oleh

Planet Jupiter Ternyata Tidak Mengorbit Matahari

Ilustrasi. Kredit: Wikimedia Commons

– Tidak menyerupai anggota Tata Surya yang mengorbit atau berputar mengelilingi Matahari, planet Jupiter dan Matahari ternyata saling mengorbit satu sama lain. Atau dengan kata lain, planet Jupiter tidak mengorbit Matahari.

Di alam semesta, objek yang lebih kecil selalu mengorbit objek yang lebih besar, tapi yang lebih kecil tidak mengorbit dalam bulat sempurna. Hal ini alasannya kedua objek bergantung pada sentra adonan gravitasi.

Misalnya Bumi kita, sentra gravitasi di Matahari hampir persis di pusatnya, dengan planet kita yang secara signifikan lebih kecil, mempunyai tarikan gravitasi jauh lebih lemah. Bila dibandingkan dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang mengorbit Bumi, sentra gravitasinya hampir persis di sentra Bumi.

Namun, Jupiter begitu besar, lebih besar dari apa yang sedang Anda bayangkan ketika ini. Planet ini mempunyai massa 2,5 kali lebih besar dari massa semua planet lain di Tata Surya kalau digabungkan, sehingga sentra gravitasi bagi Jupiter di Matahari sedikit melenceng.

Bahkan, barycentre atau sentra massa antara kedua objek, antara Matahari dan Jupiter ialah 1,07 solar radii dari tengah Matahari, yang diterjemahkan sebagai tujuh persen dari radius Matahari dari atas permukaan bintang terdekat Bumi kita tersebut.

Seperti yang ditunjukkan gambar GIF di bawah, menggambarkan bahwa Jupiter dan Matahari benar-benar melaksanakan perjalanan melalui alam semesta bersama-sama, sedikit tarik-menarik satu sama lain, bukan lagi Jupiter yang mengelilingi Matahari.

INFO UPDATE