialah duduk dengan posisi tegak dengan pundak sedikit ditarik ke arah belakang. Sebaiknya ibu hamil menghindari posisi duduk condong ke depan (membungkuk) lantaran bisa menimbulkan permasalah kehamilan menyerupai sakit di bab pinggul dan bab punggung.

3. Posisi Duduk Berganti Ganti

Duduk dengan satu posisi dan tidak merubahnya dalam waktu yang usang bisa menciptakan duduk ibu hamil terasa tak nyaman. Tak hanya kurang nyaman, beberapa keluhan pun akan muncul menyerupai pegal -pegal, kram kaki dan kram punggung. Oleh lantaran itu, jikalau bunda duduk dalam waktu yang usang sebaiknya ganti posisi duduk setiap 10 – 15 menit. Dengan demikian, keluhan kehamilan tersebut tidak akan muncul lantaran peredaran darah dalam tubuh berjalan lancar.

4. Duduk dengan Posisi Seimbang

Duduk seimbang merupakan posisi duduk yang baik untuk ibu hamil lantaran bisa menciptakan duduk terasa nyaman dan bisa mencegah kram perut dan kaki. Yang dimaksud dengan duduk seimbang di sini ialah duduk dengan posisi tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan. Silakan Anda atur sendiri posisi ini sesuai dengan kehendak hati.

baca : tips atasi kaki bisul ketika hamil

5. Istirahat ketika Duduk Lama

Dalam keadaan tertentu terkadang ibu amil perlu duduk dalam waktu yang cukup lama, contohnya pada ketika menonton tv, membaca buku atau kegiatan lainnya. Duduk dalam waktu yang lama  menciptakan bunda merasa tak nyaman dan lelah. Oleh lantaran itu, ibu hamil sangat dianjurkan istirahat sebentar untuk melemaskan otot pinggul, punggung dan kaki. Adapun caranya ialah dengan berbaring sebentar atau jalan – jalan sebentar.

Itulah posisi duduk yang baik untuk ibu hamil biar kehamilan terasa nyaman dan menyenangkan. Selamat mempraktekkan dan semoga gosip singkat ini bermanfaat

INFO UPDATE