Persiapan Ibu Hamil Jelang Persalinan Normal Dan Caesar

0
4

Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga, ibu hamil sering kali merasa cemas dalam menghadapi persalinan. Persiapan ibu hamil jelang persalinan harus benar benar matang baik mental maupun fisik biar proses melahirkan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Proses persalinan berjalan dengan baik yaitu idaman semua pasangan suami istri. Sering kali pasangan suami istri galau dalam mempersiapkan segala hal yang terkait dengan proses kelahiran putra tercintanya. Bahkan ada pasangan suami istri yang hingga pusing gara gara memikirkan persiapan persalinan, jangan jangan ada yang kurang pas dan sebagainya.

Untuk itu, di malam yang sunyi ini akan sedikit kami sampaikan uraian ringkas mengenai persiapan ibu hamil dalam menghadapi proses kelahiran sang buah hati baik dalam hal persiapan fisik maupun mental. Silakan simak penjelasannya berikut ini 🙂

Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga Persiapan Ibu Hamil Jelang Persalinan Normal dan Caesar
image from pixabay

Persiapan Ibu Hamil Jelang Persalinan

Usia kehamilan sembilan bulan merupakan penghujung kehamilan yang menciptakan jantung berdebar debar. Tak hanya tanda akan melahirkan secara fisik yang menciptakan hati bunda cemas, akan tetapi pikiran pun mulai membayangkan hal yang macam macam terutama dalam persiapan kelahiran putra tersayang. Pikiran cemas yang berlebihan justru kurang baik, sebab sanggup menciptakan ibu hamil stress dan ketakutan.

Persiapan ibu hamil jelang persalinan justru harus ditata sedemikian rupa terutama dalam hal fisik dan mental biar sewaktu waktu persalinan datang sanggup berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. Persiapan jelang persalinan sebaiknya jangan dilakukan mendadak tapi jauh hari sebelumnya sudah mulai dipersiapkan. Di dikala usia kehamilan memasuki trimester ketiga bunda sudah sanggup memulai persiapan yang sanggup mendukung proses persalinan baik dengan gerakan senam, latihan pernapasan dan lain lain.

Persiapan Jelang Persalinan Normal

Yang dikatakan persalinan normal yaitu suatu keadaan dimana janin sanggup lahir ke dunia secara normal melalui jalan lahir. Biasanya sebelum proses persalinan terjadi ibu hamil mengalami kontraksi perut andal dan berulang ulang, ending-nya bayi terlahir ke dunia tanpa harus operasi caesar. Persalinan normal inilah yang menjadi cita-cita setiap ibu hamil sebab dianggap lebih kondusif bagi kesehatan ibu dan janin.

Persiapan ibu hamil menjelang persalinan normal antara lain yaitu persiapan mental, persiapan fisik, latihan mengejan (ngeden) dan latihan pernapasan. Selain persiapan tersebut, bunda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh serta posisi janin dalam rahim. Apabila semuanya sudah beres silakan tunggu proses persalinan normal dengan tenang.

Persiapan Ibu Hamil Jelang Caesar

Apabila kondisi kesehatan bunda tidak memungkinkan untuk menjalani persalinan secara normal dan atau posisi janin kurang mendukung maka jangan dipaksakan untuk melahirkan bayi secara normal. Demi keamanan serta keselamatan ibu dan bayi ibu hamil sanggup menempuh jalan caesar yaitu pembedahan perut dan rahim untuk mengeluarkan bayi.

Hal penting yang perlu dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilan berlangsung yaitu melaksanakan investigasi ke dokter secara rutin minimal sebulan sekali guna mengetahui secara detil perihal kondisi janin. Apabila investigasi medis mengatakan kondisi janin yang kurang baik jikalau dilahirkan secara normal maka bunda perlu mempersiapkan diri secara fisik, mental dan materiil untuk menjalani operasi caesar.

Pasangan suami istri juga perlu mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan oleh bayi ibarat popok, gedong, susu bayi dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan itu semua bunda sanggup belanja di toko perlengkapan kehamilan terdekat atau secara online melalui toko online terpercaya ibarat lazada, elevania dan tokopedia dan lain lain

Persiapan Ibu Hamil Agar Persalinan Tenang

Entah persalinan secara normal atau caesar ibu hamil harus berusaha sekuat tenaga untuk menjalaninya secara tenang. Perasaan damai dalam menjalani persalinan itu akan terwujud jikalau ibu hamil mau melaksanakan banyak sekali macam persiapan jauh jauh hari sebelum waktu kelahiran putranya tiba. Berikut ini yaitu tips persiapan ibu hamil biar damai dalam persalinan.

1. Persiapan Mental

Setelah melaksanakan segenap investigasi medis dan melihat perkembangan janin dalam kandungan biasanya dokter memberi tahu kepada Anda mengenai metode persalinan yang paling sempurna untuk Anda tempuh. Metode apapun yang disarankan oleh dokter Anda harus mendapatkan dengan terbuka dan hati legowo biar pikiran tidak stress.

Lakukan persiapan mental sekuat kuatnya biar rasa cemas dan rasa takut yang selalu menghantui segera hilang. Cobalah untuk refreshing bersama keluarga untuk menghilangkan pikiran yang membebani. Yakini bahwa persalinan yaitu satu ketentuan yang telah digaris oleh Sang Maha pencipta dengan jaminan “dimudahkan jalannya”. Dalam hal ini pinjaman keluarga sangat penting, terutama pinjaman dari suami.

2. Persiapan Tempat Persalinan

Ketika usia kandungan 5 bulan, hendaknya ibu hamil telah memilih dimana mau menjalani persalinan, apakah di rumah bersalin, di rumah sakit ataupun di kawasan lainnya, syukur syukur sebelum usai 5 bulan bunda sudah merencanakannya. Tempat persalinan yang tidak sesuai keinginan sanggup memperburuk keadaan psikis ibu hamil. Jangan memaksa ibu hamil untuk menjalani persalinan di kawasan tertentu, turuti saja dimana kawasan yang ia inginkan.

3. Perlengkapan Ibu dan Bayi

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, perlengkapan bayi juga perlu dipersiapkan jelang persalinan. Usahakan tidak membeli semua barang perlengkapan bayi dengan mendadak biar suasana hati lebih damai dan nyaman. Selain perlengkapan bayi, perlengkapan untuk ibu juga harus disiapkan ibarat pakaian untuk menyusui, baju dengan kancing depan dan lain lain.

Persiapan ibu hamil jelang persalinan normal maupun caesar sebaiknya jangan diabaikan biar sewaktu waktu persalinan datang hati tidak kemrungsung dan sanggup tenang. Demikian gosip yang sanggup kami sampaikan semoga kehamilan bunda berjalan dengan baik, normal, nyaman dan tidak ada hambatan berarti.