oleh

Perlukah Antivirus Di Hp Android

Perlukah antivirus di hp android? Antivirus pada ponsel Android masih sering menjadi topik perdebatan di antara para pengguna ponsel Android. Sebenarnya perlukah antivirus untuk diinstal di ponsel Android anda? Berikut penjelasannya.

Apa itu Antivirus?

Antivirus ialah sebuah aplikasi komplemen yang sanggup dipakai untuk menangkal banyak sekali virus yang beredar di jagat dunia maya. Virus, malware, adware dan spyware ialah beberapa jenis virus yang sanggup menular di perangkat Android anda. Jika ponsel anda terserang dengan salah satu persoalan ini maka kinerja dari ponsel Android anda juga akan menurun dan menjadi tidak optimal.

Manfaat Antivirus

Manfaat dari antivirus untuk ponsel Android ialah untuk menangkal banyak sekali virus yang sanggup masuk ke ponsel Android anda. Beberapa virus yang sanggup masuk ke ponsel Android ialah :

  • Virus
  • Spyware
  • Malware
  • Adware
  • Trojan

Perlukah Antivirus di HP Android?

Antivirus untuk ponsel Android masih menjadi perdebatan tersendiri di tengah para pengguna ponsel cerdas yang satu ini. Beberapa pakar menyampaikan bahwa antivirus tidak perlu dan ada juga beberapa pihak yang menyatakan bahwa ponsel Android memerlukan antivirus. Sebenarnya semuanya tergantung dari anda sebagai pengguna ponsel Android, namun di bawah ini akan dijelaskan beberapa fakta mengenai antivirus Android yang ada ketika ini.

  1. Saat ini virus Android sebetulnya belum ada dan belum berkembang.
  2. Android ialah sebuah sistem operasi yang memakai dasar sistem operasi Linux. Linux sendiri populer sebagai sistem operasi yang sulit untuk ditembus oleh virus.
  3. Aplikasi antivirus memakan kapasitas RAM yang cukup tinggi dan banyak sehingga cukup memberatkan ponsel Android anda.
  4. Virus Android memang belum ada, namun malware kini jumlahnya sudah sangat banyak di internet.

Dengan fakta-fakta ini maka sanggup diambil kesimpulan bahwa antivirus untuk ponsel Android masih belum diperlukan, yang dibutuhkan ialah menghindari malware dengan mengikuti beberapa cara menyerupai yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Hindari untuk mengunduh aplikasi aplikasi gratisan yang disediakan oleh situs situs yang tidak mempunyai reputasi baik. Kemungkinan aplikasi yang ada pada situs situs tersebut telah disisipi malware yang akan mengganggu kinerja ponsel anda.
  2. Saat anda tengah berselancar internet hindari untuk mengklik iklan sembarangan. Iklan di internet kadang juga ada yang menularkan malware ke ponsel anda.
  3. Jangan asal mendapatkan data dan melaksanakan koneksi melalui bluetooth dengan orang lain yang belum dikenal alasannya ialah sanggup saja ponsel anda disusupi malware.
  4. Instal aplikasi secukupnya dengan bijak sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Hanya unduh aplikasi melalui Play Store. Aplikasi yang ada di Play Store 100% kondusif dari malware yang sanggup mengganggu ponsel anda.

INFO UPDATE