oleh

Pluto Bakal Diklasifikasikan Sebagai Planet Lagi

Ilustrasi Pluto. Kredit: Image Broker/Rex

– Pluto kemungkinan besar bakal bergabung dengan klub langsung tata surya yang disebut “planet” sehabis delapan tahun diturunkan statusnya sebagai planet kerdil.

International Astronomical Union (IAU) menurunkan status Pluto dari planet menjadi planet kerdil pada tahun 2006 silam sehabis ditemukannya planet kerdil lain, Eris, yang ukurannya hampir sama menyerupai Pluto.

Sejak dikala itu, Pluto telah menikmati masa-masa suramnya berstatus planet kerdil, status ‘kelas dua’ yang kesannya membut tata surya resmi hanya mempunyai delapan planet (Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus).

Pro-kontra penurunan status Pluto
Setelah penurunan status, ternyata tidak semua astronom dan ilmuwan sepakat untuk menurunkan status Pluto dari planet menjadi planet kerdil.

Seperti pekan ini, Harvard Smithsonian Center mengadakan debat, dan membiarkan pendapat ilmuwan maupun astronom menjadi bunyi untuk Pluto bergabung kembali dengan klub ‘planet’.

Dimitar Sasselov, eksekutif Harvard Origins of Life Initiative, menyampaikan definisi planet yang harus mempunyai ukuran tertentu dan bisa membersihkan orbitnya dari benda langit lain merupakan definisi yang tidak tepat.

Oh iya, definisi tersebut yang menciptakan Pluto diturunkan statusnya, lho! Pluto berukuran lebih kecil dari Bulan kita dengan keliling sekitar 4.500 mil. Bahkan lebih kecil dari Rusia.

Definisi gres yang diusulkan oleh Sasselov yaitu bahwa planet yaitu “materi bundar kecil dari bahan yang terbentuk di sekitar bintang” – yang akan membuka jalan bagi Pluto untuk menjadi planet lagi.

INFO UPDATE