oleh

Perubahan Ekosistem Secara Alamiah

Pernahkah terbayang oleh kamu, ibarat apakah keadaan bumi pada masa lalu? Samakah dengan keadaan sekarang? Sejalan dengan perubahan waktu, lingkungan selalu mengalami perubahan. 



Lingkungan merupakan segala sesuatu yang berada di luar individu. Jika kita berada di sekolah, maka lingkungan kita ialah segala sesuatu yang berada di sekolah. Makhluk hidup selalu berinteraksi dengan lingkungan. Interaksi antara makhluk hidup dan tak hidup dalam suatu kawasan tertentu disebut ekosistem.

Ekosistem ialah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh korelasi timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem sanggup dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Jika suatu lingkungan mengalami perubahan maka ekosistem yang terdapat di situ akan mengalami perubahan juga. Perubahan lingkungan sanggup terjadi secara alamiah dan perubahan yang diakibatkan oleh acara manusia

Akhir-akhir ini sering terjadi petaka berupa gunung meletus atau gempa bumi. Peristiwa-peristiwa tersebut sanggup mengakibatkan terjadinya perubahan ekosistem.

Misalnya, di hutan sekitar Gunung Merapi di Jawa Tengah banyak hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya yang hidup di sana. Jika terjadi gunung meletus di Gunung Merapi maka makhluk hidup di sana akan banyak yang mati. Begitu pula dengan petaka gempa yang terjadi di Indonesia.

Dengan insiden alam yang terjadi, ekosistem akan berubah secara drastis. Dalam sebuah ekosistem, bila salah satu makhluk hidup berkurang makan akan mensugesti keadaan makhluk hidup yang lainnya.

Peristiwa alam lain yang juga sanggup merusak kesimbangan ekosistem ialah kebakaran hutan. Baik disengaja maupun tidak sengaja kebakaran hutan mengakibatkan kerusakan ekosistem yang ada di dalamnya. Bahkan sanggup memusnahkan makhluk hidup yang ada di dalamnya.


Sumber buku ipa kelas 6 kurikulum 2006

INFO UPDATE