oleh

Planet Rumah Kita Dipotret Dari Planet Tetangga

Bumi dan Bulan dipotret dari Mars. Kredit: NASA/JPL-Caltech/Arizona State University

 – Baru-baru ini, wahana antariksa pengorbit Planet Merah, Mars Reconnaissance Orbiter, berhasil memotret Bumi dan Bulan. Hasil jepretannya tidak hanya mengatakan benua di planet kita secara rinci dari Mars, tetapi juga menampilkan perbedaan ukuran antara Bumi dan Bulan.

Gambar ini diambil sebagai bab dari latihan kalibrasi untuk kamera HiRISE yang tertanam dalam tubuh wahana antariksa Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) ini. Gambar tersebut diambil pada jarak sekitar 205 juta kilometer dari Bumi, tepatnya dari orbit planet Mars!

Gambar ini begitu jelas, Anda bahkan sanggup melihat benua Bumi, yakni benua Australia yang terlihat sebagai gumpalan kemerahan di tengah, ada pula Indonesia dan Asia Tenggara terlihat di sebelah kiri atas. Sementara wilayah putih terang di bab bawah ialah Antartika.

Ini merupakan gambar adonan dari dua eksposur berbeda yang terpisah, namun masing-masing diambil di tanggal yang sama, 20 November 2016. Gambar ini memakai eksposur yang rendah, sehingga bintang-bintang redup di latar belakang tidak ikut terpotret.

Tapi jangan tertipu, meskipun Bulan dan Bumi terlihat sangat bersahabat bersama-sama dalam gambar ini, pada ketika gambar ini diambil posisi Bulan berada jauuuuuh di belakang Bumi. Dengan begitu, posisi ketika gambar ini diambil ialah MRO-Bumi-Bulan.

Pada kenyataannya, jarak antara planet kita dengan Bulan ialah sekitar 30 kali diameter Bumi, yaitu 384.400 km. Tapi meskipun Bulan kita mungkin terlihat kecil dalam gambar ini, ia gotong royong merupakan satelit alami terbesar kelima di Tata Surya.

Jadi, ibarat inilah nanti yang mungkin para astronot Mars akan melihat bagaimana planet rumahnya, Bumi, dari Planet Merah yang aneh dan dingin.

INFO UPDATE